≡ Menu
Pabelog

Pengalaman Saya Daftar Adsense Diterima (FAQ)

in Adsense

Tulisan ini sekaligus sebagai jawaban atas beberapa komentar dan email yang masuk ke saya.

Kenapa daftar adsense sekarang sulit?

Mungkin untuk konten lokal (blog bahasa Indonesia) mendaftar adsense bisa dibilang sulit bahkan sangat sulit. Ada banyak alasannya, yang pertama adalah mental orang Indonesia yang terburu-buru.

Percaya atau tidak, daftar google adsense tidak semudah daftar adsensecamp atau kumpulblogger. Kita tidak bisa mendaftarkan blog yang masih hijau dengan konten seadanya. Blog kita harus benar-benar berkualitas dimata google.

Seperti apa blog yang berkualitas?

Blog yang berkualitas adalah blog yang memmiliki tulisan-tulisan unik, informatif, dan bermanfaat. Unik di sini artinya tulisan kita berbeda dengan yang lain. Kebanyakan blogger tidak sadar kalau tulisan mereka tidak unik.

Mereka memberitahukan tips atau cara-cara yang sudah umum ditulis atau dibicarakan orang lain. Contoh seperti tulisan “Cara membuat telur dadar“, saya yakin step-by-step-nya hampir sama dengan tulisan blogger yang lain. Dengan begitu visitor akan merasa jenuh,

“ah kalau cara seperti ini sudah sering baca”

Nah, google menilai hal seperti ini. Untuk konten lokal mungkin tidak terlalu terlihat, tetapi untuk bahasa Inggris hal ini sangat berpengaruh.

Tulisan yang bermanfaat adalah tulisan dimana visitor banyak yang menyukainya. Ditandai dengan banyaknya orang yang meng-share ke social account mereka, seperti facebook, G+, atau twitter. Bahkan di era Panda dan Pinguin sekarang, yang paling berpengaruh menurut saya adalah sinyal dari akun sosial media.

Saya Sudah Dua Kali di Terima Adsense

Kok bisa? bisa, dan saya ditolak lebih dari 10x. Ceritanya dulu ketika saya masih duduk di SMA. Sekedar penasaran saya mendaftar adsense lewat akun blogger saya. Apa langsung di terima?

Tidak,

setidaknya saya daftar 7 kali hingga akun adsense saya diterima. Saya sadar kalau dulu bahasa Inggris saya jauh dari sempurna, grammer dan tulisan saya sangat tidak terstruktur. Berjalan dengan waktu saya terus memperbaiki kesalahan saya, hingga ketika daftar yang ke-7 kalinya saya di approve.

Namun ketika itu adsense belum men-support pembayaran Westrn Union. Saya dibayar lewat check, saya payout sekali. Namun sampai sekarang check itu tidak sampai.

Itu cerita adsense saya yang pertama.

Yang kedua adalah ketika saya sudah berumr 18 tahun. Maklum saya ingin memiliki adsense atas nama saya sendiri, alasannya adsense yang pertama saya tulis atas nama orang tua saya.

Berbekal dari pengalaman dulu, saya mendaftar adsense lagi. Tetapi sulitnya bukan main. Saya sudah memperbaiki semua kesalahan blog saya, tetapi tetap tidak di approve. Keputusan akhirnya, email saya tidak bisa lagi di daftarkan adsense.

Sedih sih, tapi mau bagaimana lagi.

Kenapa akhirnya bisa diterima adsense?

Yah, saya tahu dari teman kalau daftar adsense tidak harus punya blog. Saat itu saya daftar lewat docstoc. Apa langsung di terima?

Tidak,

Tetapi, saya terus mencoba dengan email yang berbeda. Hingga sampai yang ke-4 kalinya saya upload tugas paper saya. Untuk akun yang ini, saya sempat khawatir karena email konformasi dari adsense sangat lama. Hingga pada hari ke 31 saya dapat email kalau adsense saya diterima.

Di email tersebut docstoc menyatakan, kalau saya bisa login ke adsense dengan email yang sama ketika saya daftar adsense.

