≡ Menu
Pabelog

Terima Kasih Hostgator, Selamat Datang Masterweb

in Hosting

Blogdiar.biz sudah pindah dari hostgator tiga hari, terhitung dari hari Jumat 27/7/12 sampai tulisan ini dibuat. Tidak ada masalah dengan hostgator, saya benar-benar puas dengan performa dan support dari hostgator.

Jika kamu tertarik dengan hostgator, kamu bisa mendapatkan cashback, caranya di sini.

Lalu kenapa saya pindah hosting?

Menurut catatan-catatan yang masih ada. Blogdiar.biz online sejak November 2010, sejak tanggal itu pula saya install wordpress di blog ini dengan host di Hostgator dan tumbuh.

Alasan Saya Pindah dari Hostgator

Saya registrasi di Hostgator terhitung sejak Januari 2010, tidak ada yang salah sampai sekarang. Malahan saya sangat puas. Blog-blog dan satu website saya di host dengan baik, hampir 100% up time.

Sebelum saya sewa hostgator saya punya berbagai pengalaman tentang hosting. Berikut saya ceritakan pengalaman saya.

Dimulai dari Masterweb

Dulu, ketika saya memutuskan blogging serius, saya memutuskan untuk tidak memakai blogger lagi sebagai platform blog dan memulai wordpress untuk pertama kalinya.

Host pertama saya saat itu adalah Masterweb. Tidak ada yang salah dengan masterweb, hostingnya cepat dan memuaskan. Namun saya kira supportnya kurang.

Setelah memakai wordpress untuk pertama kalinya, saya benar-benar suka. Sayangnya saat itu saya punya hosting hanya untuk satu domain. Sedangkan saya memiliki tiga domain.

Karena alasan itulah saya memaksakan memakai Hostgator paket Baby Plan. Dari situlah awal saya memakai Hostgator. Namun tidak hanya hostgator. Saya juga pernah memakai servis Mocahost dan Jagoan Hosting.

Alasan saya memakai Jagoan Hosting saat itu adalah ‘visitor’, maklum blog ini berbahasa Indonesia. 98% visitor blog ini pula berasal dari Indonesia. Saya ingin agar visitor saya nyaman dan dapat membaca blog ini dengan cepat.

Namun apa yang saya dapat?

Dari 1000-2000 visitor per hari drop menjadi 100-an visitor per hari. Yah, saat visitor 1000-an saya memakai servis Hostgator dan 100-an saya memakai Jagoan Hosting.

Kenapa bisa drop?

Meskipun baru beberapa hari hosting di Jagoan Hosting, saat itu saya memutuskan untuk memindahkan kembali blog ini ke Hostgator. Saya tidak mau ambil resiko trafik blog ini terus turun.

Ternyata setelah saya periksa di Google Webmaster Tools. Link-link blog saya banyak yang error, googlebot tidak bisa mengakses blog saya.

Hostgaotr dan Kembali Masterweb

Sejak saat itu sampai hari Jumat lalu (27 Juli 2012) saya kembali lagi ke Hostgator lama saya. Meskipun trafik saya pernah menemus 18000 dalam sehari, Hostgator tetap bisa menanganinya tanpa down. Padahal saya memiliki tiga domain di Hostgator.

Seiring dengan waktu, trafik blog ini terus naik. Meskipun masih belum bisa dikatakan besar, saya memutuskan untuk memindahkan kembali blog saya ke server Indonesia.

Yah, saya pernah merasakan internet yang hanya memiliki koneksi hanya untuk IIX. Saat itu yang hanya bisa saya akses adalah portal-portal yang berlokasi di Indonesia saja, seperti IDWS dan Kaskus. Saya sama sekali tidak bisa membuka Blog ini.

Atas alasan itulah saya memutuskan pindah lokasi server lagi, saya tidak mau ada orang yang tidak bisa mengakses blog ini.

Lagi pula setelah tiga hari terakhir ini, saya bisa merasakan perbedan cepat aksesnya bahwa server Indonesia lebih cepat diakses dibandingkan server luar.

Lalu bagaimana dengan googlebot? Apa dia masing bisa mengkases blog ini? tenang, alasan saya memakai Masterweb adalah akses dari luar juga.

Masterweb sudah menyediakan bandwidth unmetered untuk IIX dan 100GB untuk IX untuk paket shared Hosting blog ini. Artinya, sudah lebih dari cukup untuk googlebot mengakses blog ini.


