≡ Menu
Pabelog

Perihal Ngeblog!

Nadiar AS

Foto di samping adalah saya sendiri, foto itu saya ambil ketika bermain ke acara cosplay.

Hallo!

Perkenalkan nama saya Nadiar AS, terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca halaman ini.

Awalnya, saya sama sekali tidak tahu apa itu blogging. Ketika SMP saya selalu memimpikan bisa membuat website pribadi, tetapi saya tidak tahu harus dari mana memulainya. Sampai pada suatu kesempatan saya menemukan buku “cara membuat blog dengan blogger“. Sama seperti blogger Indonesia kebanyakan, saya akhirnya memulai blogging dengan Blogger.com.

Saya tidak tahu selanjutnya harus berbuat apa, yang saya tahu hanya menulis konten, itu juga konten gado-gado. Sampai sudah tiga bulan lebih saya blogging, tetapi tetap saja masih sepi. Saya tidak tahu apa itu SEO dan semacamnya, trafik yang saya dapatkan saat itu tidak lebih dari 20 orang per hari.

Jika kamau ingin menanyakan sesuatu tentang blogging atau sekedar kontak, kamu bisa menghubungi saya di //arsip.pabelog.com/kontak/ atau langsung melalui email saya: surel saya

Blog, Traffik, dan Uang

How to Blogging.

Jalan tol dalam kota, Jakarta. Jakarta terkenal dengan jalanan yang macet, tetapi tahukah kamu? ketika kita bahagia Jakarta yang macet terlihat lebih kosong.

Lalu apa yang memotivasi saya untuk tetap blogging?

Perlu saya akui bahwa iming-iming passive income memang memberikan motivasi besar buat saya. Penghasilan pertama dulu dari paid review, saat itu padi review sedang ramai-ramainya.

Dari pembayaran paid review tersebut saya justru semakin bersemangat untuk blogging. Sejak mengalami pengalaman tersebut, saya mulai belajar untuk lepas dari blogger.com. Jujur saja, blogspot membatasi saya untuk blogging. Setelah mengenal WordPress saya bisa merasakan segalanya, pahit dan manis.

WordPress mengantarkan saya untuk belajar bagaimana mengelola blog dan hosting, mengelola domain, dan mengelola berbagai pengeluaran saya. Maklum, ketika saya memakai blogger.com selain banyak keterbatasan saya juga dibebaskan dengan tidak harus memikirkan biaya sewa hosting dan domain.

Karena memakai WordPress justru saya semakin mandiri. Selain motivasi passiv income, saya juga dimotivasi oleh pertanyaan:

Bagaimana caranya agar saya bisa membayar sewa hosting dan domain tanpa memakai uang peribadi saya?

Perlahan tapi pasti saya mulai belajar SEO, PPC/Adsense, dan conversasi blog. Sampai akhirnya, sekarang saya bisa mendapatkan passive income yang saya impikan. Meski tidak besar, tetapi saya sangat mensyukurinya.

Jika Boleh Kembali, Apa yang Akan Saya Lakukan?

Hawkhost Hosting.

Maskot webhosting Hawkhost. Bahkan mereka tidak memberikan dia nama.

Bukan berarti saya tidak memiliki penyesalan, jika boleh kembali saya akan belajar beberapa hal berikut lebih awal:

1. Belajar HTML, CSS, PHP, dan MySQL
2. Belajar SEO
3. Belajar Content Marketing
4. etc…

Selain itu saya juga menyesali kenapa saya memakai Hostgator sebagai webhosting pertama saya. Jujur saja, Hostgator tidak cocok untuk blogger baru. Bagi saya yang saat itu masih belahar, itu tidak efektif. Saya tidak memerlukan kapasitas dan bandwidth yang besar.

Untuk blogger baru saya rasa cukup domain TLD + Hosting 19,74 USD/tahun Hawkhost. Setelah satu tahun memakai HawkHost dan trafik mulai banyak, baru HostGator akan terasa lebih murah.

Hal lain yang menjadi penyesalan saya, membeli beberapa ebook SEO yang tidak perlu. Padahal ebook tersebut hanya memutar-mutar teknik yang sudah umum ada.

Kenapa Saya Membuat Blog ini?

Sebelum menjadi ngeblog.co, domain blog ini adalah blogdiar.net dan blogdiar.biz. Alasan saya berganti domain adalah memisahkan konten yang terlalu gado-gado. Ketika domain ini masih blogdiar.net dan blogdiar.biz, konten blog ini meliputi konten teknologi, gadget, blogging, dan edukasi.

Pada akhirnya beberapa konten tersebut saya pecah ke beberapa domain:

  1. Ngeblog.co: blogging, wordpress, adsense, bisnis afiliasi, konten marketing
  2. Mediaedukasi.com: edukasi, motivasi, beasiswa, download entitas kepentingan sekolah
  3. Texnologi.com: Berita ICT, teknologi informasi, gadget, perkembangan internet

Alasan lain saya membangun blog ini adalah ingin megajak blogger lain untuk mandiri. Mandiri dalam artian bisa blogging sambil menghasilkan uang setidaknya untuk membayar sewa domain dan hosting. Saya tahu hal itu, karena saya merasakan sendiri.

Selain itu, blog ini akan menjadi tempat pendokumentasian tulisan dan tutorial yang saya buat. Banyak hal tentang blogging yang saya pelajari, tetapi jika hal itu tidak saya dokumentasikan, besar kemungkinan saya akan lupa dan tidak bisa mempelajarinya lagi.

Nantinya, semua dokumentasi yang saya tulis akan tersusun rapi di halaman: Dari mana saya mulai?

Subscribe Sekarang Juga! Gratis!

Jangan lupa untuk subscribe Ngeblog.co!
Secara berkala, naninya saya akan memberitahukan update blog ini dan tips trik mengenai blogging ke email kamu.

Jangan khawatir, Ngeblog! menjamin 100% privasi kamu.