Artikel apa yang saya submit ke docstoc?

Saat itu saya mengirimkan 5 dokumen tugas saya, semuanya benar-benar original tulisan saya. Bahasa yang saya gunakan tentunya bahasa Inggris.

Apa adsense yang didaftarkan lewat docstoc bisa dipakai di blog?

Bisa, saya memasang adsense ini hampir di semua blog saya. Dan umurnya sampai sekarang masih hidup. Berapa tahun? sudah lebih dari satu tahun.

Msalah Ketika Mendaftarkan Adsense

Saya sadari ketika dulu saya pertama masih meraba-raba seperti apa itu blogging. Semangat saya masih menggebu-gebu untuk daftar adsense. Bahkan segala hal saya coba. Ketika saya kenal adsense saya ingin langsung mencobanya, tanpa tahu ini itu.

Permasalahannya, blog saya masih baru. Jauh dari kesan bagus. Visitor saya saat itu bisa dibilang hanya saya sendiri. Tetapi saya tetap keras kepala mendaftarkan blog saya itu. Hasilnya tentu sudah bisa ditebak.

Itulah permasalahan bagi blogger baru. Sekarang jika saya kemabali ke saat itu, yang saya akan fokuskan adalah kualitas konten, kualitas menulis, traffik, dan tentunya faktor-faktor lain yang disukai google.

Kenyataannya, sulit untuk konsentrasi seperti itu. Masih ada saha yang tetap mendaftar adsense tetapi blognya masih baru.

Solusinya sudah jelas, meskipun sulit, tetapi memang begininilah caranya:

  • Jangan bikin blog gado-gado, fokus pada satu topik/niche
  • Pilih topik yang sedang trending
  • Menulislah dengan unik
  • Buat halaman khusus untuk Privacy Policy dan TOS
  • Optimalkan SEO, baik itu on page atau off page
  • Bangun trafik
  • Lakukan hal ini terus menerus hingga blog kamu sudah memiliki alexa rank yang kecil

Dengan cara itu rasanya sulit bagi adsense untuk menolak blog yang benar berkualitas.

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • radenmasto March 29, 2015, 4:28 pm

    Blog saya udah di terima…. tapi belum full aprove… baru tahap pertama… biasanya review tahap kedua berapa lama ya?

  • hendi surahman March 29, 2015, 9:46 am

    waw…ternyata panjang juga perjuangannya gan..alhamdulillah blog saya baru daftar langsung diterima padahal blognya gado-gado isi artikel hanya 20,tetapi yang punya sodara sudah 15 kali ditolak padahal artikel nyampai 200 an

  • Klik Tutorials March 8, 2015, 6:51 pm

    baru belajar bikin blog mas. kalo adsense saya daftar pake youtube sehari upload dan langsung daftar di terima. permasalahannya sekarang aku daftarin blognya ke adsense itu belum nongol juga iklanya

  • Lelin March 6, 2015, 6:19 pm

    Salam kenal .. ^_^ wah ternyata pengalamannya menarik mas nadiar.. semakin membuat saya semangat untuk mencoba lagi daftar adsense.,
    saya baru diblogger, dulu waktu smp saya pernah mencoba membuat blog dan mulai menulis, tapi stelah lama ga buka saya lupa alamat emailnya. dan akhirnya saya vakum lama ga nge-blog lagi, baru-baru ini saya suka menulis lagi saya putuskan untuk mulai mencoba nge-blog lagi, tapi ternyata hal serupa terjadi lagi saya lupa akun saya sendiri yang mana, terlalu banyak akun, saya coba-coba ga ada yang bisa masuk. akhirnya saya bikin baru lagi dan mulai nge-blog lagi kira-kira sudah 2 mingguan karna masih antar galau-galau mau tentang apa blog saya , saya baru menulis 9 artikel , karna saya penasaran dengan google adsense saya mencoba daftar padahal saya tau saya masih jauh dari kriteria, setelah saya daftar paginya langsung ada respon “The account associated with publisher ID ……………………….. has been disapproved” . saya mencoba perbaiki sedikit demi sedikit blog saya, dan ga terburu-buru lagi.
    Saya tertarik dengan artikek mas nadiar ,dan saya jadi ingin mendaftar lagi untuk selanjutnya. namun saya masih janggal nama google saya bukan nama saya tapi saya menggunakan nama pena. Apa itu mempengaruhi? Setelah saya baca-baca artikel mas, dan orang-orang sepertinya itu memang mempengaruhi. saya ingin ganti nama tapi ternyata sulit . apa saya harus buat akun baru lagi dan blog baru ? mohon pencerahannya >_<

