≡ Menu
Pabelog

Apa itu VPS Hosting? Kapan Saya Memerlukan VPS?

in Hosting, VPS

Jika kamu belum tahu apa itu VPS hosting, kamu membuka halaman yang tepat. Kali ini saya akan menuliskan secara lengkap apa itu VPS dan kenapa kita memerlukan VPS hosting.

Jika kamu sudah tahu apa itu VPS, kamu juga tidak akan rugi membaca tulisan ini. Saya akan menulis, ciri-ciri VPS yang bagus dan tangguh.

Lalu, bagaimana saya tahu kalau saya memerlukan VPS?

Yup, saya juga akan membahas ciri-ciri blog/website kita memerlukan VPS. Kebanyakan orang berpikir bahwa shared hosting yang dia tempati sudah lebih dari cukup, lalu ketika blog atau website mereka mendapat trafik yang besar, provider hosting memberi peringatan kemudian melakukan terminasi. Hal inilah yang biasanya menjadi pro dan kontra dari shared hosting.

Masalahnya, kita tidak memiliki akses ke cPanel/* untuk mengambil backup, dan ketika kita meminta backup kepada provider hosting, kita disulitkan dengan proses, atau mungkin membayar lagi untuk menebus backup.

Apa itu VPS

Apa itu VPS

Limit pada Shared Hosting Hostgator dan Hawkhost

Hostgator memiliki paket shared hosting yang tangguh. Saya akui itu, karena saya pernah memakai hostgator selama dua tahun. Mereka menawarkan serba unlimited, tetapi apakah benar?

Yup, mereka menawarkan unlimited, tetapi limit lengkapnya ada pada pemakaian CPU dan Memory, CPU Resources Hostgator.

Sebagai ukuran, jika kita menyimpan satu blog WordPress dengan plugin normal, Hostgator mampu menangani trafik sampai 20k per hari.

Kedengarannya bagus bukan?

Yup, untuk ukuran shared hosting, hostgator memang salah satu yang terbaik. Tetapi, semakin tinggi trafik kita, blog kita akan terasa lebih lambat. Dan jika hal ini terus berlanjut, provider hosting akan melakukan suspend kepada akun hosting, karena memakan resources yang banyak.

Hawkhost

Saya juga memakai hawkhost, mereka memiliki hosting terbaik. Memang tidak serba unlimited, tetapi itu sudah lebih dari cukup.

Namun, alokasi memory dan CPU mereka juga terbatas.

Hawkhost mungkin tidak akan pernah melakukan terminasi pada client mereka, tetapi sebagai konsekuensinya ketika website/blog client mereka memakan resource banyak website/blog tersebut akan sangat lambat. Yup Hawkhost memiliki kebijakan CPU throttled.

Tandanya blog kita di-throttled ada pada indikator pemakaian CPU. Jika garis biru menyentuh angka 100%, bisa dipastikan blog kita akan sangat lambat.

CPU Usage Hawkhost

CPU Usage Hawkhost

Grafik di atas, saya ambil dari blog ini. Meskipun beberapa kali saya berhasil menurunkan CPU usage, tetapi karena lonjakan trafik pada jam-jam tertentu, saya tetap di-throttled.

Apa itu VPS Hosting

Virtual Private Server masih mirip dengan shared hosting, hanya saja dengan resource yang lebih besar, dan virtualisasi pada setiap server.

Dengan virtualisasi, kita memiliki Sistem Operasi sendiri untuk hosting yang kita pesan. Kelebihannya kita bisa melakukan instalasi software tambahan.

Virtualisasi pada VPS juga ada beberapa jenis, namun tidak akan saya jelaskan detail di sini. Software vistualiasi yang cuku populer pada VPS adalah OpenVZ, XEN, KVM, dan Parallel Virtuozo.

*mohod dikoreksi jika salah

Setiap software virtualisasi memiliki kelebihan dan kekuranngannya masing-masing, kita pilih sesuai kebutuhan.

Maneged vs Unmanaged

Ketika kita membeli shared hosting, kita membeli sudah termasuk dengan dukungan atau bantuan/support. Berbeda dengan shared hosting VPS hosting tidak datang dengan free suport, khususnya unmanaged VPS, jika kita ingin bantuan kita harus membeli support tersebut, managed VPS, normalnya 10-30 USD per bulan.

