≡ Menu
Pabelog

Follow your interest, then money will follow you!

in Lain-Lain

Oke, judul di atas saya maksudkan dalam konteks bloging aja yah.

Sudah hampir dua minggu saya tidak menulis diblog ini, banyak hal yang harus saya prioritaskan menjadi alasan. Tetapi untuk kedepan, saya akan berusaha untuk update blog ini lagi minimal dua kali seminggu.

Untuk update tulisan tutorial, sebenarnya saya sudah punya beberapa. Tetapi belum saya edit dan review ulang, jadi masih saya simpan di draft.

Kenapa saya menulis judul di atas?

Alasannya beberapa komentar yang masuk ke blog ini kebanyakan masih menyinggung “gimana sih ngeblog sambil bisa ngehasilin uang jajan?”

Oke, saya jawab sebisa saya yah.

Jujur saja, saya juga masih belajar loh. Saya masih banyak membaca tulisan-tulisan dari blog luar seperti shoemoney, problogger, dalyblogtips, dkk. Dari mereka pula saya sering mendapatkan ide-ide menulis.

Ada satu hal yang sampai saat ini saya bingung dan belum benar-benar “ngeh” mengerti, SEO. Jadi saya tidak bisa menjawab untuk masalah yang satu ini.

Apa minat kamu yang paling?

Ini adalah langkah pertama agar kamu enjoy dalam blogging. Blogger baru biasanya semangat diawal-awal, sekitar satu sampai tiga bulan lah. Mereka giat posting, spaming, link building, dll. Tetapi begitu hasil yang mereka impikan tidak ada, mereka biasanya menyerah.

Apa yang salah?

Yang salah adalah mereka tidak punya tujuan yang jelas. Tujuan mereka hanya mendapatkan uang dari blogging, tanpa tau langkah per langkahnya. Untuk itu, sebaiknya kita menuliskan target tiap minggu, target tiap bulan, dan jangka panjang.

Alasan lainnya biasanya, mereka menulis bukan karena minat, tetapi karena tuntutan. Menulis karena minat, bisa saja kamu tidak peduli dengan tujuan blogging for money, tetapi percayalah, suatu saat kamu akan mendapatkan kesempatan untuk bisa me-montenize blog kamu, entah itu lewat adsense atau apa.

Menulis karena tuntutan biasanya mengantarkan mereka pada jurang plagiatisme. Tulisan kopas dimana-mana dan biasanya artikel yang mereka pasang adalah “gado-gado”. Mereka tidak memikirkan kualitas, tetapi yang mereka pikirkan biasanya

“bagamana cara agar blog ini terlihat selalu update”

Solusi

Jika kamu tidak memiliki perencanaan yang matang, solusi terbaik kamu adalah menulis sesuai minat kamu atau kesukaan kamu. Saya berbicara seandainya kamu adalah seorang blogger yang benar-benar baru.

Nantinya jika sudah mempunyai pengalaman, kamu bisa mengerti kenapa. Kedepan, tentunya kamu akan bisa menulis sesuai pasar yang telah kamu riset. Memang lama, tetapi ini lebih baik daripada cara cepat mengandalkan copy paste.

Saya sendiri pernah merasakan, ketika saya membaca tulisan saya di blog sekarang dengan membaca tulisan saya di blog yang pertama saya buat. Struktur bahasa dan gaya penulisan sangat jauh berbeda, samapai-sampai saya tertawa sendiri dan malu. Itu masih dari struktur bahasa, belum desain, dan yang lainnya.

Dan saya percaya, bahwa pengalaman setiap orang pasti berbeda. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mencoba

Mulai Blogging

Setelah kamu menentukan minat menulis, sekarang kamu harus mulai blogging. Percayalah, blogging itu kegiatan yang sangan mudah dan enjoyable.

Banyak pilihan untuk blogging, kamu bisa memakai wordpress, blogspot, blogdetik, dll. Saran saya, kamu mulai dengan wordpress atau blogspot. Kedepan, kedua tools itu akan sangat membantu.

Setelah membuat blog, perhatikan juga untuk tidak terlalu fokus untuk me-montenize. Fokuslah kepada seberapa userfrenly tulisan kamu, cara mengukurnya gampang. Kamu bisa melihat dengan seberapa banyak subscriber atau komentar yang masuk.

Sekedar saran, baca tulisan “5 Langkah Membuat Blog Kamu Lebih Baik“.

Bangun Relasi dan Trafik

Sambil fokus menulis dengan minat kamu, usahakan untuk membangun relasi dengan blogger-blogger lain. Jangan menjadi blogger yang tidak punya teman blogger.

Banyak alasan untuk tidak menjadi blogger single figheter. Banyak relasi membuat kamu bisa mendapatkan trafik lebih mudah, kamu bisa bertukar ide dengan teman blogger kamu.

Jalan lain untuk membangun trafik adalah dengen SEO dan memanfaatkan sosial media.

Mulai montenize blog

Setelah semua dilakukan, membangun blog, relasi, dan trafik. Kamu sekarang baru bisa me-montenize blog. Saran saya, kamu bisa menawarkan produk dengan cara menjadi affilate atau menjual spot iklan.

Jujur saja, yang paling mudah adalah memakai slot yang kosong dengan adsense. Harus saya akaui, sampai sekarang iklan adsense memiliki CTR yang besar dibandingkan iklan kontekstual sejenis.

Untuk mulai memakai adsense, kamu bisa membaca ini:

**

Saya berharap semoga tulisan di atas bisa menjawab kegalauan yang ingin membuat blog sambil “menghasilkan”. Oh yah, kalau ada saran atau apa, jangan lupa komentarnya.

Jangan lupa like nya juga yah.

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • SelebNews November 15, 2012, 6:19 pm

    Wah2, menginspirasi banget. Mungkin saya harus lebih berkaca dan menata niat. Sebenarnya untuk apa saya ngeblog. Sebenarnya saya suka entertainment, tapi kadang saya juga takut kalau passion saya untuk ngeblog dengan nice entertaimnet bakal mati dan saya telah dengan suksesnya tidak bisa menjaga loyalitas terhadap keinginan dan masa lalu saya.