≡ Menu
Pabelog

Kiat Bagaimana Memotivasi Diri Saat Malas Ngeblog

in Blogging

Blogging seprtinya memiliki anggapan bahwa ini adalah cara termudah untuk mendapatkan uang melalui internet, atau lebih tren disebut blogging for money — bisnis online. Kenyataannya tidak seperti itu, seringkali ketika saya sangat termotivasi untuk menulis, ada kalanya saya sampai pada titik malas dan jenuh. Perlu motivasi dan energi yang cukup besar bagi saya untuk bisa melanjutkan aktivitas ini.

Ngomong-ngomong, sekarang saya sedang membangun berbagai blog niche, mulai dari blog niche lokal, sampai blog niche bule Amazon. Itu juga yang menjadi alasan kenapa frekuensi konten di blog ini mulai kurang terupdate. Di awal membangun sebuah blog, saya memang sangat semangat untuk menulis semua konten, tetapi makin kesini saya semakin malas.

Lalu bagaimana agar saya terus termotivasi terus melanjutkan kegiatan blogging for money ini?

Kali ini saya akan memberikan tips agar kamu terus bersemangat ngeblog, tentu cara ini saya terapkan pada diri saya sendiri, dan berhasil.

Ada beberapa alasan kenapa seorang blogger menjadi kurang termotivasi. Berikut saya sebutkan beberapa diantaranya.

Banyak blogger ketika baru pertama kali membuat blog, mereka sangat excited. Mereka membuat perencanaan dan goal, lalu mengikuti langkah-angkah untuk membuat blognya berkembang, seperti SEO, dll. Saya tahu rasanya seperti apa.

Singkat cerita mereka sudah sangat percaya diri dengan kualitas konten yang dibuat dan traffik yang dimiliki, ketika mendaftarkan blognya ke broker iklan, sebut saja seperti AdSense, IBN, AdStars, dkk. Hasilnya tidak seperti yang mereka harapkan. Hal seperti ini yang justru membuat blogger menjadi demotivasi.

Contoh lain adalah ketika blogger tersebut sudah lama melakukan aktivitas blogging — 3 sampai 6 bulanan sebut saja, tetapi tidak kunjung mendapatkan trafik. Hal seperti ini juga yang membuat demotivasi.

Blogging termasuk sebuah karir, dimana saya sendiri yang bertanggung jawab tentang motivisai kerja. Berbeda halnya dengan pekerjaan lain, pekerjaan lain bisa memotivasi saya dengan berbagai cara, seperti bonus, gaji, atau program baru.

Menjadi terus termotivasi tentu tidak mudah, tidak sedikit blogger yang putus asa dan akhirnya berhenti di tengah jalan karena mereka berpikir bahwa mereka tidak bisa/berbakat.

Berikut adalah cara yang saya lakukan untuk memotivasi diri saya ketika malas ngeblog.

Melihat Google Analytic atau Histats

Setelah saya selesai dengan semua prosedur blogging, saat-saat yang paling membuat saya semangat adalah melihat statistik perkembangan blog. Baik hasil yang buruk atau yang baik.

Ketika saya selesai dengan SEO onpage dan link building misalnya, saya selalu memerhatikan grafik perkembangan pengunjung blog saya. Jika hasilnya sama atau malah menurun, berarti ada yang salah dengan cara yang saya lakukan. Saya tinggal mengevaluasi itu. Tetapi selama ini, sangat jarang mendapatkan hasil seperti ini.

Pertumbuhan trafik tidak harus terburu-buru, ada kalanya 6 – 12 bulan kemudian baru terlihat, dengan syarat saya sendiri harus konsisten update SEO dan konten bagi blog baru itu. Yang menjadi buruk adalah ketika kita demotivasi dan meninggalkan blog baru itu, padahal blog baru itu penuh dengan potensi.

Statistik blog

Melihat statistik blog, membuat saya termotivasi untuk menulis konten baru. Terlebih jika terus tumbuh positif.

