KlikSaya.com

Pembayaran Pertama KlikSaya, PPC Lokal Alternatif AdSense

Rasanya sudah lama saya tidak update blog ini, sejak tahun kemarin, 2014. Tahun ini belum menulis sama sekali. Bukan karena saya lupa, tetapi memang karena semester kemarin saya benar-benar memiliki banyak tugas kuliah.

Oke, sesuai janji saya, tahun ini saya sudah memasang CommentLuv dan memberikan link doFollow untuk setiap komentar yang bukan spam. Hal-hal lainnya akan saya lakukan sambil berjalan.

Tahun kemarin, salah satu tulisan saya yang menjadi hits adalah tentang cara mendaftar AdSense. Sepertinya memang masih banyak yang belum bisa diterima AdSense ya.

Padahal, selain AdSense masih banyak PPC lain yang menurut saya memiliki performa lebih baik untuk blog Indonesia dengan konten yang khas lokal. Saya seniri membuktikan ini.

Salah satu blog yang sedang saya kelola saat ini adalah blog dengan niche ‘wanita’. Trafik yang ada sudah cukup untuk dipasang iklan PPC.

Trafik Oktober 2014 - Desember 2014

Trafik Oktober 2014 – Desember 2014

Pertama sangat jelas, saya langsung memanen trafik tersebut dengan AdSense, saya sangat berharap bahwa setidaknya saya bisa mendapatkan 30 USD per bulan dari AdSense. Tetapi apa yang saya dapatkan? Saya hanya mendapatkan kurang dari 10 USD per bulannya.

Trafik November 2014 - Januari 2015

Trafik November 2014 – Januari 2015

Saya yakin ini ada hal yang tidak beres. Selanjutnya saya mencopot AdSense dan membiarkan trafik terus tumbuh. Sampai saya mendapatkan 3000 pv per hari saya memasangnya kembali. Memang sedikit lebih baik, tetapi masih jauh dari ekpektasi saya.

Mencoba KlikSaya

Tidak puas dengan kinerja AdSense, setelah itu saya mencoba KlikSaya. Kesan pertama dengan KlikSaya, saya merasa aneh. Memang, karena saya terbiasa dengan iklan AdSense.

Ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa memunculkan iklan KlikSaya, yaitu blog yang didaftarkan sudah harus memiliki pv 10000 per bulan. Untungnya saat itu pv blog yang saya daftarkan sudah memiliki pv 40000 per bulan.

Sayarat minimal Pembayarannya pun ringan, hanya Rp 60.000,- dan dibayarkan setiap bulan.

Contoh Iklan KlikSaya

Contoh Iklan KlikSaya

Satu hal yang saya kurang suka dari KlikSaya adalah iklan dewasa dan HYPE-nya. Saya kira iklan berjenis ini sudah tidak ada, tetapi ternyata masih banyak.

Oke, begitu saya memasang KlikSaya tidak butuh waktu lama ternyata iklan KlikSaya muncul. Saya mendapatkan klik pertama dengan harga Rp 480,-.

Sedikit Trik Menaikan Impresi Iklan

Seperti yang saya sebutkan impresi 10.000 perbulan adalah syarat pertama. Tetapi itu untuk satu unit iklan bukan?

Jika blog yang kamu daftarkan belum memiliki pv 10k perbulan, cara paling mudah adalah dengan memasang unit iklan sejenis sebanyak mungkin hinga mencapai 10k, dan BOM, iklan KlikSaya muncul. Karena tidak seperti AdSense yang memuliki syarat memansang maksimal 3 unit iklan, di KlikSaya kita bebas memasang sebanyak mungkin.

Pembayaran Pertama

Akhirnya, pada tanggal 6 Februari kemarin, saya mendapatkan pembayaran pertama dari KlikSaya melalui BCA. Memang masih kurang dari 10 USD, tetapi setidaknya saya bisa menarik pembayaran setiap bulan karena batas minimum pembayaran yang rendah.

KlikSaya

Untuk bulan ini, karena trafik dan penempatan posisi iklan yang sudah dimaksimalkan, saya sudah mendapatkan Rp 120.000,-. Menurut perkiraan, saya bisa mendapatkan Rp 200.000,- pada bulan ini. Kita lihat saja.

**

Kelebihan yang dimiliki KlikSaya dibandingkan AdSense adalah bebas memasang unit iklan sebanyak mungkin. Sedangkan dibandingkan PPC lokal sejenis, KlikSaya memiliki kelebihan jumlah pengiklan yang cukup banyak. Selain itu semua, minimal pembayarannya pun tidak berat, hanya Rp 60.000,-.

Dibandingkan AdSense, KlikSaya memiliki performa yang lebih bagus untuk niche seperti kesehatan dan wanita. Kenapa? karena iklan tentang kedua hal tersebut sangat banyak dan beragam di KlikSaya.

