≡ Menu
Pabelog

COPAS atau Copy Paste begi Seorang Blogger

in Blogging

2008 saya berkenalan dengan apa itu yang disebut blog, mulai dari blogspot sampai wordpress sudah saya coba, tidak ada yang membedakan dari fungsi utamanya.

Kegiatan menulis di blog biasanya disebut blogging. Dari blog saya belajar banyak tentang dunia internet, teknologi, berita terbaru, mencari uang lewat internet, cara buat script, sampai membuat template blogspot.

Saya tidak tahu apa itu SEO, SERP, dan Research Keyword, yang saya lakukan adalah menulis hal yang saya suka.

AHasilnya blog saya sangat tidak bagus, widget di sana sini, category berantakan, iklan dimana-mana, dll. Sampai akhirnya saya melihat blog teman yang katanya dia bisa makan bakso dari uang ngeblog. Saya heran kok bisa? sedangkan blog saya hanya menempel iklan affilate seperti banner ziddu yang waktu itu lagi ramai.

Mengenal Program PPC (Pay Per Click)

KumpulBlogger adalah PPC pertama yang saya daftar, tetapi sampai hari ini saya belum pernah Pay Out dari KumpulBlogger, alasannya karena saya tidak fokus dengan PPC tersebut. Setiap kali ada PPC baru saya daftar dan terus memasang script iklannya, tetapi tidak juga ada yang mau klik.

Intinya untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari PPC yaitu dengan fokus pada satu PPC, tidak mengkombinasikan PPC di blog kita.

COPY PASTE

sumber: http://vi.sualize.us

Jalan Pintas –> COPAS (Copy Paste)

Main game pun ada tingkat kejenuhannya, apalagi blogging. Ketika saya sudah tidak punya ide, tetapi saya ingin mempunyai banyak visitor, hal yang terlintas di pikiran saya adalah COPAS.

Semua ide postingan blog saya dulu itu adalah COPAS dari blog lain, saya belum tahu kalau di dunia blogging ada aturan khusus jika mau COPAS.

Ketika saya tahu bahwa COPAS ada aturannya, saya tertantang untuk membuat blog yang benar-benar hebat dan berkualitas. Saya berusaha “sekuat tenaga” untuk menulis sebaik dan semenarik mungkin. Kenapa saya tertantang? ini alasannya,

Aturan COPAS untuk Blogger

  • Kita Boleh COPAS asalkan memberikan Backlink pada blog yang di COPAS.
  • Menuliskan nama blog tersebut
  • Meminta izin untuk di COPAS pada pemilik blog

Nah karena aturan itu saya membuat post yang menarik supaya orang memberikan backlink ke blog saya, itulah alasannya. Dan alasan kenapa blog pertama saya, saya hapus karena terlalu banyak artikel orang yang saya COPAS.

Mulai Serius Blogging

Kapan tepatnya mulai serus blogging?

Saya artikan serus di sini adalah serius untuk mandiri, artinya saya tidak lagi memakai servis gratis. Saya mulai menyewa domain dan hosting tahun 2010, dari tahun 2010 tersebut saya tahu berbagai macam jenis hosting karena saya sudah empat kali pindah tempat hosting, bayangkan saja dalam satu tahun saya mengganti hosting empat kali.

Kok bisa gitu?

Alasannya karena blog saya berat dan sering down. Murah memang murah, tetapi performanya juga murahan.

Dari serius ngeblog itulah saya mulai dapat menikmati makan bakso lewat uang ngeblog, saya sudah tidak melakukan COPAS lagi. Saya menaati semua permainan blogging dan saya enjoy.

Terimakasih COPAS karena sudah membuka jalan saya. Dengan tulisan yang mungkin “berkualitas juga” saya mendapatkan traffik dari blogger-blogger yang men-COPPAS postingan saya.