Intinya untuk menumbuhkan motivasi, terus melihat perkembangan trafik (meskipun lambat) membuat saya merasa terus semangat dan menanti-nanti perkembangan trafik yang lebih baik.

Hilangkan Pemikiran Negatif

Kamu pasti akan selalu menemukan orang-orang yang negatif atau pesimis, termasuk saat ngeblog. Adakalanya ketika seseorang berkomentar, mereka tidak selalu berkomentar positif terhadap blog saya. Tetapi saya tidak menghiraukan itu, saya tidak mau hal seperti itu membuat saya demotivasi.

Saya selalu berbicara pada diri saya sendiri. “tunggulah saat nanti, saya akan membuktikannya bahwa argumen saya benar”.

Melihat Catatan Penghasilan

Tidak ada yang mengalahkan motivasi penghasilan pada saat kita blogging. Ya, kebanyakan blog yang saya kelola memang untuk mendapatkan profit. Melihat progres penghasilan adalah hal lain yang membuat saya termotivasi, terlebih ketika saya baru saja menerima pembayaran, sebut saja dari AdSense, komisi affiliasi, atau iklan CPM.

penghasilan Adsense 7 hari terakhir

Melihat laporan AdSense selalu membuat saya termotivasi. Ini adalah laporan penghasilan AdSense saya selama 7 hari terakhir pada salah satu blog yang saya kelola.

Jika penghasilan masih jauh dari yang saya harapkan, saya selalu melihat statistik trafik dan memperhitungkan akan berapa penghasilan saya jika trafik blog saya naik sekian %. Hal seperti ini selalu berhasil memotivasi diri saya untuk ngeblog.

Blogwalking ke Blog Blogger yang Sukses

Setelah membaca tulisan-tulisan mereka, entah kenapa saya selalu ingin melanjutkan menulis. Saya selalu mendapatkan ide baru untuk menulis. Saya selalu bersemangat untuk mempromosikan blog saya, SEO.

Ketika saya mendapatkan masalah saat ngeblog, saya selalu berkomentar dan menanyakan kepada mereka tentang kasus yang hadapi. Jawaban mereka selalu memotivasi saya untuk melanjutkan blogging.

Pasang Target Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Apa tujuan saya ngeblog?

Pertanyaan ini selalu membawa saya untuk mengingat saat pertama kali saya membuat blog. Saat itu tujuan saya hanyalah sebatas eksistensi saya di dunia maya. Kemudian berkembang agar saya bisa mendapatkan penghasilan tak terbatas seperti blogger-blogger profesional.

Target itu harus jelas, tidak abstrak. Target yang abstrak cenderung membuat kita tidak fokus. Contoh target abstrak seperti “menjadi blogger yang sukses”. Tidak ada ukuran yang pasti seperti apa sukses itu.

Menentukan target jangka pendek dan jangka panjang bagi saya sangat penting. Dengan melihat target ini saya selalu terdorong untuk menulis dan mengevaluasi karir ngeblog saya.

Target jangka pendek saya sekarang adalah bisa membeli mobil pribadi. Untuk itu saya selalu mengigatkan diri saya dengan cara memasang wallpaper mobil yang saya inginkan di laptop saya. Dengan begitu saya selalu ingat dan termotivasi terus.

Target jangka pendek.

Melihat apa yang saya targetkan selalu mengingatkan saya untuk terus belajar dan bekerja lebih keras lagi. Setiap kali saya melihat wallpaper desktop, saya selalu termotivasi untuk belajar dan bekerja lebih keras lagi.

Berbeda dengan target jangka panjang, saya hanya bisa melihat rekaman laporan penghasilan per bulan saja. Karena target jangka panjang saya adalah mendapatkan penghasilan seperti profesional blogger.

**

Jadi apakah tulisan ini sudah memotivasi kamu?

Kasih tau saya cara kamu memotivasi diri saat demotivasi atau ketika saat kamu malas blogging, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar.

Atau jika kamu belum mulai blogging, kamu bisa membaca tutorial cara membuat blog.