Jadi tunggu apa lagi, give it a shoot! dan lihat berapa banyak rupiah yang bisa kamu kumpulkan dari KlikSaya. Kabari saya di sini!

28 thoughts on “Pembayaran Pertama KlikSaya, PPC Lokal Alternatif AdSense

  1. jeffry

    mas, jadi sebenarnya ppc kliksaya tidak boleh digabung adsense?
    tapi kan sepertinya format mereka kan ada ‘perbedaan’ ?
    bagaiman bila menggunakan kliksaya header 300*250 ?

    1. Nadiar AS Post author

      Untuk trafik kecil sepertinya tidak terlalu berpengaruh, tetapi ketika trafik sudah besar, selain CTR untuk adsense turun, ada resiko itu.

  2. DAnish Fathurrahman

    wah kalau saya belum pernah pasang mas klik saya. dari awal memonetasi blog hanya menggunakan google adsense. menurut saya google adsense paling gurih untuk blog bahasa indonesia :)

  3. Alvian Rahardjo

    wah ternyata PPC lokal (kliksaya) lumayan juga ya buat alternatif mengingat CPC untuk Google Adsense dengan berbahasa Indonesia saat ini begitu kecil, saya sih berharap CPC Adsense naik lagi ya setidaknya sama seperti tahun kemaren :)

    1. Nadiar AS Post author

      Blog diet2an keren tuh, atau blog yang banyak link downloadnya juga sama kerennya.

  4. Ryan M.

    Setuju, Mas. Saya juga agak kurang sreg dengan iklan dewasa di KlikSaya. Mumpung belum ada yang pasang, saya lagi nimbang-nimbang mau diterusin atau nggak. Thx infonya, sangat bermanfaat :)

  5. Eddy

    Kliksayang lumayan juga hasilnya ketika PV sudah 15 ribu keatas, kalau audience nya cocok, penempatan unit juga maksimal, bisa 2 juta lebih gajian perbulan…

  6. kizeh

    Wah , dulu baru main blog udah pasang kliksaya , sayang ada syarat yaitu pv harus tinggi , sekarang mau coba lagi ah

  7. riyandi

    saya dulu pernah mendaftar di kliksaya tapi gak diterima, dan beralih ke adsensecamp dan hasilnya lumayan lah buat nambah jajan,

  8. muzi

    Oke mas nadiar. saya sangat salut dengan PV mencapai 60 ribu perbulan. Yang ingin saya tanyakan, di blog niche ‘wanita’ itu mas nadiar mempublish berapa artikel setiap hari. Apakah mas juga menerapkan SEO onpage dan offpage atau hanya menembak KWnya saja mas. di blog tersebut berapa plugin mas pasang. terimakasih atas tanggapannya mas nadiar.

    1. Nadiar AS Post author

      Sebulan paling banyak 30 artikel, tapi sekarang palingan 10-15 an. Tentu, niche seperti ini saya tidak asal menembak kw, saya pakai planner tool untuk menentukan kw terpopuler. Selanjutnya saya pakai SEO standar, publish ke sosial media, dll.

    1. Nadiar AS Post author

      Baru kok, sekitar tiga bulan terakhir. Cara yang saya lakukan sudah dipost di macam2 blog SEO, riset kyword, post, update.

    1. Nadiar AS Post author

      Tidak ada yang spesial, semua cara yang saya lakukan sangat standar, pilih kw, bikin post, publish, submit sitemap.

  9. clara

    maaf OOT, apa agan wordpress-172233-498269.cloudwaysapps.com pernah membahas iklan jenis CPM ? kira-kira mana yg recommended jika pv blog-nya sudah diatas 2 juta pv perbulan dan rate mana yg terbaik ya? mohon pencerahannya ya gan

    1. Nadiar AS Post author

      Bermasalah, pertama AdSense dan klikSaya memakai iklan kontekstual. Dimana AdSense melarang dalam TOS-nya memakai iklan kontekstual lain selain AdSense. Hal lainnya, jika dipaksaakan, hasilnya tidak akan maksimal.

  10. Alfian Hidayatulloh

    Benar itu. Beberapa hari terakhir, income saya dan teman-teman saya dari Google Adsense juga tidak sesuai dengan yang saya dan teman-teman harapkan. Apa mungkin ada masalah dengan Google Adsense ya? Karena income menurun, saya langsung pindah ke Adcash. Sebab di Adcash memiliki banyak jenis iklan dan $ per kliknya juga cukup besar seperti Google Adsense.

    1. Nadiar AS Post author

      Iya, saya hampir 90% untuk blog ini. Yang lainnya turun juga, tetapi tidak sebesar blog ini. AdCash, saya jadi penasaran.

Comments are closed.