    • Nadiar AS April 7, 2015, 4:39 pm

      Memang sulit, saya kurang tahu apa ini mungkin atau tidak, coba cari kontak bantuan AdSense, bicarakan masalah yang terjadi. Biasanya jika support google, tidak sampai tiga hari akan mendapat balasan.

  • nafilata March 3, 2015, 4:52 pm

    saya sudah 3 kali ditolak :”D
    Dibilang kalo blog saya kurang banyak isinya :”

  • Ranap Sianturi February 21, 2015, 12:32 pm

    Intinya memang kudu kerja keras membuat konten yang benar – benar all out, tidak setengah – setengah.

    Harus benar – benar orisinil, ide sendiri, dan punya manfaat bagi siapapun yang membacanya.

    Sehingga mau daftar adsense kek, mau daftar iklan di atas adsense sekalipun pasti diterima, gak ada alasan dari publisher adsense untuk tidak melamar blog ente.

    Betewe, thanks sudah berbagi kang, semoga pendapatan adsense nya semakin berlimpah.

  • Kiki kartika January 11, 2015, 6:29 pm

    gan saya baru buat blog tentang kuliner sehari-hari saya aja, itu kira2 klo saya ikut google adsense, kira2 google mau ga ya naruh iklan di blog saya? hehehe :D, oh iya artkelnya sangat bermanfaat, terimakasih :D

  • dedi January 5, 2015, 2:44 pm

    postingan bagus gan sangat bermanfaat dan juga bikin semangat hehehehee… thanks infone
    jangan lupa mampir di website ane tapi masih belom ada adsensenya hahaa….

  • Rahmad December 18, 2014, 9:58 pm

    Ceritanya bikin semangat gan,, saya baru mau daftar tahun depan gan kalau saya udah umur 18 tahun.. Salut dah, sama perjuangan agan.

  • sikonyols October 9, 2014, 7:14 pm

    Apakah jika email pertama gagal, kita tidak bisa menggunakan email itu kembali untuk daftar google adsense?

    • Nadiar AS October 10, 2014, 2:17 pm

      Tidak seperti itu, selama kita mengikuti aturan/anjuran dari email balasan, kita bisa mengirim lagi dengan email yang sama.

  • mykaylila September 29, 2014, 9:55 pm

    terima kasih mas, materi yg sangat bermanfaat. sukses selalu buat pabelog

  • budi September 11, 2014, 8:44 pm

    pada intinya kalo daftar lewat blogger tidak bisa, bisa kita siasati dengan mendaftarkan lewat media lain. docstoc ya gan. terimakasih gan atas informasinya. salam kenal

  • kaptenkids August 28, 2014, 3:27 pm

    Sore gan umur blog saya 7 hari dan sudah ada 15 artikel saya posting. saat ini saya coba daft adsense lewat dashbord blog tapi tombol adsense masih disabled. nah saya mau cara begini gan sebelum blog saya kaitkan adsense saya coba naikan traffic visitor lewat PTC bayarlah dengan 5000 pengunjung target 10 hari jadi 1 harinya 500 visitor, kan kalau sudah daftar adsense tidak boleh iklan blognya lewat PTC. kira2 cara saya ini untuk melihat tombol adsense menjadi enabled butuh berapa lama gan dengan menaikan traffic rank. untuk masalah keterima atau kaga urusan kebelakangan yang terpenting tombol adsense aktifnya kapan ?.

