≡ Menu

Rekomendasi Ngeblog!

Sebelum memulai ngeblog, pastinya kita menginginkan yang terbaik bukan?

Ibaratnya seorang anak masuk sekolah, pasti orang tua menginginkan sekolah yang terbaik untuk anaknya bukan? Mereka pasti menanyakan kepada sesama orang tua yang mensekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Jangan sampai terjadi penyesalan dikemudian hari baik dialami oleh anak ataupun orang tuanya.

Contoh di atas sangat mirip dengan blogging. Ketika kita memutuskan untuk blogging terdapat banyak pilihan yang tersedia. Jangan sampai kita mengambil pilihan yang salah! Bukan hanya penyesalan yang bisa kita dapatkan, tetapi juga kerugian.

Produk di bawah adalah produk yang sudah saya coba dan saya sangat puas dengan produk tersebut. Saya memiliki komitmen untuk memberikan produk terbaik.

Produk di bawah adalah sebagian kecil dari yang pernah saya coba. Produk yang jelek tentunya tidak saya sertakan di halaman rekomendasi Nbgeblog! ini.

Blogging Platform

Saya memakai WordPress self hosting. Sudah lebih dari tiga tahun saya memakai WordPress. Sebelumnya saya memakai Blogger.com, namun dengan segala keterbatasannya saya memutuskan untuk memindahkan semua blog saya ke WordPress.

WordPress

Untuk belajar membuat blog memakai WordPress, kamu bisa mengunjungi halaman: Dari Mana Saya Mulai?

WordPress tidak sekedar blogging platform. Sekarang WordPress sangat powerfull, kita bisa membuat situs apa saja dengan WordPress. Saya sendiri membangun berbagai macam web menggunakan wordpress, seperti web baca manga, portal informasi, dan blog ini. Kita juga bisa membuat toko online dengan WordPress.

WordPress adalah CMS open source, kita tidak perlu membayar lisensi untuk memakai WordPress. Saya pastikan, kamu akan merasa puas dengan CMS yang satu ini.

Penyedia Layanan Domain

Jika kamu belum tahu apa itu domain, baca: Apa itu domain dan hosting?

Banyak blogger yang mendaftarkan domain di GoDaddy, tetapi saya tidak. Setelah kasus hilangnya domain saya tanpa sebab dan mereka tidak memberikan solusi, saya memutuskan untuk tidak lagi memakai GoDaddy.

NameCheap Penyedia Layanan Domain

Hampir semua domain yang saya miliki disimpan di registrar NameCheap, harga domain di NameCheap terbilang rata-rata, berskisar antara 3 USD sampai 15 USD per tahun untuk domain TLD normal.

Untuk domain TLD .com .net dan .org misalnya, dengan kupon kita bisa mendapatkannya hanya 9.28 USD. Namun, harga itu menjadi sangat murah karena mereka memberikan DNS hosting dan proteksi whois secara cuma-cuma.

DNS Hosting misalnya, harga rata-rata adalah 15 USD per tahun dan proteksi whois bisa mencapai 30 USD per tahun.

Metode pembayaran yang diterima NameCheap adalah Visa, MasterCard, PayPal, dan Google CheckOut.

masterkey masterweb

Penyedia domain kedua favorit saya adalah MasterWeb, saya menyimpan tiga domain di masterweb. Selain domain, mereka juga menyediakan layanan hosting. Saya pernah beberapa kali menyimpan blog saya di hosting MasterWeb, namun dewasa ini hosting mereka sering terjadi masalah.

Harga domain TLD seperti .com .net. dan .org di MasterWeb cukup murah, hanya Rp 79.900,- per tahun. Sedangkan domainn web.id mereka menjualnya Rp 50.000,- per tahun.

Sayangnya mereka tidak memberikan DNS dan proteksi whois secara gratis seperti NameCeheap.

Metode pembayaran yang diterima Masterweb adalah BCA, Mandiri, dan Paypal.

Penyedia Layanan Hosting

Memilih hosting merupakan hal yang vital bagi seorang blogger. Mirip dengan pengibaratan yang saya contohkan sebelumnya.

Kesalahan memilih hosting bisa membuat blog kita sepi pengunjung. Kenapa? karena bisa jadi akses yang berat karena server hosting. Kesalahan-kesalahan teknis penyedia layanan hosting seperti kesalahan hardware atau umur server yang lama, bisa menyemabkan downtime yang lama atau downtime yang berkala.

Selain itu, pemilihan hosting yang tidak tepat akan berpengaruh pada SEO. Penyedia hosting sembarangan bisa saja tidak memiliki proteksi malware terhadap server mereka.

Saya memiliki tiga web hosting favorit saya. Kualitas hardware dan support mereka bisa diandalkan. Selain itu, hosting ini juga sangat cepat diakses dari berbagai penjuru dunia.

Arvixe Web Hosting

Apa yang membut saya begitu tertarik dengan Arvixe?

Mereka merupakan salah satu WordPress Hosting terbaik yang pernah ada. Selain itu, lokasi server mereka juga sangat cepat diakses dari Indonesia.

Yang paling saya suka dan tidak dimiliki hosting lainnya yang saya rekomendasikan, Arvixe memberikan CloudFlare railgun secara cuma-cuma! mereka juga menyediakan unlimited bandwidth dan unlimited space.

CloudFlare railgun memungkinkan visitor mengakses web kita secepat hosting lokal visitor. Gampangnya, CloudFlare railgun menyulap arvixe menjadi hosting lokal visitor. Contoh, katakanlah visitor kita berasal dari Indonesia, maka dengan CloudFlare railgun, visitor akan merasakan kecepatan hosting secepat hosting lokal dia, Indonesia.

Jika kita tidak mendaftar di Arvixe, harga CloudFlare railgun adalah 300 USD per bulan. Bagaimana, menarik bukan?

Harga yang ditawarkan Arvixe sangat bersaing. Saran saya ambil paket PersonalClass dahulu. Gunakan cupon:

arvixe20OFF429 : diskon 20% untuk pembelian pertama, kupon valid sampai 1 Nov 2013.

HawkHost Shared Hosting

Saya memiliki dua shared Hosting Hawkhost, basic dan advanced. Keduanya saya dapatkan saat masih promo.

Selama saya memakai Hawkhost memang benar saya mendapatkan beberapa masalah, tetapi tim support mereka membantu saya sampai masalah saya terselesaikan.

Saya menyukai Hawkhost karena harganya yang murah, bisa sampai $19.74 USD untuk satu tahun, tetapi fitur yang diberikan maksimal.

Baca: Review HawkHost: Shared Hosting Murah dan Tangguh

Hawkhost sangat cocok bagi blogger yang masih belajar, terutama memakai WordPress. Mereka juga memiliki tim support yang bisa kita hubungi untuk menyelesaikan masalah-masalan tentang WordPress.