≡ Menu
Pabelog

DBN2 Update 2: Laporan Trafik dan Plugin yang Dipakai

in Blogging

Seperti janji saya seblumnya, pada DBN Update 2 ini akan ada pembuktian tentang hipotesis saya. Selain itu pada update 2 ini saya akan mengulas tentang apa saja yang telah saya peroleh dan lakukan untuk membangun blog DBN2 ini.

Saya sarankan untuk kamu yang belum membaca DBN2 Update 0 dan DBN2 Update 1 untuk membacanya dahulu, karena tulisan ini menyambung DBN Update 0 dan DBN Update 1.

Beberapa peserta DBN2 sudah ada yang berhasil mendapatkan hasil dari kerja kerasnya, Sebut saja Mas Yudi pada yudiworld.com. Saya akui bahwa saya tertinggal beberapa langkah pada DBN2 dari mas Yudi ini.

Berikut adalah pencapaian dan beberapa hal yang sudah saya lakukan selama ini…

Pencapaian Blog DBN2: LensaAndroid.com

Sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa pada DBN2 ini saya memakai domain LensaAndroid.com. Sedangkan kata kunci utama yang saya bidik adalah “daftar harga android”. Sampai saat ini saya belum melakukan teknik SEO secara khusus, masih sebatas membuat sitemap dan update secara berkala.

Sejujurnya saya tidak terlalu peduli dengan kata kunci tersebut, saya akan memfokuskan pada kata kunci organik. Sampai saat ini saya sudah mendapatkan beberapa kata kunci organik. Sedangkan jumlah post yang saya buat berjumlah 18 sampai tulisan ini dibuat.

Saya sempat kaget bahwa ada satu kata kunci yang sudah masuk halaman 1 dengan tingkat pencarian sedang.

Berikut adalah chart top queries dan chart top page pada google webmaster tool.


Klik gambar untuk memperbesar.

Sedangkan berikut ini adalah laporan trafik dari Google Analytics.

Laporan trafik Google Analytic

Laporan trafik Google Analytic
Klik gambar untuk memperbesar.

Untuk sitemap, dari 19 halaman (18 post, 1 homepage), masih 9 yang berhasil di-index google. Selanjutnya untuk mempercepat index dan promosi, saya akan melakukan link building.

Sitemap LensaAndroid

Sitemap LensaAndroid

Alat Perang yang Saya Gunakan..

Pada blog DBN2 ini saya memakai bantuan plugin untuk mempermudah pekerjaan saya. Satu plugin premium dan sisanya plugin yang bisa di-unduh secara cuma-cuma. Sedangkan untuk host, saya memakai servis dari CloudKilat.

Baca: 5 Setting Dasar WordPress Sebelum Kamu Blogging

Pembuktian Hipotesis..

Pada DBN2 Upadate 1 saya pernah mengatakan jika saya memiliki hipotesis yang mungkin memengaruhi bounce rate, page views, dan visitor.

Setelah saya memeriksa Google Analytic di blog ini, ada hal yang baru saya ‘ngeh’ sadari. Semua orang tahu bahwa kecepatan loading blog akan memengaruhi terhadap bounce rate, page views, dan visitor. Bahkan google sendiri mengatakan jika mereka menyukai website yang cepat.

Pertanyaannya, seberapa cepat website yang disukai Google tersebut?

Pada Google Analytic, kita bisa melihat beberapa negara dan kota dengan akses tercepat ke blog kita.

Lalu saya lihat beberapa korelasi terhadap bounce rate, pageviews, dan visitor selama 90 hari terakhir. Untuk bounce rate < 80% kecepatan rata-rata akses adalah 18.3 detik dengan simpangan baku sekitar 19 detik. Hal yang sama saya coba pada bagian pageviews > 1000, dan rata-rata kecepatannya adalah 15.8 detik, dengan simpangan baku sekitar 21 detik.

Apa yang bisa saya simpulkan?

Ternyata untuk mendapatkan bounce rate dibawah 80% dan pageviews > 1000, website/blog tidak harus memiliki rata-rata loading yang sangat cepat, tetapi perlu dibawah 19 detik saja.

Nah, hal ini coba saya terapkan di blog ini, tetapi sayangnya untuk pengunjung Indonesia, belum bisa mencapai rata-rata 19 detik. 90 hari terakhir pengunjung Indonesia baru bisa mencapai rata-rata 34 detik. Hal ini saya bilang wajar, melihat dari ISP dan kecepatan internet yang dipakai melalui Google Analytic.

Kesimpulan ini sangat mungkin salah, karena saya menguji pada blog yang tidak memiliki data yang tidak begitu banyak. Ketika saya coba terapkan di blog LensaAndroid.com, hasilnya tidak begitu terlihat karena trafiknya masih sangat sedikit.

Tetapi setidaknya usaha saya terlihat ketika saya mencoba memindahkan blog ini yang berlokasi di USA ke Indonesia. Sebelumnya blog ini disimpan di San Fransisco, USA, sekarang blog ini disimpan di Jakarta.

Peningkatan Pageviews dan Trafik

Peningkatan Pageviews dan Trafik

Selama waktu tersebut, untuk mempbantu pembuktian ini saya tidak melakukan link building dan memperbarui konten terlalu sering.

**

Maaf kepanjangan OOT-nya, target saya selanjutnya untuk Blog DBN2 ini adalah mendapatkan trafik. Saya harap saya bisa mendapatkan pengunjung ~200 perhari atau pageviews ~250.

Pada Update ke-3 DBN2 saya akan membahas teknik yang saya pakai untuk mendapatkan trafik.

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • arieski agustria November 27, 2014, 9:01 am

    Mas Nadiar.. beberapa plugin yang mas Nadiar gunakan diatas sudah tidak up to date selama 2 tahun apa tetep layak digunakan?

    terima kasih

    • Nadiar AS December 4, 2014, 6:27 am

      Sebaiknya jika plugin sudah lama tidak diperbarui, jangan dipakai.

  • Edo darmian May 28, 2014, 12:39 am

    wawwww…ikut nongol aah..mastah,maklum ane newbeii..jadi numpang aje, sukses buat mastah, monggo mampir sobsob…

  • Deprito February 27, 2014, 7:26 pm

    Wah, dengan trafik seperti itu dan konten yang jarang di update.
    Bagaimana agar mendapatkan visitor secara terus menerus?
    Tips dalam link buildingnya gimana ya?
    Terimakasih banyak…

  • edi suriyanto February 21, 2014, 7:48 am

    hallo mas diar …
    saya udah cukup lama di niche ini …
    aku coba memberikan sedikit klu…

    Di niche ini, faktor up to date sebuah posting adalah keharusan.
    daftar harga januari… dibulan februari,
    sementara banyak saingan yg sangat up to date…

    btw… kmaren saya sedikit ngasih backlink sebagai steroid
    tapi karena blog lensa android belum memilik pondasi yg kuat…
    jadinya efeknya ngga terlalu kerasa

    btw… aq nunggu” artikel vps nya mas…
    lagi agak pusing … vps jebol terus

    • Nadiar AS February 21, 2014, 11:12 am

      Thanks banget XD, pantesan kemarin belum apa-apa sudah masuk halaman 1.

      Sip, target saya bulan ini menyelesaikan tutorial tentang VPS.