  • Faqih nuzli July 10, 2014, 11:35 am

    Terimakasih Kak, infonya sangat bermanfaat. Kalo daftar adsense apa umur blog minimal 6 blan? terus kalo suatu blog ganti url apa artinya blog itu seperti baru lagi (belum berumur) ? misalkan ganti judul blog, efeknya apa aja kak ? berefek broken link engga? :D

    • Nadiar AS July 16, 2014, 2:04 am

      Coba googling tentang redirect 301 atau ‘move to new domain’ nanti kamu menemukan solusinya. Dengan cara yang benar, tidak akan terjadi broken link. Ganti judul tidak berefek apa-apa, kecuali SEO.

  • Warin Ahmad July 7, 2014, 10:02 am

    Semoga ilmu baru ini bermanfaat, saya udah daftar berkali” dan ditolak -__-

  • renita February 5, 2014, 12:54 pm

    Mas kalo misalnya fokus ke nulis lirik lagu kira” diterima di adsense gk ya??

  • Dikky Permana February 4, 2014, 12:52 am

    Terimakasih atas pencerahan nya.
    memang yang perlu di perhatikan adalah kesabaran.

  • dodi hartadi December 1, 2013, 10:10 pm

    mas ada tutorialnya ga, soalnya saya masih bingung cara ngambil iklannya. udah direviu ga mas blog saya ini alamat blog sya ubuntu-gnome.blogspot.com

    • Nadiar AS December 2, 2013, 11:34 am

      belum ada mas, coba eksplorasi aja dulu. Gampang kok.

  • dodi hartadi December 1, 2013, 9:31 pm

    ma’af ya mas, saya mau tanya 2 hari yang lalu saya daftar adsense, tapi di email ga ada pemberitahuan apa-apa, terus saya penasaran lagi iseng langsung masuk ke adsense, tiba-tiba saya bisa masuk dan suruh pilih unit iklan kalu pendapat mas gimana……….?

    itu yang pertama yang keduanya apa yang saya harus saya lakukan terus terang saya masih bingung dan belum mengambil iklannya karena masih bingung,

    blognya ajah baru 2-3 mingguan dibuat, tolong minta direviu dulu blognya sama mas gemana bagusnya,terimakasih.

    • Nadiar AS December 1, 2013, 9:48 pm

      Hi Dodi,

      Itu normal kok, pasang aja dulu. Nanti ketika adsense akan kasih tau pemberitahuan kalau akun kita diterima/ditolak. Jika ditolak, ketika kamu login lagi nanti akan ada konfirmasi kalau akun tidak aktif.

      Thanks

  • irosikh November 21, 2013, 8:47 pm

    terima kasih mas,,,artikelnya sangat memotivasi saya,,,,

    semoga akun saya bisa diterima di GA. Amiin…

  • prahman November 16, 2013, 10:52 pm

    luar biasa artikelnya boss
    bner lain-dari yg lain…. aku jadi semangat lagi ngeblog

  • aisah susi November 10, 2013, 1:05 pm

    Mas, sy sdh 2x dftr adsense, msh ditolak, sy diberi kiat berikut, tolong dijelaskn ya

    Berikut beberapa saran untuk membantu Anda meningkatkan pengalaman pengguna  di situs Anda dan memenuhi kriteria AdSense:-
    Situs yang menayangkan iklan Google harus menawarkan nilai yang  signifikan bagi pengguna. Sebagai penayang, Anda harus memberikan konten  unik dan relevan yang memberikan kepada pengguna alasan untuk mengutamakan  kunjungan ke situs Anda.-
    Jangan letakkan iklan di laman yang dibuat secara otomatis dengan sedikit  atau tanpa konten asli.-
    Situs Anda juga harus menyediakan pengalaman pengguna yang baik melalui  navigasi dan pengaturan yang jelas. Pengguna harus dapat dengan mudah  mengeklik seluruh laman Anda dan menemukan informasi yang dicari.