Antarmuka VPS sangat berbeda dengan shared hosting, kebanyakan shared hosting memakai cPanel pada setiap pembeliannya. Untuk VPS, jika kita ingin memakai cPanel kita harus membeli lisensi tambahan lagi.

Managed VPS Hosting

Managed VPS artinya kita membeli support. Dengan managed hosting, kita tidak akan dibingungkan dengan konsol, instalasi software, monitoring server, dll.

Dengan managed VPS, kita bisa fokus 100% mengelola website, sementara penanganan server di-handle oleh tim support.

Kita juga bisa meminta bantuan jika kita mau instalasi custom software.

Unmanaged VPS

Apa itu VPS Unmanaged?

Sebagian orang menyebutnya semi-managed dan self-managed, tetapi saya rasa tidak jauh berbeda dengan unmanaged VPS. Kelemahan dari unmanaged, hosting provider hanya akan membantu jika dan hanya jika pada masalah hardware, selebihnya mereka tidak akan membantu.

Kelebihannya adalah harga yang lebih murah. Selisih harga antara managed VPS dan unmanaged VPS dengan spesifikasi yang sama bisa sampai 40%.

Jika kita memilih unmanaged, kita harus kenal terhadap perintah-perintah pada terminal linux. Karena VPS kita nantinya akan dikendalikan dari sana, bukan cPanel seperti shared hosting.

Unmanaged VPS

Console

Supaya lebih jelas, berikut saya buat tabel perbedaan antara Managed VPS dan Unmanaged VPS.

Perbedaan Unmanaged VPS Managed VPS
Bantuan Provider Hosting hanya akan membantu pada masalah hardware dan jaringan. Client bertanggung jawab penuh terhadap instalasi software dan performa Provider Hosting membantu pada masalah hardware, jaringan, dan custom software.
Harga 5 USD – ~ USD 45 USD – ~ USD

Apakah Saya Memerlukan VPS?

apa itu VPS hosting

Search Query vs Visitor per Day

Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa indikator. Seperti CPU usage, grafik trafik dll.

Jawabannya bisa saja kamu membutuhkan, tetapi tidak menyadarinya. Atau juga kamu masih belum membutuhkan.

Blogdiar.Net, sekarang Ngeblog.co. Memakai VPS dari WSWD dari DigitalOcean, sebelumnya beralih ke VPS blog ini memakai Hawkhost.

Sebenarnya untuk angka trafik perhari masih kurang dari 5000, tetapi melihat CPU usage dan grafik yang terus meningkat, saya memutuskan untuk migrasi ke VPS, lebih baik memulai lebih dini bukan.

Saya tidak mau terlambat bertindak.

Kesimpulan

Hal positif yang saya dapat karena berpindah ke VPS, khususnya Unmanaged VPS adalah loading blog yang semakin cepat, saya memakai unmanaged VPS SSD WSWD DigitalOcean custom Nginx + PHP5-FPM + MySQL + Varnish Cache + CloudFlare, hasilnya wordpress ini semakin cepat!

Mungkin kedepan saya akan membuat tutorial lebih lanjut tentang perpaduan software tersebut.

Tadinya saya sempat mencoba kontrol panel Kloxo, tetapi karena update dan sistem keamanan yang saya baca dari beberapa forum hosting katanya tidak bagus, saya memutuskan untuk tidak memakai kontrol panel.

FYI, Unmanaged VPS dan belajar perintah linux ternyata tidak terlalu susah.

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • Prayudi April 4, 2015, 11:00 pm

    Makasih mas atas infonya, ini berguna buat saya karena saya memang lagi nyari informasi ttg vps, sebenarnya saya sudah pakai share hosting yg katanya di webnya itu “litespeed” tetapi setelah pakai 1 minggu disana, situs saya tidak dapat di akses karena infonya dr pihak hosting harus melakukan upgrade servernya sehingga hampir 10 jam tidak bisa di akses,ke esokan hari situs saya baru bisa di akses tetapi terasa lambat pas saya cek http header ke domain saya, bukan litespeed tetapi apache… waduh.. btw, bisa kasih tipsnya agar cpu resourcenya tidak terlalu tinggi?

  • Eko Budi Santosoe March 19, 2015, 7:46 am

    Mantep Kang…

    Unmanage VPS buat saya lebih recommended, kebebasan dalam menetukan performa vps & wordpress itu sendiri bisa kita atur.

