≡ Menu

Daftar PPC/CPM Premium Alternatif Google Adsense Update 2015

in Pay Per Click

Tahun 2012 lalu, saya pernah menulis PPC lokal alternatif Google AdSense. Namun, sampai sekarang setidaknya hanya beberapa yang masih produktif (terdapat iklan).

Saya rasa, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi tulisan PPC tersebut. Saya juga akan menulis beberapa PPC premium baru yang siap menerima publisher Indonesia.

Sekali lagi, jika kamu belum tahu PPC, PPC adalah program untuk blogger atau webmaster yang biasa disebut dengan publisher untuk mendapatkan keuntungan dengan cara memberikan slot iklan di websitenya, setiap klik iklan yang didapatkan nantinya dihitung dengan harga tertentu.

Pemain Lama PPC Lokal

Sebelum membahas PPC baru, sesuai janji saya, saya akan mengevaluasi tulisan PPC lama saya. Saya akan memberikan review singkat tentang PPC tersebut, nantinya saya akan memberikan pendapat apakah direkomendasikan atau tidak.

SITTI

SITTI pada awal kemunculannya memiliki misi yang besar, pada saat itu AdSense belum secara resmi mendukung blog/web berbahasa Indonesia. Mereka dengan terbuka menantang Google AdWords memberikan ROI terbaik baik untuk pengiklan ataupun penerbit.

Baca: Review Iklan SITTI: Apakah PPC Terbaik?

Bagaimana kabarnya PPC SITTI sekarang?

Website SITTI masih bisa diakses secara online, tetapi jika kamu perhatikan, blogger tidak bisa lagi masuk ataupun mendaftar sebagai publisher.

SITTI

Entahlah, semoga ini hanya sementara dan bisa diperbaiki secepatnya. Karena SITTI merupakan iklan kontekstual pertama lokal yang menerapkan algoritma berdasarkan keyword, dan saya rasa mereka cukup akurat.

So, untuk sekarang. Kesimpulan saya tidak merekomendasikan sampai mereka bisa memperbaiki masalah ini.

IdBlogNetwork

IdBlogNetwork pertama kali muncul (2010) menjadi pendobrak pasar PPC. Selain PPC, produk unggulan IBN lainnya adalah review produk dan pay per tweet.

Saat itu, iklan lokal didominasi oleh iklan HYPE/MLM dan iklan dewasa. Ketika IBN muncul, iklan yang diberikan adalah iklan dari brand-brand terkenal nasional. Harga kliknya pun terbilang tinggi untuk saat itu.

Sekarang IBN sudah banyak berubah (dalam arti bagus). Produk IBN tidak hanya PPC, PPT, atau Review saja, tetapi lebih dari itu, kamu bisa membacanya di website IBN.

Kelemahannya sekarang, sangat sulit mendapatkan iklan PPC di IBN. Selebihnya saya rasa IBN ini masih bagus. Saya rasa jika diberikan index nilai 1-100, saya memberi nilai rekomendasi 60.

Innity

Innity saya rasa masih menjadi PPC terbaik sebagai alternatif AdSense. Mereka selalu memiliki advertiser dan harga iklannya-pun selalu tinggi.

Baca: Google Adsense vs Innity vs IdBlogNetwork

Satu kelemahan Innity adalah metode pembayarannya. Meskipun melalui bank, tetapi publisher harus menuggu 90 hari (NET90).

Jika kamu tidak masalah dengan hal tersebut, saya sangat merekomendasikan Innity.

AdPlus/AdStar

Pertama saya bergabung dengan AdPlus adalah ajakan dari marketing mereka. Saat itu mereka mengatakan bahwa rate mereka antara 0.3-0.5 USD untuk CPM dan 0.1-0.4 untuk CPC.

Sejujurnya saya belum pernah payout sama sekali dari AdPlus/AdStar, alasannya memang karena trafik saat itu sedang droo. Saya menjadi member AdPlus hanya sampai 4 bulan saja. Alasan saya tidak memasang lagi tag iklan mereka karena loadingnya cukup lama saat itu, pada saat bersamaan saya sudah diterima AdSense.