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • Irfannur Diah February 18, 2015, 2:43 pm

    wah, kisah yang Inspiratif .. saya mengenal dunia blog dan web tahun 2009 dan baru bulan ini mencoba untuk memulai Serius Blogging. :D semoga pengalaman diatas bisa jadi strategi awal , terima kasih

    • Nadiar AS February 18, 2015, 3:06 pm

      Amin, semoga nanti bisa ketemu ya pas sukses.

  • Anchon August 14, 2013, 9:37 am

    mas nanya juga, kalo membuat

    Privacy Policy, Disclaimer dan
    Terms of Service

    itu harus satu2 ya?
    gak cukup hanya Privacy Policy aja?

    mohon bimbingannnya,

    • Nadiar AS August 15, 2013, 3:56 am

      Saya hanya memakai Pripacy Policy dan Trems of Service saja di semua blog yang memakai Adsense. Sebaiknya kamu juga begitu, untuk berjaga-jaga :)

      • anchon August 15, 2013, 7:46 am

        owh ya,mas tolong sambangi,cek blog saya mas,apa yang harus saya perbaiki lagi seblum daftar adsense,posnya blm trlalu banyak,sebagian ada yg hsil copas jg,meski gk ngkut aturan,ma’lum br nyba blajar ngeblog

        maksh review nya.dan jawbnnya

        • Nadiar AS August 15, 2013, 8:14 am

          Saya belum lihat blog kamu, tapi dari domain udah keliatan ko. Sebaiknya untuk mendaftar Adsense pakai domain .com .net atau domain TLD populer lainnya. Usahakan Jangan Copas dan meniru blog lain, coba cari “identitas blog” kamu.

          Blog yang unik sekarang disukai google lho.

          • anchon August 15, 2013, 8:23 am

            knp dr dmain nya mas?krang populer ya?ya ma’lum mas grtsan,msih2 nyoba2.

            sip sarannya mas akan saya jalankan

            bisa lebih rinci lg mas,tentang identitas blog itu?idntitas bwt blog yg cmpuraduk kira2 apa ya?apa hrus fokus ngebhas 1 msalah,

          • Nadiar AS August 15, 2013, 9:34 am

            Pakai saja dulu PPC lokal seperti kumpulblogger atau kliksaya, setelah traffik cukup, coba-coba pakai PPC premium. Maksudnya identitas, ketika visitor masuk pertama kali ke blog, pas keluar dia dapat kesan dari blog itu. Kalau blognya tidak uniq, nanti dia lupa, kemungkinan visitor gak balik lagi.

  • anchon August 14, 2013, 9:00 am

    banyak belajar dari blog mas ini,mohon bimbingan nya.

  • linxets November 26, 2012, 10:28 am

    yeah, ane setuju ama ini pendapat,.
    ane jujur sering bsen ama nlis, bahkan kalo setahun saya bisa di katakan buat domain lebih dari 5, baik berbayar ataupun gratis..

    alasan ane sih sederhaha, bosen sama yang itu2 aja, biarpun tuh blog udah bagus rangkingnya, rela ane tinggal..

    kaloo sekarang sih jujur ane biar gak terlalu mikir ngeblog, ane pake blog gratisan, dan artikel sesuka ane, kadang kopas, tapi tetep beretika…
    hehehehe, salam aja deh..

  • dwi gunungkidul June 5, 2012, 9:00 am

    kalau artikel kebanyakan copas rasanya kurang PD, hehe.
    mau tanya mas, itu iklan yang di bawah post sama di sidebar iklan apa ya? pengin nyoba juga.

  • Fattah April 16, 2012, 7:06 pm

    Wah, ternyata agan mempunyai sejarah panjang didunia perblogeran. salut deh, kalo ane hanya newbie yang tidak ber-earning.. tetap semangat menjadi blogger dan tunjukan kepada dunia bahwa blogger juga manusia. :D

    • Nadiar AS April 18, 2012, 12:32 pm

      meskipun sudah lama, tp ilmu saya masih dangkal kok.