Kontrak saya dengan Hostgator belum habis, dan beberapa blog saya yang lain masih saya host di sana. Kebetulan salah satunya blog bahasa Inggris saya. jadinya tidak saya pindahkan.

Saya sangat puas dengan Hostgator, dari performa sampai supportnya sangat bagus. Saya tidak ragu untuk merekomendasikan Hostgator.

Di postingan selanjutnya, saya akan menceritakan tentang masalah yang muncul ketika saya memindahkan hosting dari Hostgator ke Masterweb dan bagaimana mengatasinya. Jadi jangan sampai kelewatan, subscribe atau bookmark dulu blog ini. ;]

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • iKurniawan November 1, 2014, 10:54 am

    Saya sedang pakai dracoola untuk personal blog. Memuaskan, tapi kapasitas dan bandwith relatif kecil. CUkup lah untuk personal saja.

    Ini lagi bikin niche blog pakai salah satu penyedia hosting yang nggak mau saya sebut.
    Ternyata server sering down, share postingan ke sosial media sering eror dan GWT juga sering eror. Alasannya : karena server indo, jadi susah diakses luar.
    Emang iya ya min?

    Jadi mau pindah, lagi bandingkan antara Draco dan masterweb. ada saran?

    • Nadiar AS November 1, 2014, 3:34 pm

      Saya belum pernah mencoba Draco, :(

  • agung prastya October 26, 2014, 11:41 pm

    saya masih ragu memiliki hosting sendiri
    soalnya masih newbie jdi pilih yang gratisan dulu deh hehehehe
    blogger masih saya ansalkan untuk sekarang ini tau deh kedepannya moga aja bisa kebeli hosting sendiri aminnnn

  • christiancellularc May 13, 2014, 4:51 pm

    saya salah pilih paket di mwn.saya sangat pemula dan tdk mengecek2 atau membaca2 terlebih dahulu.saking pinginnya punya blog sendiri.baru daftar klien langsung beli domain saja,,,tanpa tau harusnya pilih yang ada spanel…jadi susah mau apapun juga…..mau parking domain jd ga bisa….apa bisa bantu info dan solusi…thx

    • Nadiar AS May 14, 2014, 2:14 am

      Ada baiknya coba bicarakan dengan MWN-nya, kirim saja tiket ke suppory-nya.

  • Nurul Imam October 2, 2013, 12:24 am

    Ohhh jadi Ada pesan error di google webmaster itu karena server hosting kita down yah

  • Anjang June 12, 2013, 1:25 pm

    Untuk sekarang ini, hosting yang bang Nadiar AS rekomendasikan apa ya? bingung banget nih milih hosting.

    • Nadiar AS June 12, 2013, 2:06 pm

      Untuk blog yang tidak begitu sibuk saya lebih menyarankan hawkhost (CA) atau downtownhost, jika website/blog yang membutuhkan tenaga besar, saya lebih menyukai hostgator untuk shared hosting.

      • Akmal January 10, 2015, 3:26 pm

        MWN ini tenaganya gimana mas? Bisa disetarakan dengan hostgator ga ?

  • Sudiantara November 11, 2012, 6:10 pm

    terima kasih reviewnya ya, kalau begitu untuk permulaan saya coba masterweb dulu, baru saja selesai konfirmasi pembayaran, akun belum aktif, mohon tip cara memindahkan artikel blogspot ke wordpress tanpa kehilangan alexa rank, karena saya berniat migrasi dari blogspot ke wordpress

    • Nadiar AS November 14, 2012, 11:51 pm

      saya usahakan bikin tutorialnya ke depan yah.

  • herbal budidaya pertanian November 1, 2012, 11:50 pm

    Saya juga memakai jagoanhosting,masalahnya error itu saya kira googlebotnya yang nggak bisa akses url postingan kita,krn saat google bot mampir serverwebnya keseringan down. wkwkwkwk,,
    Pengalaman pahit saya dengan JH,,,,,blog sering notfound tak tanggung tanggung,setengah harian penuh dan itu seringkali terjadi.Kalaupun tidak notfound,aksesnya beraaaaaaat banget kayak ziddu…

    Domain saya ada disana semua,,,gimana ya? apakah bisa domain dari JH ditransfer ke hosting lain?,,,,Bosan dengan JH

    trims

    • Nadiar AS November 2, 2012, 3:30 pm

      untuk domain tidak masalah, asalkan server (host) tidak memakai host yang kamu merasa dikecewakan aja.