    Urusan panel, bagi yg alergi dgn console pakai Webmin+Virtualmin jg lebih mudah dan ringan.

    Salam menebar manfaat…..

  • distro anime March 9, 2015, 10:01 pm

    Artikelnya mudah dipahami.. Saya langsung mengerti apa itu vps.. Oia bikin tutorial cara setting vps nya dong ? Terutama yg Unmanaged

  • Bima Sakti February 10, 2015, 11:20 pm

    klo pake webuzo gmn bro, rekomended gak?

    • Nadiar AS February 18, 2015, 1:18 pm

      Sampai saat ini, saya belum pernah mencoba Webuzo. Saya lebih suka pakai terminal langsung, selain lebih asik, juga jauh lebih ringan/cepat. Saya kira, jika kamu kurang paham tentang bash/shell, lebih baik pakai Webuzo. Tapi, jika yang dicari adalah ringan, pakai bash/shell.

  • Ari Tunsa December 26, 2014, 8:18 am

    mas diar, saya lagi bingung.. ini hosting udah limit bandwith terus, padahal UV masih sekitar 4K/day saja. Pengen beralih ke VPS Tapi kendalanya saya sangat awam terhadap VPS. Apalagi kalau memakai provider dari luar, ada tulisan mengenai cara instal software di VPS untuk pemula sekali, tampilan dalamnya juga kalau bisa dipost, thanks

    • Nadiar AS January 19, 2015, 8:23 am

      Pakai jasa managed VPS saja.

  • Jeffry C December 8, 2014, 2:27 pm

    Wah jadi pengen nyoba pake VPS gan :)
    Makasih banyak info vpsnya..~

  • Muhamad Husein November 29, 2014, 6:50 pm

    wah keren banget gan asli mantep langsung cerah pengetahuan saya mengenai VPS :D

  • hafid November 1, 2014, 7:49 pm

    Waw,informasinya mantap gan,penjelasannya detail banget. Ane yg semula bertanya-tanya tentang VPS akhirnya ngerti juga setelah baca di blog ente ini.
    Terimakasih gan

  • Herutomo Oemarsidik October 31, 2014, 1:20 pm

    Mas Nadiar, nama saya Herutomo. Saya berencana mau buat website untuk ‘property marketing’. Akan banyak produk-produk properti yang dipasarkan. Awalnya ‘traffic’ nya pasti rendah. Tapi dalam waktu beberapa bulan saya yakin Insya ALLAH sangat tinggi. Bagaimana menurut anda, hosting apa yang harus saya pakai? Shared atau VPS. Thx.

    • Nadiar AS October 31, 2014, 8:32 pm

      Saya selalu merekomendasikan ke semua client saya, mulailah dari yang paling hemat. Berjalan dengan waktu, nanti upgrade. Tetapi ingat, untuk hosting, pakai term pembayaran paling pendek, atau biasanya bulanan.

  • Putra October 25, 2014, 12:49 am

    makasih mas admin sekarang saya ada gambaran tentang vps ini, ngomong2 katanya vps luar bakalan di blok ya sama pemerintah, bener ga tuh?

  • huget October 10, 2014, 6:18 pm

    benar-benar tercerahkan ane gan, secara ada klien ane yang pake VPS, jadi ga bingung sekarang, ane ikutin terus dah web ini Ctrl D dah… :D

  • Oni Zamroni September 6, 2014, 11:35 pm

    Masih ragu nih mau pake VPS secara blog masih bisa ditampung di shared hosting (lainnya biaya masih mahal menurut saya.. hehe).. terima kasih mas bahasan vps nya sangat membantu..

    oya ada artikel mengenai perpindahan dari shared hosting ke vps gam mas? minta linknya dong..?

  • Andy September 4, 2014, 10:11 pm

    kayaknya pengalamannya sdh oke gan..coba ditulis jadi ebook atau buku blooging panduan VPS..biar bisa lebih berguna bagi nusa, bangsa dan agama ….Gan! siap jadi distributor…he…he..sorry ane blm punya website lagi mau belajar

  • Rio Q June 27, 2014, 12:49 am

    Rumit isinya. Tapi mulai mengerti dan sedikit memahami soal blog hosting. Hosting itu penting tapi sering buat awam tidak paham soal ini. Dari sini, walaupun sedikit, wawasan saya jadi mulau terbukan.

