≡ Menu
Pabelog

Dimana Sebaiknya Saya Mengambil Gambar Secara Legal untuk Blog Saya?

in Blogging

Sebagai seorang blogger, gambar sangatlah penting dari elemen sebuah blog. Seringkali kita secara random mengabil gambar. Kejadian paling sering seperti membuka google image, masukan gambar yang dicari, dan viola! gambar kita pakai untuk blog.

Apakah cara itu legal ?

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan cara tersebut, yang salah adalah ketika blogger tersebut memasang gambar yang ia dapat dari hasil pencarian tadi. Bisa jadi bahwa gambar tersebut memiliki lisensi untuk tidak digunakan di website lain.

Kemungkinan terburuk dari prilaku tersebut adalah di suspen-nya blog oleh pihak webhosting karena mereka mendapat laporan pelanggaran hak cipta. Hal seperti ini sering terjadi.

Kali ini, saya akan menunjukan tempat gambar mana saja yang aman. Kita tidak perlu lagi memusingkan izin dan hak cipta yang mungkin bisa berbuat buruk di hari kelak nanti. Berikut adalah website-website yang membebaskan orang untuk memakai ulang gambar mereka.

Google “Custom” Images

Kita tahu bahwa Google Images adalah tempat yang ‘suci’ untuk mencari gambar, hampir gambar apa saja bisa kita temukan di sana. Memang secara default Google Images menampilkan gambar apa saja, tidak peduli apa itu lisensinya, tetapi juga google image bisa kita filter untuk menampilkan gambar yang bebas kita gunakan.

Google Advanced Image Search

Pastikan untuk memilih free to use, share or modify, even commercially jika kamu tidak mau ambil pusing

Untuk mengambil gambar gratis, kamu kinjungi Google Advanced Image Search. Selanjutnya pada bagian bawah, pilih mau gambar lisensi seperti apa yang kita cari.

Pixabay

Pixabay adalah tempat favorit saya mencari gambar, gambar yang mereka sediakan selain gratis tetapi juga banyak yang terlihat profesional. Kamu bisa mencari gambar berjenis vector, lanscape, animasi, dan foto asli. Bahkan untuk beberapa gambar vector, mereka menyediakan dalam format .svg.

Wikimedia Commonds

Tempat lain yang menjadi gudang gambar gratis adalah Wikimedia Commonds. Wikimedia Commonds sangat sering menjadi referensi utama google untuk menyediakan gambar gratis. Tempat ini adalah tempat yang bagus jika kamu mencari gambar selebritis, tokoh-tokoh dunia, olahragawan, dll.

Flickr

Flickr dikenal sebagai situs tempat menyimpan gambar, kita bisa mencari gambar gratis di sini. Untuk mendapatkan gambar gratis, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke halaman Advanced Search;
  2. Masukan kata kunci perncarian dan pastikan centang Only search within Creative Commons-licensed content dan Find content to use commercially.

Jika kamu tidak bisa menemukan gambar gratis setelah cara di atas, kamu bisa saja langsung kotak photograper gambar tersebut untuk meminta izin. Jangan salah, para potoghraper merasa sangat dihargai dan senang ketika ada yang meminta izin untuk gambar mereka.

Freerange Stock

Freerange termasuk favorit saya, gambar yang mereka sediakan sangat berkualitas. Di Freerange, kita bisa menggunakan gambar mereka untuk keperluan komersial ataupun bukan. Untuk men-download gambar mereka, kita diharuskan menjadi anggota, tetapi jangan khawatir karena proses registrasinya mudah dan gratis.

Ada beberapa syarat jika kita ingin memakai gambar mereka, Freerange mengharuskan kita untuk memberikan credit terhadap gambar itu, entah itu nama photografer ataupun “Freerange Stock”.

MorgueFile

MorgueFile adalah tempat yang pas bagi kamu ang mencari photo profesional, mereka memberikan lisensi gambar untuk keperluan komersial ataupun bukan.

Kamu juga bisa mencari gambar berdasarkan photograder tertentu. Tetapi ketika kamu akan memasang gambar tersebut di blog kamu, pastikan kamu membaca instrukur pemakaian gambar tersebut. Beberapa gambar ada yang harus mendapatkan persetujuan dulu akan di mana gambarnya ditempatkan.

Stock.xchng

Terakhir adalah Stock.xchng, tempat ini adalah tempat yang super besar untuk menemukan sebuah gambar. Mnurut data mereka sudah lebih dari 30.000 photographer bergabung dan mengunggah gambar mereka di Stock.xchng. Setiap gambar memiliki lisensinya masing-masing, pastikan untuk membacanya.

Kebanyakan gambar memiliki lisensi untuk dipakai kembali, tetapi dengan catatan memberikan kredit.

**

Bagaimana? tujuh tempat tersebut menurut saya bisa kita pakai untuk mencari gambar yang legal. Kita bisa mencari gambar apa saja di sana.

Mana favorit kamu? Apakah ada diantara ketujuh tersebut? Jika kamu memiliki tempat favorit lainnya, jangan lupa berbagi dengan kita. :)

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • Roy August 27, 2014, 7:08 pm

    Matooor nuwon gaan…. slma ini sy sbnrnya bingung jg krn kl lht bbrp foto di google image ada water marknya. kl dksh water mark brrti jls, yg g dikasih ntu yg mnakutkan.. tkt slh ambil.

  • jan July 20, 2014, 6:50 pm

    kepikiran juga sih masalah lisensi gambar. rasanya nggak cukup cuma cantumin link sumber gambar, karena tidak atau gambarnya gratis, komersial atau tidak.

    akhirnya ketemu juga solusinya di sini.

    kalau lisensi gratis/komersial itu apakah bisa dipakai tanpa mencantumkan sumber? atau tetap mencantumkan sumber sebagai bentuk kredit/penghargaan?
    dan, apakah gambar dari wikipedia termasuk Wikimedia Commonds juga?

  • Kristianus Kurnia May 25, 2014, 2:27 pm

    Pixabay is the best bro, banyak foto high quality disana, yang asiknya licensenya commercial, kadang kalau di SXC, licensenya non commercial :)

    Biasanya gw nyari juga di http://www.publicdomainpictures.net, dia yang ngesupply banyak photo di pixabay.

    Btw koq ganti domain bro? sampe bingung gw, untung ketemu domain barunya :)

    • Nadiar AS May 25, 2014, 5:00 pm

      Uwoo, ada bos baju bertamu..

      Iya, gue punya ide gila soal domain yg lama, makanya ganti. Oh, thanks buat feedback gak bisa akses domain lama, tadi di cek ada masalah. Sekarang harusnya sudah redirect lagi dari domain lamanya.

      Pixabay oke, dan kebanyakan emang suka nyari di sana gue juga. :))

  • Dwi Sugiarto April 21, 2014, 8:12 pm

    Saya sih ambil dari morguefile pilih freephotos meskipun terkadang gambar yang dicari tidak ada,

  • Wancik March 20, 2014, 8:03 am

    bener gan, terkadang utk adsense masalah image google rada cerewet, lebih bagus lagi kl image ny hasil dari jepretan sendiri, salam kenal