Untuk metode pembayaran, mereka menerima bank lokal. Tetapi mendengar kabar dari blogger-blogger lain, cara payout mereka sangat merepotkan.

Jika pertanyaannya adalah apakah AdPlus/AdStar bisa sebagai alternatif AdSense, saya rasa bisa saja, tetapi jika pertanyaanya mampu bersaing dari segi kemudahan saya rasa AdSense dan PPC lain masih menang.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, website AdPlus/AdStar sudah lama tidak update, bahkan untuk copyright footer mereka sekalupun.

PPC Premium Baru 2015

Sebenarnya kurang tepat diberikan nama PPC, karena selain PPC, broker-broker ini memiliki produk lain seperte CPE (cost per engagement) dan CPM (cost per mile).

Definisi PPC premium yang saya maksud adalah karena PPC ini selain memberikan harga yang cukup mahal, iklan yang ditampilkan pun adalah iklan dari brand-brand yang cukup besar, tidak ada iklan “obat kuat” atau MLM.

Geniee

Geniee

Pertama saya tahu Geniee yaitu dari Agensi mereka yang bernama Ms. Linh Le. Saya ditawari bekerja sama dengan mereka. Tidak perlu waktu yang lama, iklan mereka tampil di blog saya. Sayangnya kerja sama saya tidak berlangsung lama, karena saya memutuskan untuk keluar karena alasan trafik.

Geniee berasal dari Jepang, sekarng mereka sedang ekpansi ke Asia Tenggara. Di Asia Tenggara kantor mereka berada di Vietnam.

Untuk mendaftar Geniee, syarat utama yang harus dipenuhi adalah blog yang didaftarkan harus memiliki impresi minimal 200k per bulan. Metode pembayarannya bisa memakai PayPal ataupun Bank, dibayarkan NET60 dan jika sudah mencapai 100 USD.

MicroAd

MicroAd

Selanjutnya adalah MicroAd, sama seperti Geniee, MicroAd adalah PPC yang berasal dari Jepang. Meskipun dari Jepang, tahun kemari MicroAd baru saja membuka kantor di Jakarta.

Saya pernah sekali mendaftar di MicroAd, tetapi aplikasi saya ditolak. Untuk saat ini, saya belum mendapatkan informasi lebih lanjut tentang MicroAd.

Jika kamu penasaran seperti apa saja iklan MicroAd kamu bisa melihatnya di demo MicroAd.

KiosKed

Saya tidak begitu tahu tentang KiosKed, yang menarik menjadi perhatian saya, KiosKed ini memiliki ‘rasa’ yang unik. Iklan yang mereka tampilkan sekilas tidak seperti iklan. Pertama kali saya melihat KiosKed yaitu pada website OkeZone.

Ketika saya mencoba mengirimkan aplikasi, sayangnya untuk saat ini KiosKed hanya menerima beberapa publisher saja, belum secara umum.

We are delighted to see that you are interested in monetizing your online content with Kiosked.

As we are currently rolling out our service we only take on board small groups of users based among other things on country and category. This way we can ensure that we have the best service for each specific website and region.

You will be one of the first to know when Kiosked is available in your area and category.

Penasaran seperti apa iklan KiosKed? Kamu bisa melihatnya di bawah:

**

Jika disuruh memilih, jika mungkin saya memilih Geniee kemudian KiosKed dan terakhir adalah MicroAd. Alasannya saya memilih Genuee cukup simple, karena tim bantuan mereka sangat humanis. Mereka memperlakukan publisher sangat istimewa. Bahkan ketika trafik saya drop, saya tetap merasa bahwa saya sangat diperlukan.

Sebenarnya saya masih memiliki daftar PPC lain alternatif AdSense, tetapi menurut saya, ketiga PPC ini adalah PPC yang paling siap untuk menerima publisher lokal (bahasa Indonesia) untuk 2015.

So, bagaimana pendapat kamu? Jika kamu memuliki alternatif lain, kasih tau saya yah ;)

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • Agath August 17, 2015, 9:56 am

    Mau tanya mas, untuk situs news dan prediksi bisa diterima gak? Saya mau coba daftar di GA tapi takut kena banned.