  • andre June 20, 2014, 9:15 am

    saya udah lama denger vps, tapi takut untuk mencobanya :(
    tapi setelah baca baca artikel disini jadi pingin nyoba vps
    di vps sendiri bisa gak ya di install cpanel seperti di shared hosting?

    • Nadiar AS June 20, 2014, 9:43 am

      Sayanangnya cPanel berlisensi, saya sekarang belum mau kalau untuk beli lisensi cPanel.

  • Sohibia June 8, 2014, 9:14 am

    saya dulu memang pernah mencoba bermain-main dengan yang namanya hosting, VPS, dan lain sebagainya. namun gara-gara pengen fokus ke blogspot jadi ilmu nya jadi kependem, he,he, anyway sharenya nambah wawasan buat saya terima kasih.

  • Rafa Teknouz March 16, 2014, 11:41 am

    artikel yang sangat membantu untuk pemula yang ingin mengenal dunia per hostingan seperti saya, klo boleh tau beda vps dengan vpn itu apa min ya

    • Nadiar AS March 17, 2014, 1:15 pm

      kalo itu coba googling aja, banyak banget kok penjelasan bagusnya. Di wikipedia juga ada.

  • Ade March 14, 2014, 1:47 pm

    Terimakasih banget artikelnya sangat bermanfaat, Ane juga baru migrasi ke vps karena blog ane dihapus blogger, karena ane sama sekali ga ngerti tentang vps akhirnya ane beri manage vps lokal harganya pun lumayan menguras kantong 1,5jt/bulan. Mohon saran untuk kedepannya dong mas, mungkin saya bisa dapat yang lebih murah dengan kualitas minimal sama.

  • Muhardin February 11, 2014, 6:18 pm

    CTRL D sangat bermanfaat

  • Tarakdungces January 27, 2014, 4:44 pm

    Bookmark dulu mas, sapa tau besok mau pindah ke wp, tp kayaknya kalo punya VPS sendiri enak juga ya… Oh iya VPS, bisa buat SSH ga? Terimakasih sebelumnya mas

  • Ismail January 10, 2014, 10:33 pm

    saya masih kurang begitu faham apa itu VPS
    tapi saya sudah ngikut makai karena teman teman suruh gabung di VPS nya

  • zeds December 30, 2013, 11:28 am

    asslm,
    kebetulan nih.,sy pakai HH tp bandwidth abis krn traffik.,
    sudah baca” hosting digitalocean di artikel sebelum’a.,.,
    tp bingung cara pindahkan dari HH k’digital ocean.,
    mohon bantuannya.,.,

    thanks,.

    • Nadiar AS December 30, 2013, 6:16 pm

      Sebenarnya saya lagi menulis tutorial untuk migrasi dari shared hosting, ke VPS DigitalOcean. Saya masih melakukan beberapa testing. Jika kamu mau, coba email ke [email protected], nanti saya bantu.

  • Ben November 30, 2013, 12:50 am

    Bro mau nanya dong, ans pernah coba2 digitalocean akhirnya ane nyerah karena susah banget settingnya. Apa ada tutorial lengkapnya.
    Akhirnya ane skrg pindah dr dapurhosting ke hawkhost.

    • Nadiar AS November 30, 2013, 12:52 am

      Email saya, nanti saya ajarin langsung. gratis kok :)

      Hawkhost bagus kok :)

      • Udi December 7, 2013, 6:48 pm

        Mas, bisa minta diajari cara migrasi wordpress dr shared hosting ke digital ocean gk ?
        Sudah ngikutin panduan dr digital ocean, dan nyari cara di web lain. Tetep belum bisa berhasil.

        • Nadiar AS December 7, 2013, 11:05 pm

          Saya memang lagi membuat tutorial itu. Tunggu saja, nanti saya post di di blog ini.