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • Ilham yahya December 17, 2014, 1:52 pm

    wah saya beruntung banget berkunjung keblog ini , Bookmark dulu deh :)
    saya blogging dari tahun 2011 dan saaya baru mulai mengalami masalah ini.
    saya akhir2 ini sering demovitvasi dikarenakan blog utama saya lama indeks dan artikel postingan entah kemana, dulu blog saya bisa mencapai trafik visitor 1000+ sekarang hanya 30 an saja, itu dikarenakan vakumnya saya beberapa bulan lalu , tapi beberapa bulan lalu visitor saya masih ratusan. saya baru minggu-minggu ini melakukan perombakan template dan hasilnya tetap nihil. sekarang saya seperti malas untuk ngeblog . dikarenakan visitor saya turun tapi saya akhir akhir ini membuat blog dummy dan ingin mencari apa yang salah terhadap blog saya. semoga saya bisa memecahkan masalah itu :)

  • zaliem November 8, 2014, 5:08 am

    hal ini yang sering di butuhkan ketika seorang tidak mempunyai semangat dalam bisnis online

  • faradillah October 17, 2014, 5:36 pm

    makasih sharenya, saya jadi makin termotivasi dan gak jadi berhenti ngeblog

  • Damar Pramudito Nurjati September 27, 2014, 9:55 pm

    Saat ini saya masih sangat malas menulis. Mungkin dengan adanya Adsense bisa membuat semangat dan motivasi agar tetap rajin ngeblog. Karena sampai saat ini saya masih belum juga diterima Adsense.

  • danu September 25, 2014, 12:10 am

    hehehe sangat memotivasi …
    susah juga rupanya terjun didunia internet,,,
    semangat

  • M. Rudianto September 10, 2014, 6:58 am

    memang ngeblog itu bukan hal yang terlalu sulit, namun kadang kala kita juga mengalami kebosanan ketika ngeblog…Namun kita juga harus tetap semangat agar fulus bisa mengalir dari blog ya mas…

  • Dwi Yanto August 28, 2014, 2:06 pm

    terimakasih tipsnya Om.
    memang kadang demotivasi sering muncul ketika ada bosan yang singgah. earning yang segitu-gitu aja dsb.

    mudah²an setelah membaca postingan Om ane bisa tetap bertumbuh .

    semangat²

  • agung kharisma July 5, 2014, 5:30 am

    Yang membuat saya termotivasi sampai saat ini ialah saya ingin mengembangkan bakat menulis melalui blog, berbagi ilmu yang bermanfaat kepada pembaca, kalau make money from blog itu juga bisa memotivasi, dan bagian yang harus kita aplikasikan dalam keseharian ngeblog adalah “berikanlah yang terbaik untuk pembaca”. :)

  • Rahmania Farid June 26, 2014, 11:58 pm

    Salam kenal mas Nadiar :)
    Saya senag sekali menemukan blog ini, memiliki niche yang sama dengan blog saya dan motivasinya juga hampir sama. Semoga kita semua masih tetap bisa terus belajar dari blog-blog berkualitas seperti blog ini. Keep up the good work mas Nadiar, karena postingnya worth sharing. Salam blogging!

  • Muhammad Irvan Avib Azizi June 6, 2014, 8:15 pm

    Mungkin artikel ini pas buat saya yg lagi yang sedang ‘malas’ belajar lagi di dunia per-bloggeran gan. Akan saya bookmak gan artikel ini, supaya saya bisa merenungkan kembali dan berfikir untuk memotivasi dirisaya kembali hehe (y)

  • Antonio Andre May 4, 2014, 1:59 am

    sayang, untuk mendaftar adsense sangat butuh perjuangan..
    Hehehhee

  • tsu May 2, 2014, 12:47 am

    amin, makasih ya saran nya :)) sy jd lbh PD… Smoga apa yg anda cita2kan berhasil,,, semangat!

    • Nadiar AS May 2, 2014, 9:35 am

      Sip, semangat balik ya :)