    Tolong jg direview blog sy ya mas, terimakasih bnyak

  • Alex October 21, 2013, 7:48 pm

    makasih mas , mw coba daftar ke adsense tapi masih takut soalnya blum banyak posting

  • cecep SPD September 24, 2013, 10:00 pm

    Ingin rasa nya ngerasain dapat duit dari addsense,tapi gak tau cara nya..punya blog tapi ga sebagus yang orang punya,masih standard smua nya,coz msh gaptek dalam merobah template dan tambah2 aksesoris lain..padahal bikin blog udah lumayan lama,,Tolong di bantu mas.1..”Apa yang harus di benahi di blog saya”
    2.”Apakah alamat profil saya harus di dsi alamat lengkap dan di edit ulang ,?
    3 truss google kan ngirim dollar pake west union,,apakah saat kita waktu daftar ke addsense si google meminta alamat lengkap atau rekening kita gitu?…
    mohon penjelasan nya Klo bisa di email juga ke saya,,makasih maaf banyak nanya..

  • duwitmu September 10, 2013, 11:58 am

    Apakah menarik pengunjung dgn paid-traffic melalui facebook ads membuat blog ditolak adsense?

    • Nadiar AS September 14, 2013, 1:41 pm

      Tidak kok, dari mana sumber trafik google sama sekali tidak peduli itu.

      Maaf ya baru bales sekarang, kemarin-kemarin saya lagi sakit db.

  • rabkane August 24, 2013, 9:41 am

    mau nanya nie, untuk daftar ke google adsense lebih bagus dalam bentuk blog berbayar sperti ( .com) atau blog gratis ( .blogspot) ??

    thankyou

    • Nadiar AS August 24, 2013, 10:02 am

      Jauh lebih bagus memakai domain TLD, seperti .com. Saya pernah baca entah di blog yang mana. Persentase diterimanya adsense domain .com vs domain lainnya. Ternyata .com lebih banyak.

  • Afiev June 25, 2013, 8:19 am

    Mas kalau nilainya 70 itu kira2 sdh layak untuk jd publisher adsense kah? Walau mmg sy msh prlu untuk ningkatin trafik pastinya krn blog baru. Lalu caranya ngasih H1, H2 itu dmn ya mas? Di entri pos atau di edit template html. Maaf mas tanya terus. Makasih mas respon kilat sebelumnya :D

    • Nadiar AS June 25, 2013, 12:53 pm

      Sebelum daftar, coba perbaiki dulu tag h1 dan h2 nya dulu, itu penting loh. template yang baik biasanya sudah di setting sedemikian rupa untuk h1 dan h2 nya. Kalau untuk blogspot di edit html, untuk percisnya bagaimana, saya kurang tahu. :)

      Senang bisa membantu. :)

  • Afiev June 24, 2013, 10:59 pm

    mas, reviewnya dong ke http://www.afiev.com (menurut saya) postingannya udah lumayan banyak sih tapi ngga tahu apa ini berkualitas yg dimaksud google apa bukan. udah lebih dari 5 kali saya coba daftar adsense dari dashboard, dan 2 kali dari docstoc tapi belum berhasil juga diterima. katanya sih tidak sesuai dengan kebijakan google. kira2 apanya ya mas? mohon bantuannya ya :)

    • Nadiar AS June 25, 2013, 3:51 am

      Jika diberikan maksimal nilao 100, saya kasih 70. Saya belum baca tulisannya, jadi belum bisa menilai. Untuk hompage tag h1 nya sebaiknya diisi dengan nama blog, h2 diisi dengan judul artikel. Untuk halaman artikel, title sebaiknya pakai tag h1. Jangan lupa kasih nama title dan alt tag pada setiap gambar. Usahakan setiap artikel minimal memiliki 400 karakter.

  • kickymaulana May 29, 2013, 10:44 am

    mas saya mau tanyak, sampai berapa kali email yang kita daftarkan ke adsense tidak bisa diterima lagi? maksudnya email itu di banned adsense? bales ya mas. jangan lupa ke blog saya ya mas biar saya tau kalau pertanyaan saya yang ini sudah di bales.