  • ruid August 17, 2015, 1:06 am

    saya punya blog yang pengunjung nya masih sedikit mas,, bisa kasih saran gak ads apa yang cocok,, dan rata rata visitornya berasal dari media sosial.. makasih

  • bomberprofit August 11, 2015, 8:25 pm

    bagaimana dengan perkembangan ppc kliksaya apakah masih bagus?
    melihat ulasan kiosked, kok sepertinya menarik yah, apa syaratnya, kawan?

  • eko July 31, 2015, 8:12 am

    kiosked skrg populer banget,,,,, portal-portal banyak ya memakai itu,,, jd penasaran syaratnya apa ya?

  • Fajar July 22, 2015, 11:34 am

    Makasih infonya brooo

  • Bambang July 19, 2015, 1:30 pm

    wah banyak juga pendatang baru untuk PPC
    klo bayarannya lebih gurih dari GA mau dong :D

  • Dee July 4, 2015, 9:54 pm

    Thx gan reviewnya, jadi nambah informasi website PPC yang ane tau selama ini. Sayang saya belum pernah nyoba jadi publisher website PPC diatas.

  • MutiaraPublic June 4, 2015, 9:35 pm

    Terima Kasih gan.., berkat tulisan agan salah satu website kami sudah memasang iklan Geniee, dan hal itu terbukti lumayan legit $$$. dan disamping itu iklannya juga premium dan admin-nya juga ramah-tamah.

    Salam Sukses buat publisher indonesia. !

  • Muhammad Isra June 4, 2015, 11:29 am

    Terima kasih untuk artikelnya mas,, saya juga baru saja mencoba untuk daftar ke berbagai PPC IDBlogNetwork

  • bandaro kayo May 29, 2015, 11:54 am

    Sayang kunjungan web saya masih ratusan…. siap belajar dari suhu… terimakasih infonya…

  • Kang hendi May 26, 2015, 2:25 pm

    Wah ternyata ppc selain dari adsense banyak juga ya mas?, jadi pengen coba!

  • Muhammad Isra May 20, 2015, 9:24 am

    Kayaknya masih begitu lama kayaknya blog yang saya miliki untuk menggunakan PPC karena visitor masih dibawah 200, tapi informasi ini sangat membantu dan menjadi wawasan bagi saya…
    Terima kasih untuk infonya… semoga sukses selalu..

  • Hendra May 18, 2015, 6:14 pm

    Terima kasih artikel nya..
    punya pengalaman kerja sama dengan infolink ?
    share juga dong artikel nya.. :)

  • Arane Aangtofa May 15, 2015, 6:30 pm

    Sudah nyoba access trade gan?, gimana menurut anda, saya sudah daftar dan di approve tapi belum masang iklannya sedang nyari referensi dulu.

    Kan cape juga, dah getol buat artikel utk nampilin iklannya eh rupanya gak ada hasilnya he he

  • Hendra April 29, 2015, 9:54 am

    Kalau saya pribadi sih sebener nya lebih tertarik sama Google adsense..tapi belum berani nyoba daftar. Masih pemula soal nya.. takut kena banned..hehe
    Kemarin daftar ke AdsenseCamp, gampang di aprove, tapi belum pasang iklan nya. Soal nya banyak review negatif yang saya baca mengenai adCamp. Kalau nurut mas, gimana ?
    Trims

  • Jamal April 26, 2015, 12:37 am

    Saya juga tertarik dengan KiosKed Ads setelah beberapa bulan belakangan ini meliat iklan dari situs-situs besar media Indonesia.

    Iklannya kalau boleh dibilang mantep banget. Tidak hanya content artikel, gambar, video, aplikasi juga nongol tuh iklan.

    Sayangnya menurut info memang buat daftarnya sekarang hanya untuk situs-situs besar yang memiliki authority besar.

    Jadi situs esek-esek kayak spammer kayak saya kagak bisa tembus kayaknya. Hahaha

    • Nadiar AS April 28, 2015, 1:26 pm

      Saya kemarin dapat laporan sudah di approve, cuman gitu, tidak ada email balasan lagi.