  • Iman Prabawa October 31, 2013, 10:42 pm

    Wah pembahasan ente yang soal ini keren banget, ane emang lagi mencari tahu soal VPS ini, dibandingkan dengan yang lain, yang ini sangat lengkap penjelasannya dan sangat membuat orang mengerti dengan mudah. Thank you gan.. Kudu dibookmark ini sepertinya! :-)

  • Keysuke Jikai October 27, 2013, 10:56 pm

    Nice gan infonya, ampe bengong sendiri ane bacanya :D

  • Colontos October 27, 2013, 11:22 am

    Bro mau tanya banyak nih tentang vps hosting
    Bisa kan?
    Lebih enag lewat fb aja
    Terima kasih

    Colontos merdeka

  • Distro Herbal October 23, 2013, 4:38 pm

    Ane masih belum paham Gan,kalo berkenan bisa cekkan web toko OL Ane?
    Sudah butuh belum VPS nya

  • Anita October 14, 2013, 9:44 am

    Malem bang,

    Saya mau nanya bang, boleh ya
    Gini bang, apa bener kalo pake vps loading blog bisa lebih cepet ya atau juga bisa pengaruh ke seo?
    Saya pernah sewa vps dari hosting lokal, katanya sih pake server us, tapi setelah saya dapat barangnya, ternyata servernya bukan di us, tapi di kanada, meski pemiliknya ada di us.
    Dan setelah dipake, ternyata sama shared hosting yang saya pake sebelumnya gak beda jauh. Untuk seo juga sama aja, tiada beda. Apa ini tanda-tandanya saya udah dikibulin ya, maklum nubitol.

    ty.

    • Nadiar AS October 15, 2013, 5:18 pm

      Untuk SEO, kecepatan loading website memang berpengaruh. Salah satu dari banyaknya faktor SEO.

      VPS memang lebih cepat dibanding shared host, tetapi kalau konfogurasi VPSnya sesuai. Jika tidak, bisa saja lebih lamban.

  • Max Manro September 28, 2013, 5:53 pm

    Great article. Saya sama sekali tidak mengerti tentang VPS, waktu trafik blog saya “membengkak” blog tersebut di-suspend oleh pihak hawkhost. Menurut mereka blog saya membuat server menjadi lambat, dan menyarankan menggunakan VPS.

    Saya pakai VPS dari hawkhost type advanced, dan waktu settingnya saya sewa jasa orang lagi duuh. Tapi memang terasa banget bedanya, blog saya loadnya lebih cepat dan memang kapasitasnya jauh lebih besar. Kapan-kapan kalau saya butuh bantuan mas Nadiar untuk setting VPS saya boleh ya hehehe… Thank you :)

    • Nadiar AS September 28, 2013, 6:14 pm

      Boleh banget, saya pakai DigitalOcean (link aff), cuman 5 USD per bulan (blog ini). Nanti saya bantu install dan optimalkan buat wordpress, plus hardening. Semuanya FREE! saya hanya ngambil keuntungan dari link aff :)).

      • Linda February 4, 2014, 5:43 am

        ko murah mas, itu bisa buat berapa domain
        dihostgator aja 9.95 per bulan yg shared hosting & ditempat laen yg sy pake juga $6.3 sama2 shared hosting

        • Nadiar AS February 5, 2014, 5:49 pm

          VPD Hosting tidak membatasi domain mbak.

      • Hidayat Mundana June 17, 2014, 11:46 am

        Harga $5 itu kapasitas berapa mas? kayaknya menarik juga

  • Agung September 19, 2013, 1:58 pm

    Gan, kalo seumpama ane punya server sendiri dan di titipin ke co location seperti Centrin contohnya, nah apa penanganan VPS seperti itu yaa?
    Thanks

    • Nadiar AS September 19, 2013, 4:34 pm

      Berbeda, VPS itu virtualisasi dari suatu server, maisalnya satu server memiliki beberapa sistem operasi. Nah setiap virtualisasinya itu yang disebut VPS.

      • Lulu Takumi March 4, 2015, 5:17 pm

        mas saya bisa minta bantuan nggk tentang VPS ini,,, soalnya saya binggung mau order hosting….. saya mau beli hosting untuk web saya, web saya itu tentang anime mass… ne alamat web saya http://www.bakacan.net

        Nah saya inggin berpindah ke WP, namun binggung hosting apa yg cocok buat situs saya.. terimakasih kalo bisa kontak saya di email saya mas…. sukses selalu buat arsip.pabelog.com (aminnn)

  • volomoo September 16, 2013, 11:46 pm

    Infonya mantap gan….

    Oh ya gan, kok kalau pas di baca tulisan dan gambarnya naik turun..
    Jadi kurang nyaman bacanya :)
    Makasi

  • Derry Berni Cahyady July 19, 2013, 1:02 am

    thanks gan infonya ^_^