    • Nadiar AS May 29, 2013, 3:30 pm

      hi kiki. Setahu saya, sampai nanti ada balasan email dari adsense kalau email kita tidak bisa didaftarkan lagi. Atau ketika kita mendaftar ada tulisan, acount not activate. Saran saya, sebaiknya pakai email baru saja.

  • Chukin May 16, 2013, 2:40 pm

    makasih mas udah share pengalaman…ini saya juga sedang mendaftar lagi yang ke 3x, semoga saja yang ke 3 ini diterima…

    alasan pertama dan yg kedua sama yaitu masalah konter hehehe :)

    • Nadiar AS May 17, 2013, 3:55 pm

      saya senang bisa membantu :)

  • Rifki Taufik April 1, 2013, 5:56 am

    wah, pengalaman memang guru yang paling baik, sampai sekarang saya blum di Approve. Mungkin blog saya kurang dari SEO’a dan traffic. Padahal posting sudah bnyak.

    • Nadiar AS April 2, 2013, 10:22 pm

      hi, Rifki Taufik.

      Untuk diterima adsense, trafik tidak terlalu menjadi prioritas. Yang paling utama adalah keunikan blog kita di mata google.

  • herbal budidaya pertanian November 2, 2012, 12:01 am

    Mau nanya lagi mas,saya ngeblog untuk PPC sih barusan coba untuk terjun.Untuk adsense pernah daftar 4 kali ditolak semua.Alasan ditolak adalah kontent berhakcipta.
    Hingga saya putus asa baru mulai membuat kontent pertanian/herbal

    Pertanyaan saya apakah akan dikategorikan melanggar hak cipta jika topik bahasan blog saya menyangkut tentang merek merek dagang misalnya gadget (android,samsung etec),windows dan komputer?,,,,

    Trims,ditunggu jawabannya…..

    • Nadiar AS November 2, 2012, 3:25 pm

      maksudnya review produk tersebut atau apa?

      biasanya hak cipta itu menyangkut software2 bajakan yg di-sharing. Atau bisa jadi kontennya yang copas

      • herbal budidaya pertanian November 2, 2012, 6:53 pm

        Sudah diterima mas blog saya yang sebelumnya ditolak sampai 4 kali,memang benar setelah saya merombak dan menghapus seluruh konten review gadget seminggu yang lalu.

        Saya daftar lagi kemarin dan Tadi siang sudah diaprove,,,

        Kesimpulan saya karena kontent review gadget itulah penyebab ditolaknya blog saya.
        Review gadget mas (samsung,sony dsb).Tapi mas kayaknya mengulas gadget juga ,kok nggak apa apa ya?….atau memang diperbolehkan sih mas?…

        Inilah yang membuat saya bingung 7 keliling

        Copas?,,,,nggak dong mas,,saya cukup tahu aturan itu….Kalau rewrite sih yes,,he he he….tapi masalah kata kata sih sudah orisinil bangeeet.

        Thanksyou ya!!…

  • Photographer Bali November 1, 2012, 10:49 am

    Saya mau tanya, kalau misalnya blog saya hanya menyediakan image” vector untuk di download otomatis konten yang masuk sangat sedikit sekali, mohon penjelasannya gan. Salam.

    • Nadiar AS November 1, 2012, 3:59 pm

      seharusnya sih tidak masalah, saya sering melihat web sejenis itu.

  • setsuna October 10, 2012, 11:01 pm

    Wah, semua ceritanya dari mas2nya menarik.

    Mau nanya nih, kira-kira kalau blog yang berbahasa indonesia, kemudian kontennya gado-gado dan domainnya masih nebeng .blogspot kira-kira ada peluang keterima di google adsense gak ya? Sama minimal jumlah trafficnya berapa?

    Mohon pencerahannya, dan ditunggu responnya :)

    • Nadiar AS October 12, 2012, 2:47 pm

      Senang bisa bantu,

      Kalau saya baca TOS google, tidak ada batasan trafik kok. Cuman google menyinggung High Quality Content, yang kalo saya terjemahin artinya High Quality Content bisa berarti trafik nya lumayan untuk menarik minat advertiser.