  • Fery April 23, 2015, 12:07 am

    Wah…, ternyata banyak juga ya selain adsense, saya baru belajar soalnya :)
    Makasih infonya mas…

  • Ibrohim April 20, 2015, 8:16 am

    Ilmu baru nih. Sampai saat ini saya baru menggunakan adsense. Belum berani yang lainnya, UV masih sedikit.

  • Arfi April 15, 2015, 6:49 pm

    Terima kasih mas atas infonya. sangat bermanfaat sekali bagi saya. dari daftar ppc di atas, cuma SITTI dan IdBlogNetwork yang pernah saya dengar.

  • Kang Kumis April 9, 2015, 5:00 pm

    Sepertinya harus menunggu pengunjung unik dulu, seperti dari search engine untuk mendaftar ke berbagai ppc, kalau banyak pengunjung dari sosial media itu bagaimana mas?

    • Nadiar AS April 9, 2015, 5:15 pm

      Iyah, memang begitu. Kunci bermain PPC/CPM itu trafik organik, tanpa trafik organik memang susah.

  • Hapryanto April 6, 2015, 7:23 am

    Wah thanks infonya saudara nadiar… Jadi minat untuk daftar pas lagi cari ppc ok untuk trafik indonesia, tapi dari ketiga premium PPC yang saudara Nadiar tulis, minum impresinyaa sangat tinggi… saya cuman punya 1ok-an uv-nya/bulan,,,

  • KotakNews March 27, 2015, 9:46 pm

    untuk harga klik iklan Geniee berapa gan ?

    • Nadiar AS April 7, 2015, 6:14 pm

      Geniee harga kliknya tergantung dari mana pengunjung berada. Untuk Indonesia rate-nya rendah.

  • rzlfotocopy March 17, 2015, 7:06 pm

    kalau visitor masih 200 an mnding main ppc apa ??

    • Nadiar AS April 7, 2015, 5:39 pm

      Saya kira 200 visitor masih susah untuk PPC apa saja. Saran saya, bangun aja dulu sampai 1000 visitor.

  • muzi March 16, 2015, 3:21 pm

    mas mau nanya nich untuk adplus di bayar kan menurut hitungan impresi per seribu tayang. kira-kira kalau 6-8 ribu page view bayarannya berapaan mas? Menurut mas, apa sekarang adplus masih bagus mas. Thanks mas jawabannya.

    • Nadiar AS April 7, 2015, 5:08 pm

      kalikan saja 4000. Biasanya harga per seribu impresi Rp. 4000

  • rzlfotocopy March 11, 2015, 12:53 pm

    kalau visitor masih 1000 mnding main apa gan ?? selain publisher nya google ??

    • Nadiar AS April 7, 2015, 4:59 pm

      Saya kira untuk PPC, KlikSaya bagus.

  • Aries Asharry March 6, 2015, 8:18 pm

    Bener sekali mas, tapi tetep saja GA menjadi pilihan yang utama, dan masih menjadi primadona :)

  • Adjie Purbojati March 5, 2015, 3:18 pm

    Mas, mau tanya. Ini keluar topik sih, abisnya gak tau lewat mana saya bisa tanya.
    Blog ini kan pakai SSL kan. Itu kenapa alasannya mas? sedangkan ini kan cuma blog, nggak ada transaksi apapun. terima kasih banyak :)

    • Nadiar AS April 7, 2015, 4:31 pm

      Kebetulan saya pakai SSL CloudFLare, jadi tidak membayar sedikit pun. Karena gratis saja.

  • clara March 2, 2015, 11:31 am

    Xiexie atas infonya mas. Sy melamar ke geniee dan kiosked 5hari yg lalu, kemaren ada balasan diminta upload attachmen skrinsut untuk pv dan visitors/month juga data2 geolocation. Semoga diterima ya <3

    • Nadiar AS March 30, 2015, 11:52 pm

      Amiiiiinn. saya juga baru bergabung dengan Geniee, menunggu tag iklannya aktid sekarang.