≡ Menu
Pabelog

Cara ‘Resize’, ‘Convert’ & ‘Compress’ Gambar Hanya Satu Detik

in Software

Sebagai seorang blogger, kurang rasanya jika di dalam sebuah post tidak ada gambar. Gambar bukan hanya menjadi pelengkap dari sebuah tulisan, tetapi juga menjadi hiasan dalah sebuah post.

Ada kesulitan ketika gambar yang kita ambil dari kamera akhir-akhir ini ber-resolusi tinggi. Yaitu pekerjaan tambahan Me-resize, convert, atau bahkan meng-convert. Langkah yang saya ambil adalah buka photoshop, load gambar, dan lakukan operasi yang diinginkan.

Berapa lama waktu yang saya buang untuk melakukan tersebut di Photoshop?

Jawabannya sekitar 30 detik sampai dua menit, tergantung dari besar resolusi gambar yang kita edit. Pertanyaannya sekarang, bisakah kita melakukan operasi resize, convert, atau bahkan meng-convert dalam satu detik?

Jawabannya bisa, dengan free software sederhana ini yang bahkan ukurannya tidak mencapai 1MB, kita bisa melakukan ketiga operasi gambar tersebut dalam satu detk saja.

Download SendTo-Convert

Jujur saja ide aplikasi ini sangat sederhana, cuman klik kanan maka semuanya beres. Akan tetapi, saya sangat merasakan manfaatnya.

Pertama kita hanya perlu install dan konfigurasi setting seperti apa yang kita inginkan. Selanjutnya kita tinggal klik kanan > send to.

SendTo Convert Profile

SendTo Convert Profile

Format gambar yang didukung seperti png, jpg, bmp, dan gif. Untuk mengoprasikannya tinggal klik kanan pada gambar > pilih send to > Send-to Convert.

SendTo Context

SendTo Context

Untuk saat ini, aplikasi ini baru berjalan di Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.

Download Send-to Convert (dropbox)
Download Send-to Convert (official)


Jangan lupa ceritakan pengalaman kamu memakai Send-to Convert di sini. Kasih tau saya jika kamu merasa kesulitan dalam installasi atau ada masalah.

Semoga membantu :)

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • Diah Ayu Wulan Sari January 8, 2015, 9:59 pm

    Terima kasih sekali ka, artikelnya sangat membantu saya untuk mengupload nilai yang ukurannya tidak lebih dari 1MB… Alhamdulillah langsung bisa dijalankan :)

  • eko hariyono January 20, 2013, 1:20 am

    hai.. iya ni a jg pake dropbox..tp lom bs menjalankan… trima kasih ya ulasannya… akan ku cb pelajari dulu… see ya…..thanks you