      Pastinya saya tidak tahu, untuk blog saya sendiri rata2 1000 UV.

  • Alfiandar September 16, 2012, 8:46 pm

    pengalaman yang dapat menjadi motivasi buat semua orang terutama saya sendiri. berarti intinya kembali ke masa “SD” . belajar menulis tanpa sarjana copy/paste. siip gan. sukse terus .

  • Leo Ari Wibowo September 12, 2012, 5:26 pm

    Halo mas Nadiar AS.

    Kebetulan waktu Adsense terbuka buat blog bahasa Indonesia saya langsung daftar dan langsung diterima (walaupun sebelum diterima saya sempat protes ke Google karena proses verifikasi yang lama).

    Dan sekarang ini sedang mencoba daftar ke jaringan yoggrt.

    • Nadiar AS September 12, 2012, 5:34 pm

      Wah menarik, bisa diceritakan gak gimana prosesnya? blog kamu umurnya sudah berapa tahun? berapa lama kamu menunggu sampai akhirnya di approve? Trus apa blog blog yang kamu daftarkan gado-gado atau fokus pada satu niche??

      Dengan begitu nanti bisa membantu blogger lain yang belum di terima.

      • Leo Ari Wibowo September 12, 2012, 7:29 pm

        Umur blog berapa tahun? :D
        Kalau gak salah Adsense menerima blog/situs berbahasa Indonesia itu bulan Februari 2012. Dan kabarnya untuk bisa lolos Adsense, situs/blog umurnya minimal 1 tahun ya… tapi blog saya waktu itu umurnya baru 6 bulan (sudah PR3). Jadi modal nekat waktu daftar hehe.

        Kalau waktu tunggu, normalnya 3 hari. Paling lambat 7 hari. Tapi saya waktu itu menunggu 2 minggu, belum dapat jawaban disetujui atau tidak (nggantung). Akhirnya saya kirim email ke Google, minta kejelasan. Selang 2 hari kemudian baru dapat kabar kalau blog saya disetujui. Gak rugi kirim email ke sana (dengan bahasa Inggris seadanya).

        Terakhir, blog saya niche desain masbro. Tapi kalau mau gado-gado gak masalah kelihatannya. Asal isinya gak melanggar hukum.

        • khansa ghea fitria July 13, 2014, 11:36 am

          mohon maaf, saya mau bertanya,.
          untuk mengirim email ke google untuk menanyakan status kita diterima atau engga itu alamat email googlenya apa ya?
          soalnya aku udah nunggu 2minggu lebih belum ada jawaban..
          terimakasih infonya ;)

  • Faisal Rachmadin September 12, 2012, 1:33 am

    Dari pengalaman saya pribadi, saya 2 kali daftar adsense untuk blog saya mas, dan Alhamdulillah kedua kalinya langsung diterima. Tapi dengan catatan waktu itu saya bangun dulu traffic blog saya. Saya ingat saya daftar adsense ketika alexa rank blog saya sudah mencapai angka 400 ribuan. Saya pribadi waktu itu belum berani mas monetasi blog saya tapi isinya masih ecek ewer. Maka dari itu saya perbaiki dulu traffic blog saya. Saya perbaiki juga kualitas blog saya, baik itu dari sisi teknis blog (semantik blog) maupun dari sisi SEO on page dan off page. Yang saya pelajari dari pengalaman saya itu adalah bangun traffic dulu baru monetasi.

    Oya, salam kenal mas :)

    • Nadiar AS September 12, 2012, 10:43 am

      Wah, terimakasih yah udah mau cerita.

      Memang seperti itu adsense menerima publisher, apalagi publisher Indonesia.

      Kalau boleh tau yang didaftarin blog bahasa Indonesia apa inggris??

      • Faisal Rachmadin September 12, 2012, 5:22 pm

        Sepertinya lebih ketat ya mas kualifikasi untuk blog yang selain bahasa Inggris? Waktu itu saya daftarin blog bahasa Indonesia mas.

        Sorry tadi salah reply mas :)