≡ Menu

Apa itu SERP? Bagaimana Cara Memaksimalkan SERP Halaman #1 Google

in SEO

Bagaimana cara cek posisi web di google?

Nah, pertanyaan itu berhubungan dengan SERP.

Lalu apa itu SERP sebenarnya?

SERP adalah kependekan dari Search Engine Result Page, yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari.

Semua blogger menginginkan blog mereka muncul di halaman pertama SERP, karena dengan posisi pertama, mereka bisa mendatangkan trafik lebih mudah.

Lalu bagaimana caranya agar blog kita muncul di posisi pertama SERP?

Kita harus memaksimalkan SERP. Bagaimana caranya? Mari kita bahas.

SERP adalah...

SERP adalah…

Apa itu SERP

Kita ketahui bahwa SERP adalah halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari. Untuk mendominasi SERP kita harus mengikuti aturan-aturan yang diberikan oleh mesin pencari.

Baca: Belajar SEO Dasar

Memaksimalkan SERP tidak cukup dengan satu malam. Perlu waktu yang cukup lama agar blog kita bisa mendominasi SERP. Yang paling penting adalah SEO on page dan off page. Tentunya dengan keyword yang tepat yang kita pilih.

Seringkali, pemilihan keyword yang salah membuat posisi SERP kita tidak menembus halaman pertama. Mesin pencari seperti google misalnya, mereka tidak memerhatikan urutan kata.

Bagaimana memilih kata kunci yang tepat untuk memaksimalkan SERP?

Pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tahu kata kunci apa yang akan kita targetkan di posisi pertama. Nah, para marketer top biasanya membutuhkan waktu yang tidak sedikit hanya untuk reset sebuah kata kunci yang potensial.

Contoh, kita akan menembak sebuah kata kunci, “mobil murah terbaik“. Apakah kata kunci itu potensial? kita tidak tahu sebelum kita reset. Saya biasanya memakai Google Adwords Keywords tools untuk riset kata kunci.

Kita lihat di atas, bahwa kata kunci “mobil murah terbaik” memiliki tingkat persaingan yang rendah. Artinya, kesempatan kita mendapatkan posisi pertama sangat besar.

Selain itu, dengan google adwords keywords tools, kita juga bisa melihat ide-ide menulis dengan melihat kata kunci yang cukup populer. Sekarang, saya tidak akan membahas mengenai google adwords keywords tools secara detail.

Setelah kita mendapatkan kata kunci yang diinginkan, kita akan memaksimalkan SERP kata kunci tersebut dengan SEO on page dan SEO off page.

SEO on page vs SEO off page

SEO on page kita memaksimalkan kata kunci itu hanya terkait dengan halaman blog/website kita saja. Caranya, kamu harus memerhatikan hal-hal berikut:

Penulisan Keyword untuk Memaksimalkan SERP

  • Gunakan tanda bold/italic/underline
  • Usahakan memiliki judul yang mengandung keyword
  • Tag h2, h3, sebaiknya memiliki keyword
  • Masukan keyword pada paragraf pertama dan paragraf terakhir
  • Masukan keyword pada permalink

Selain poin di atas, terdapat juga memaksimalkan sitemap, meta, kecepatan loading halaman, dll. Di era panda dan pinguin seperti sekarang, sangat penting untuk memerhatikan kualitas tulisan kita juga.

Baca: memaksimalkan SERP dengan SEOPressor

SEO off page kita memaksimalkan faktor-faktor luar, terutama backlink. Semakin banyak backlink semakin baik dan kesempatan muncul di posisi teratas semakin besar.

Akan tetapi, perlu diperhatikan backlink seperti apa yang diperhitungkan oleh mesin pencari, terutama google. Backlink yang jelek bisa mengakibatkan poisi SERP turun.

Backlink yang berkualitas adalah backlink yang berasal dari web dengan niche sama atau web yang disukai google. Web yang disukai google seperti wikipedia, web dengan domain .edu, blog authority, dll.

Backlink yang tidak disukai google adalah backlink yang berasal dari situs dewasa, judi, dll.

Cek Posisi Web di Google

Setelah kita memaksimalkan SERP dengan cara di atas, selanjutnya kita cek posisi kata kunci yang kita pilih di google atau mesin pencari lain.

