≡ Menu
Pabelog

Cara Menampilkan Tombol Google +1, Facebook Like, dan Tweet This

in Media Sosial

Salah satu yang harus ada pada blog adalah tombol social share seperti Google +1, facebook like, dan tweet this. Ketiga tombol tersebut wajib ada kerena ke populeran mereka.

Cara menampilkan tombol google +1, facebook like, dan tweet this sangat mudah. Kita bisa memakai plugin yang sudah siap pakai atau membuatnya sendiri sesuai intruksi dari setiap social share.

Selain sebagai social share, ketiga button tersebut bisa berfungsi sebagai pendongkrak SERP dan SEO. Karena kita tahu jika sekarang SEO memperhatikan signal social sahare juga.

Google +1, Facebook Like, Tweet This

Google +1, Facebook Like, Tweet This

Google +1, Facebook Like, dan Tweet This di WordPess

Salah satu alasan saya pindah dari blogger blog ke wordpress adalah alasan plugins. Untuk memasang button sosial tersebut, kita hanya perlu menginstall plugin yang sudah disediakan di wordpress. Sangat banyak pilihannya.

Di blog ini saya memakai plgin all in one, Jetpack.

Ada beberapa plugin social share yang saya rekomendasikan, plugin tersebut yaitu:

Social Share selain WordPress

Jika kamu memakai blogger blogspot, ada baiknya kamu cek apakah tersedia di widget blogger. Jika tidak ada, kamu bisa mengikuti cara di bawah untuk menampilkan button Google +1, Facebook Like, dan Tweet This

Cara Memasang Facebook Like Button

Pertama yang kita lakukan adalah membuat fans page-nya terlebih dahulu. Kemudian masuk ke link Facebook Develover.

Di sana terdapat dua langkah untuk membuatnya, pertama kita harus mengisi form-form yang ada kemudian kita tinggal meng-generate scriptnya dan menaruh di blog.

Cara Memasang Tweet This button

Yang pasti, untuk memasang social share tweet this button adalah memiliki akun twitter. Selanjutnya kita masuk ke halaman developer, tweet button.

Terdapat 2 opsi yang harus kita isi, prosesnya tidak berbeda jauh pada saat membuat tombol facebook like. Kita mengisi form-form yang diperlukan kemudian script nya akan muncul dibagian bawah.

Cara Memasang Google Plus one/+1 button

Button yang ini cukup menarik untuk dibahas,mengapa menarik? karena menurut google hal ini akan membantu pada SERP kita. Cara memasang script-nya pun terbilang mudah.

Pertama kita masuk ke halaman Google +1.

Di sana kita tidak perlu mengisi form seperti pada facebook atau twitter, kita hanya perlu memilih button mana yang mau kita pasang. Tersedia 4 pilihan, tetapi saya lebih suka yang “Tall”.

Untuk cara memasangnya sedikit berbeda dai facebook dan twitter, tetapi tidak sulit.

Pertama sobat harus memasang

<script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script>

sebelum tag

</body>

kemudian pasang script satunya lagi di posisi yang kita suka.

***

Ada sedikit trik, sebaiknya kita memasang social share tepat di bawah post. Karena kemungkinan visitors untuk memberi credits pada blog kita cukup besar. Saya sudah mencoba beberapa posisi sampai float sekalipun, tetapi yang paling efektif tetap di bawah post.

Jangan sungkan untuk berkomentar, jika kamu sulit atau bingung memasang tombol Google +1, Facebook Like, dan Tweet This.

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • Aditya Pratama November 20, 2014, 10:30 pm

    masih bingung gan, bisa beri sricpt nya secara utuh kah..?? thanx

  • bayu May 8, 2014, 11:38 am

    ini yang saya cari gan terima kasih info nya

  • Muhamad Yusuf Ramdhan November 17, 2013, 9:51 pm

    halo malam ka,maaf ganggu yah, mau tanya hal basic nih, saya masih baru di dunia blogger, saya sedang fokus di dunia PPC, cuma saya bingung mau pake wordpress atau blogspot, soalnya plugin wordpress lebih saya kenal dan menurut saya lebih banyak dari blogspot cuma memang agak lebih sulit untuk dirubah ini itunya.

    Kira kira untuk orang seperti saya ini lebih bagus menggunakan blogspot atau wordpress ya?! Untuk masalah coding html saya agak ngerti sih dikit, cuma karna belum baca baca PPC PPC yang ada di Indonesia, saya masih meraba raba sekarang,makasi.

    • Nadiar AS November 18, 2013, 12:44 am

      Jika bisa dengan wordpress sebaiknya wordpress saja. Banyak keterbatasan di blogspot, dulu saya juga memakai blogspot, tetapi pas pindah ke wp saya tidak mau lagi memakai blogger. Meski sulit di awal-awal, tetapi nanti juga terbiasa. :)