≡ Menu
Pabelog

Ini dia 5 Free Social Sharing Plugin Paling Keren 2013 WordPress

in Media Sosial, WordPress Plugin

Social sharing plugin merupakan addons wajib bagi setiap blog. Jika kita ingin membuat blog kita viral, kita harus memasang social sharing plugin atau biasa juga disebut social bookmark plugin.

Social sharing plugin menampilkan bookmark button dari berbagai social media terkemuka, hanya saja sering kali kita mendapatkan tampilan yang kurang elegan jika sembarang memasang.

Hal itu justru berkebalikan dengan tujuan adanya social sharing plugin, agar pengunjung membagikan konten kita, mau tidak mau social sharing plugin itu harus ringan, dan menarik perhatian.

Untuk mendapatkan konten yang viral, sudah saya sebutkan, kita harus memilih social sharing keren yang membuat perhatian pengunjung blog. Nah, jika sebelumnya saya menulis floating social share terbaik, kali ini saya menulis social share secara umum baik itu float atau bukan yang paling menarik perhatian selama tahun 2013 ini.

Social Sharing Plugin

Social Bookmark Plugin Paling Menarik Perhatian

Berikut ini adalah lima social bookmark plugin yang paling menarik perhatian selama 2013.

#1 Flare

Sampai saat ini saya masih berdecak kagum dengan ide yang mereka sajikan. Mereka tidak sebatas membuat bookmark button setiap social media berbaris rapih, tetapi lebih dari itu.

Dengan Flare plugin, mereka menyajikan beberapa pilihan button. Kita bisa memilih mana yang kita suka. Nantinya button itu bisa kita tampilkan secara float kiri atau kanan ataupun diasang secara classic seperti di bawah postingan atau di atas postingan.

Social Sharing Keren

Tampilan Flare

Yang menarik bukan itu, tetapi gaya flare sendiri. Jadi, ketika kita mengarahkan kursong ke flare, flare akan secara otomatis mengeluarkan ballon yang berisi bookmark button itu. Mirip a:hover di CSS.

Download Flare social share plugin.

#2 AddThis

AddThis adalah apa yang saya pakai di blog ini, kamu bisa melihatnya di bawah postingan. Mungkin tidak jauh dari bookmark kebanyakan, tetapi apa yang membuat mereka berbeda adalah ukurannya yang ringan.

Saya tidak tahu bagaimana AddThis bekerja, jika plugin kebanyakan me-loading bookmark langsung, AddThis me-loading bookmark ke server mereka. Artinya request ke berbagai bookmark bisa diminimalka yang bisa membuat kecepatan blog tetap terjaga.

Social Sharing Keren

Statistik pada AddThis

Selain itu, Kita juga memiliki opsi untuk melakukan tracking terhadap konten kita. Kita bisa tahu konten apa saja yang paling viral, siapa saja yang membagikan konten kita di twitter, dll.

Tertarik mencobanya? Kunjung website AddThis.

#3 Triberr

Triberr tidak memberikan opsi yang banyak untuk merubah tampilan button social sharing. Tetapi, kita akan mendapatkan kemudahan untuk mem-viral kan konten kita tanpa mengeluarkan effort yang cukup besar.

Perlu dicatat, Tribber akan bekerja maksimal jika blog yang kita pasang Tribber tidak terlalu gado-gado. Blog dengan niche khusus memiliki peluang yang besar untuk viral.

Yang Tribber lakukan adalah mencari komunitas yang memiliki niche sama atau mirip dengan blog kita, lalau mem-follow mereka dan meminta dipromosikan.

Tidak lama kemudian, kita akan melihat konten kita viral dan mendapatkan banyak kunjungan.

Yang perlu kita lakukan adalah mendaftar ke website Tribber lalu memasang plugin Tribber di blog kita.

#4 Digg Digg

Masih Digg Digg, Ini kedua kalinya saya menuliskan Digg Digg di list. Sebelumnya saya memasukan Digg Digg di list 5 Floating Bookmark paling keren.

Sulit rasanya untuk tidak memasukan social sharing keren seperti Digg Digg. Digg Digg tidak jauh berbeda dengan flare, hanya tampilannya saja yang berbeda.

Keunggulan Digg Digg dibanding WP Social Plugins lainnya adalah opsi social bookmark yang banyak. Hampir semua social bookmark terkenal mereka miliki. Kalaupun tidak, kita bisa menambahkannya.

Selain itu mereka juga memiliki fitur Ajax untuk membuat loading lebih cepat.

Download DigDig Plugin.

#5 Slick Social Sharing Buttons

Social Sharing Plugin

Slick Social Sharing Buttons adalah alternatif Digg Digg dan Flare. Fitur Slick Social Sharing Buttons hampir sama dengan Digg Digg dan Flare, seperti penempatan posisi dan penambahan social share.

Satu hal kenapa Slick Social Sharing Buttons terlihat berbeda, mereka memiliki statistik seperti AddThis. Kita bisa melihat konten mana yang viral melalui admin area.

Download Slick Social Sharing Buttons Plugin.

Social Bookmark Plugin Mana yang Saya Pilih? ..

Tentunya perlu diperhatikan juga keperluan kita. Meskipun Flare sangat bagus tampilannya, tetapi jika kita ingin mengetahui konten mana yang viral kita harus memilih AddThis atau Slick Social Share. Begitu juga sebaliknya.

Yang paling penting, kita harus memasang social sharing di blog kita. Karena salah satu indikator google menyukai blog kita adalah sinyal social share. Dengan bantuan plugin di atas, kesempatan konten kita viral akan semakin besar.

Sekarang lembali lagi pada kalian, social sharing plugin apa yang kamu pasang di blog??

kalau saya memilih social sharing keren seperti AddThis.

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • A.Heryadi September 28, 2014, 7:19 am

    Mantap gan,ini yang ane Cari,sekarang ane bisa berbagi artikel ane dari blog ke sosmed dengan mudah.

  • Della February 13, 2014, 12:00 pm

    Sukaa yang Flare plugin :P

  • july February 11, 2014, 2:40 pm

    terima kasih untuk sharing tipsnya..saya masih pake pluggin by lockerz, kelihatannya kurang oke, mungkin akan saya coba pakai yg lebih simple ;)
    ohya sekalian nanya, kenapa saya ga bisa menampilkan foto di plugin about the author ya? maap msh newbie bgt soalnya :D

    • Nadiar AS February 11, 2014, 10:32 pm

      Untuk menampilkan foto, sebaiknya pastikan dulu jika persyaratan plugin tersebut terpenuhi, seperti PHP versi berapa. Jika masih belum, kemungkinan besar tidak mendukung wordpress versi yang kamu pakai atau ada bugs.

      Untuk about author, masih banyak plugin alternatif yang bisa kamu pakai. Saran saya pilih yang pemakainya banyak. Karena dengan pemakainya banyak, kemungkinan plugin itu ter-update sangat besar.

  • Ahmad Dahlan October 17, 2013, 7:36 pm

    saya mau pasang add this di website saya,,cuman saya bingung itu codenya di copy ke mana ya?

    • Nadiar AS October 17, 2013, 8:54 pm

      Dimana saja, asalkan dalam tag body.