Apakah akan membuka halaman satu per satu?

Tentu tidak, ada beberapa website untuk cek posisi web di google, yaitu:

  • http://www.searchenginegenie.com/google-rank-checker.html
  • http://www.seoserp.com/web_tools/google_top_1000_serps_checker.asp

Apa Selanjutnya…

Tentunya, masih banyak cara yang digunakan master SEO untuk memaksimalkan SERP. Jika kamu memakai wordpress, mungkin ada ribuan plugin untuk memaksimalkan SERP.

Kedepan, saya akan menulis plugin SEO apa saja yang saya pakai untuk mendominasi SERP. Sejatinya, cara paling ampuh untuk memaksimalkan SERP adalah menulis dengan kualitas tinggi yang mudah dimengerti manusia.

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • juki February 15, 2015, 9:34 pm

    postingan yg bagus mas, jadi ngerti faktor apa aja yang bisa mempengaruhi keyword yang kita targetkan berada di halaman pertama google

    • Nadiar AS February 18, 2015, 1:06 pm

      Syukurlah bisa membantu, jangan lupa bagikan juga ke yang lain ya.

  • duduul February 15, 2015, 9:18 pm

    Iyya Mas cara memasang backlink di blog kita gimana yah? mohon diballesss hhe nuhun

  • Arrazi Ibrahim February 15, 2015, 8:43 pm

    Terimakasi banyak Mas infonya,
    Nambah ilmu,
    :)

  • kaji February 1, 2015, 2:36 pm

    oh jadi kita harus memahami seo jika ingin ada di halaman pertama.

    • Nadiar AS February 18, 2015, 2:18 pm

      Bukan mandatory, bisa juga keberuntungan. Cuman yang namanya beruntungkan peluangnya lebih sedikit.

  • hendri November 19, 2014, 11:39 pm

    Mantap infonya..saya mau bertanya, cara memasang backlink di blog kita gimana yah? mohon bantuannya

  • rewind July 22, 2014, 7:43 pm

    Permisi gan, saya semula ngeblog cuma hobby saja jadi kurang memperhatikan tentang memaksimalkan SERP. tapi setelah saya menemukan ada post saya yang masuk ke halaman pertama.. ( mungkin tidak sengaja ) Saya ingin membuat post saya yang lain yang sudah terbit bisa seperti itu masih bisakah? Apa post yang sudah terbit itu perlu di edit lagi? Trims

    • Nadiar AS July 24, 2014, 8:38 pm

      Saya selalu mengupdate tulisan saya yang sudah tidak relevan. Yang penting adalah seberapa relevan. Urusan masuk SERP itu sepenuhnya google yang menilai.

  • helmi May 19, 2014, 7:54 pm

    Mau tanya sob. Mencari backlink yang berkualitas contohnya di blog apa ?

    Terima kasih bila mau menjawab

  • marvic April 21, 2014, 4:01 pm

    Yang pasti jaman sekarang ini Google lebih peka dan lebih sering banget melakukan update, sehingga menuntut para blogger untuk lebih kerja keras lagi.

  • Daria Difa March 2, 2014, 4:51 pm

    Artikel-artikel anda sangat membantu sekali bagi para Blogger pemula saperti saya, terima kasih banyak atas informasi yang diberikan dan sangat membantu saya dalam mengembangkan web yang saya kelola. bisa tolong di cek apakah website saya sudah memenuhi standar SEO, Terima Kasih – difacomsolusindo.com

  • ardi December 30, 2013, 9:04 pm

    mau tanya bang boleh ga,kalo ga boleh pulang aja deh heeee..
    maksudnya backlink yang relevan itu gimana ? apa harus sama sama berbahasa indonesia ? blog saya kan memakai bahasa inggris.ya topiknya masih agak miriplah cuma bedanya blog saya bahasa inggris, trus saya komentar di blog anda ini dengan menyertakan alamat blog saya. kalo misalnya saya dapet backlink dari blog anda ini,menurut google relevan ga ?

    • Nadiar AS December 31, 2013, 7:56 am

      Meskipun gak relevan juga gak terlalu berpengaruh kalau yang dominan backink relevan. Contoh, blog tentang mobil, maka backlink yang nya sebisa mungkin dari blog mobil lagi atau otomotif.