≡ Menu
Pabelog

DBN2 Update 1: Mau di Bawa ke Mana LensaAndroid.com ?

in Blogging

Sebelumnya saya mohon maaf ya karena baru menulis sekarang, hampir satu bulan saya absen menulis di blog. Bukan blog ini saja, tetapi semua blog yang saya kelola. Kebetulan sebulan ini dan beberapa minggu kedepan, saya sedang mengelola beberapa kegiatan kuliah saya.

Ok, langsung ke topik. Jadi, mau diapakan blog diapakan nantinya blog niche LensaAndroid.com?

Seperti yang sudah saya tulis di pengantar sebelumnya, bahwa niche blog yang saya ambil adalah tentang Android. Saya tadinya mengambil beberapa kata kunci, namun di DBN dari blogodolar ini ternyata mengharuskan satu kata kunci saja. Akhirnya setelah beberapa pertimbangan saya memutuskan untuk mengambil kata kunci “daftar harga android”.

Apa alasan saya mengambil kata kunci tersebut?

Sebenarnya tadinya saya mau mengulas seluruh aspek dari Android, bisa di lihat di tabel post dari link yang saya tautkan di atas. Saya memiliki passion terhadap open source dan salah satunya Android, kebetulan saya juga belajar tentang bahasa pemrograman Android.

Tetapi karena fokus satu kata kunci, saya memilih yang memiliki variasi kata kunci banyak. Sehingga meskipun fokus pada satu kata kunci, saya akan mendapat kata kunci sejenis yang tingkat pencariannya tidak terlalu jauh (sambil menyelam minum air).

Hasilnya adalah, untuk kata kunci pencarian dalam bahasa Indonesia, kata kunci harga daftar harga android yang cukup banyak variasinya.

Teknik Konversi

Bagaimana saya mengkonversi trafik menjadi keuntungan?

Ada berbagai macam cara, saya tidak kesulitan untuk blog niche ini, karena memang cukup banyak peminatnya. Saya mengatakan itu bukan tanpa sebab, karena saya tahu pertumbuhan minat orang Indonesia terhadap gadget Android terus meningkat.

Google Money Maker

Beberapa cara yang akan saya coba adalah dengan iklan Adsense, affilasi produk, atau mungkin menjual perangkat Android (device, software, jasa, dll). Tetapi saya tidak yakin bisa mencoba semuanya, untuk saat ini saya hanya akan fokus pada iklan saja.

Kenapa memilih konversi melalui iklan?

Iklan pendukung niche yang saya ambil ini termasuk banyak. Jika banyak artinya bid advertiser pun akan bersaing.

Cara Membangun Traffik

Banyak teknik konversi yang potensial, tetapi akan percumah jika tidak mendapatkan trafik potensial. Yup, trafik potensial. Selaim SEO tentunya, saya sebisa mungkin akan mencari trafik dari forum-forum, blog, social media, dll yang membahas tentang niche yang saya ambil, Android.

Akhir tahun kemarin saya belajar arti dari kalimat “jangan menempatkan bola pada satu keranjang”.

Sebulan sebelum Hummingbird diumumkan google, trafik blog ini turun hampir 70%. Saya sangat heran karena saya tidak merasa melakukan pelanggaran, apalagi google tidak mengumumkan update algoritma. Sumber utama trafik saat itu memang google, dan saya memang fokus untuk mendapatkan trafik dari google.

Statistik pengunjung minggu ke 29 sampai ke minggu 39

Statistik pengunjung minggu ke 29 sampai ke minggu 39

Sebulan sudah berlalu, sampai akhirnya google mengumumkan bahwa sebulan yang lalu mereka mengganti algoritma utama mereka. Saya terkejut dan akhirnya sadar bahwa saya harusnya tidak tergantung pada google, google bisa kapan saja merubah algoritmanya.

Memang benar google berusaha menampilkan yang paling bagus dimata manusia, tetapi seringkali dalam proses tersebut blog kita bisa menjadi korban.

Atas alasan itulah, saya mencoba untuk tidak terlalu fokus mencari trafik dari SEO google saja. Saya membangun social media yang tertarget dan email list.

Target Awal Saya di DBN

Nah, target awal saya adalah membuat konten yang berkelanjutan sebanyak-banyaknya.

Apa maksudnya?

Maksud konten berkelanjutan adalah konten yang bukan sekali baca dan selesai, tetapi konten yang memaksa pengunjung untuk mengunjungi blog lagi untuk mendapatkan kelanjutannya.

Dalam 1-2 bulan ini saya akan fokus dalam membangun “infrastruktur” yang siap dulu, seperti konten, blog, dll. Baru setelah itu saya akan memulai fokus mencari sumber trafik, entah itu SEO atau apa.

Saya berharap dalam satu bulan ini, saya bisa menulis konten yang cukup banyak dicari orang.

Nah, ngomong-ngomong soal “infrastruktur”, saya menemukan temuan yang menarik. Mungkin tidak banyak yang sadar, hal ini bukan hal yang besar, tetapi hipotesis saya sangat berpengaruh pada kuantitas trafik, kualitas trafik, dan bounce rate.

Sejauh ini hipotesis saya benar, tetapi akan terlalu dini jika saya menyimpulkan sekarang. Saya akan memberi tahunya di update selanjutnya. Jadi pastikan subscribe ya. :)

**

Mungkin itu saja untuk Update 1. Saya sudah menuliskan apa yang saya dapat dan rencana apa kedepannya. Update 2 akan lebih menarik karena akan ada pembuktian apakah hipotesis saya benar atau tidak.

Oh yah, untuk serial tulisan “mendapatkan 5jt rupiah dari blog niche” saya tunda dulu. Karena selain mengikuti DBN2, saya juga masih aktif sebagai mahasiswa. Saya tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan semuanya sekaligus.

Sampai jumpa, jangan lupa subscribe. Chreers!

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • aris February 15, 2014, 1:57 pm

    semakin dibaca semakin menarik nih, kapan update info berikutnya.
    sekalian tambahin tips agar berada di posisi teratas untuk kata kunci kita.

  • Mas Jamal February 10, 2014, 10:51 am

    Hahaha…
    Saya malah kemarin pingin ikut tapi nggak jadi dan bilang ama penyelenggaranya. Hasilnya tuh domain nganggur :lolol

    • Nadiar AS February 11, 2014, 10:29 pm

      Wah sayang sekali, padahal bakalan seru jika pesertanya semakin banyak. Kalo begitu tongkrongin saja update DBN saya yang ke 2 dan ke 3 sebentar lagi.

  • Irpansah January 29, 2014, 1:57 pm

    wow.. ga sabar nunggu update dbn nya ga,,, penasaran nih apa hipotesisnya??

    • Nadiar AS January 29, 2014, 5:51 pm

      Berhubungan dengan traffik dan iklan Adsense.