≡ Menu
Pabelog

Cara Tepat & Cepat Memperbanyak Like Fan Page Facebook Tertarget

in Media Sosial

Fan page bayak yang like di facebook, bukankan itu harapan kita membuat fan page?

Jangan remehkan fan page dalam mendatangkan trafik. Trafik dewasa ini tidak hanya melalui SEO. Fan page yang dikelola dengan baik selain bisa mendatangkan trafik, juga bisa meningkatkan sales.

Membangun trafik melalui social media biasanya disebut SMO (Social Media Optimization). Yang menarik dari SMO adalah efektivitas. Kenapa? Orang yang aktif di social media biasanya mereka yang berusia produktif, mereka biasanya berusia 15 sampau 35 tahun. Alasan itulah kenapa saya sebut fan page yang dikelola dengan baik bisa mendatangkan sales.

Sayangnya masih sedikit blogger yang melihat celah ini, sekarang saya berusaha membangun itu semua. Di Indonesia sendiri facebook masih menjadi favorit.

Baca: Belajar SEO Dasar, Kenapa Mereka di Halaman 1.

Selain sebagai media promosi, fan page juga bisa kita jadikan sebagai media komunikasi dengan visitor blog kita. Kita bisa meminta feedback dari mereka.

Lalu bagaimana cara memperbanyak like fan page, terutama facebook?

fan page banyak yang like

Aktifitas orang-orang di sosial media memberikan dampak positif bagi orang-orang marketing, hal ini mempermudah mereka mempromosikan produk.

Traffic > Lock > Trust

Apa maksdunya?

Sebanyak apapun trafik yang kamu punya, itu tidak masalah. Yang akan kita pikirkan adalah bagaimana visitor datang untuk kedua, ketiga, keempat, … kalinya.

Cara meningkatkan like fan page facebook ini mungkin akan sedikit ‘memaksa’, tetapi syaratnya kita harus memberikan jaminan untuk tidak memberikan SPAM!.

Ingat, semua orang tidak suka dengan spam.

Untuk memperbanyak like fan page tertarget, kita harus menghindari SPAM konten. Berikanlah yang pasti disukai semua orang, setelah itu coba berbagi mengenai hal-hal dalam niche yang kamu kelola.

Contoh:

Engagment fan page yang saya kelola dengan membagikan konten niche blog hanya sekian persen, masih di bawah 5%. Tetapi ketika saya memberikan konten meme yang sedang populer, engagment-nya meningkat sampai 30%. Hal tersebut saya lakukan secara berkala, lalu saya coba membagikan kembali konten niche blog. Tidak disangka hasilnya menjadi 20%.

Baca: Fan Page Banyak yang Like menurut Masshable.

Fan Page Banyak yang Like dimulai oleh Traffic

Kamu harus mempunyai trafik untuk memperbanyak like fan page. Setelah itu kita akan memaksa mereka untuk me-like fan page kita.

Cara yang akan saya sebutkan untuk meningkatkan like fan page facebook ini memerlukan kreatifitas dalam memasang penempatan posisi ‘like button’.

Kita akan memakai plugin yang bernama WP-Super-popup, sayangnya plugin ini sudah tidak tersedia di database wordpress.org. Namun, kamu bisa mendownloadnya di blog ini.

Download WP-super-popup.

Kurang lebih nantinya tampilannya akan seperti di bawah:

fan page banyak yang like

meningkatkan like fan page facebook memakai plugin wordpress wp-super-popup

Install dan aktivasi plugin, lalu masuk pada menu Super-Popup. Pada pilihan Popup content load mode pilih Embed the following plain HTML content. Lalu masukan kode facebook fan page.

Kode facebook fan page kalian bisa dibuat melalui halaman Like Box Facebook Developer.

Nantinya setiap visitor mengunjungi blog kita, mereka akan disuguhi popup untuk me like blog kita. Cara ini sedikit memaksa, tetapi sangat ampuh.

Tidak cukup dengan WP-Super-Popup, kita juga akan seedikit ‘memaksa’ pengunjung dengan cara menempatkan like box di posisi yang strategis yang selalu dapat dilihat.

Metode yang saya pakai adalah memakai CSS positioning. Saya memberikan nilai fixed, sehingga like box terus mengikuti. Contohnya seperti yang kamu lihat di sedebar kanan blog ini.

Memperbanyak like fan page memakai metode ini sangat ampuh. Kita hanya memasang widget like box, atau menempatkan script like box di ujung bawah sidebar. Lalu jadikan itu terus mengikuti arah pengunjung.

Caranya,

  1. Install plugin Q2W3 Fixed Widget, lalu aktivasi
  2. Masuk ke Apearance > Widgets
  3. Pada bagian Available Widgets pilih text, lalu isi dengan kode like box yang kita dapatkan dari Like Box Facebook Developer. Drag and Drop ke sidebar.
  4. Perhatikan bagian bawah widget, akan muncul opsi baru fixed widget, centang pilihan itu lalu save. BOOM!! widget akan mengikuti visitor.

    meningkatkan like fan page facebook dengan sticky widget

    Lihat bagian bawah, centang pilihan fixed widget, nantinya widget akan mengikuti ke arah mana saja visitor.

Meningkatkan like fan page facebook ..?

Seperti yang saya bilang sebelumnya, setelah kita mendapatkan like yang banyak. Jangan berikan calon pengunjung blog kita hanya link saja. Usahakan untuk memberikan value lebih. Berikan informasi lucu atau yang sedang menjadi tranding topic.

Dengan mengajak calon pengunjung berdiskusi, kita akan mendapatkan trafik tertarget. Bukan hanya masuk blog lalu keluar lagi. Cara ini hanya akan meningkatkan bounce rate saja.

Saya berharap trik memperbanyak like fan page facebook ini bisa sangat membantu. Jangan lupa untuk like juga post ini atau bagikan ke teman lain.

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • Tukang Marmer April 6, 2015, 9:06 am

    Keren banget tutorialnya tentang ” cara nambah like fanspage ” ini,terimakasih kawan sudah berbagi,selama ini kelemahan saya hanya masalah ” cara nambah like fanspage ” ,dan baru dapet solusi terinci disini.,.. makasih kawan…Terimakasih dan salam kenal

  • prasty September 6, 2014, 2:35 pm

    bang trik diatas cuma bisa buat wordpres

  • Dikatama August 12, 2014, 3:12 pm

    thanks infonya . . .

    kalau saya ngga mikirin target, yang penting bagian content fanspage itu sendiri, selain buat sales kita jadi naik, kita juga bisa mengedukasi orang dengan bahasa kita .. .. ..
    tapi boleh juga sesekali di iklan di facebook :D
    . . .

  • Riki July 2, 2014, 4:14 am

    Kalau saya belum terpikir sampai ke situ karena. Traffik blog saya masih sangat minim sekali… saya menungu target dari traffik saya tercapai setelah itu baru saya pasang cara di atas mas…

  • Ceria May 22, 2014, 12:29 pm

    belum mempunyai pengikut, buat blog juga masih asal2an, hehe

  • Faradiba Achmadi March 12, 2014, 11:29 am

    Popup Lightbox memang terbukti cepat sekali meningkatkan jumlah fans, saya agak terlambat menyadari, dulu terlalu fokus SEO sih, padahal konversi penjualan dari Facebook jauh lebih tinggi.

  • Rizkyzone September 22, 2013, 8:16 pm

    kalau saya sementara ini hanya asal2an mas, isi konten fans page sekedarnya saja