≡ Menu
Pabelog

Cara Saya Memilih Tema WordPress Terbaik dan SEO Ready

in SEO, Wordpress

Memilih tema wordpress bukan hanya sekedar keren atau terlihat menarik. Banyak hal yang harus diperhatikan, seperti tema wordpress seo atau tidak.

Ketika saya memutuskan untuk pindah dari blogger ke WordPress, saya merasakan bahwa WordPress lebih susah daripada blogger. Tetapi, sekarang saya malah lebih memilih WordPress jika ditanya mana platform paling mudah untuk blogging.

Hal yang pertama yang selalu saya perhatikan dalam blogging adalah tema, saya ingin kalau tema yang saya pakai adalah tema wordpress terbaik dan berbeda dari kebanyakan. Tujuannya agar pembaca merasa nyaman dan berlama-lama di blog saya.

Saya selalu mengibaratkan dengan sebuah toko, toko yang berantakan membuat pengunjung tidak betah, tetapi toko yang bersih dan nyaman akan membuat pengunjung berlama-lama dan betah.

memilih tema wordpress

memilih tema wordpress

Memilih Tema WordPress Terbaik

Saya sudah mencoba 5 Tema Premium WordPress pada ngeblog.co, sejujurnya mengganti tema bukanlah semudah upload dan mengganttinya.

Ada beberapa pertimbangan jika kita ingin mengganti theme untuk blogging.

Tema WordPress SEO

Percaya atau tidak, ketika saya mengganti tema dari versi yang free ke versi yang premium, saya merasakan dampak yang lumayan dari segi SEO. Terutama setelah saya memakai Thesis Framework.

Pertama saya merasa heran kenapa pengunjung yang saya lihat dari Google Analytic meningkat perharinya. Ketika saya cermati tangggalnya, tanggal tersebut adalah tanggal dimana saya memutuskan untuk berganti tema.

Hal ini wajar, karena tema premium lebih sedikit yang pakai dibandingkan tema gratis. Search Engine lebih suka dengan yang unik.

Selain itu SEO WordPress themes, memiliki beberapa opsi SEO. Dengan begitu kita tidak perlu install plugin seperti All in One SEO.

tema wordpress SEO

tema wordpress SEO

Tema yang Ringan

Tidak semua tema ringan, kebanyakan tema hanya melihat dari sisi keindahan atau eyes catching saja. Padahal, tema yang ringan akan membuat google melihat blog kita lebih baik daripada blog lain. Selain itu, blog yang ringan juga menekan menurunkan “bounce rate”.

Coba bayngkan, kita tahu koneksi internet di dunia beraneka ragam. Untuk orang luar negeri mungkin koneksinya lebih baik dari kita sehingga tidak masalah untuk loading blog seberat apapun.

Tetapi, bagaimana jika dia pengunjung yang memiliki koneksi lemot?

Begitu dia tahu loadingnnya lama, saya yakin dia tidak sempat membaca dan akanlangsung menutupnya. Jadi tentulah tema wordpress terbaik dan tema wordpress seo salah satunya adalah tema yang ringan.

Kesimpulannya, kita juga harus memerhatikan keringanan dari suatu theme.

Mudah Kostumisasi

Tema gratis biasanya menyediakan opsi yang sedikit jika kita ingin mengkostumisasi tema. Adapaun cara jika kita ingin mengkostumisasinya adalah dengan menulis ulang file .php atau meminta bantuan WordPress designer.

Ada kabar baik dan kabar buruknya. Kabar baiknya dengan langsung mengganti .php-nya kita bisa lengsung melihat perubahannya, kabar buruknya, ketika kita melakukan kesalahan kita harus meng-editnya lewat ftp atau me-reupload. Membayar WordPress designer juga tidak murah.

Berbeda dengan tema premium, tema premium biasanya menyediakan opsi kostumisasi lewat opsi dari panel tema. Mereka juga biasanya menyediakan support dan WordPress tutorial. Artinya kapan saja kita bisa mengembalikan setting tema seperti semula.

tema wordpress terbaik

mudah dikostumisasi

Thesis Framework

Thesis bukan sekedar theme, tetapi framework juga. Dengan thesis saya bebas mengkostumisasi tema ingin seperti apa, pilihan yang disediakan banyak. Memang, thesis sekilas tidak seperti tema premium, tetapi kita bisa merubah ingin seperti apa nantinya.

Selain Thesis ada juga Genesis, saya kurang tahu apa perbedaan keduanya. Alasan saya memilih thesis adalah rekomendasi dari banyak teman blogger dan SEO-nya.

Thesis juga sudah mendukung markup schema. Artinya artikel kita akan mudah ditemukan oleh search engine.

Itu pengalaman saya mengganti Tema wordpress sampai sekarang. Intinya, jangan sekedar melihat dari tampilannya saja. Kalau rekan blogger sendiri gimana?

Memilih Tema WordPress Gratis

Bukan merarti tidak ada tema WordPress SEO yang gratis, jawabannya ada.

Tema default WordPress juga saya yakin ringan dan SEO. Untuk tema gratis, selain tema default wordpress, saya sangat merekomendasikan tema gratis dari Jauhari. Belau menulis tema dengan rapih dan ringan.

Kasih tahu saya jika kamu mengetahui tema WordPress terbaik dan tema WordPress SEO gratis yang sudah kamu coba.

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • Ari Tunsa August 11, 2014, 12:41 pm

    memang yg gratis itu susah nyari yang sesuai keinginan mas, hehe. kemarin saya nyari yg responsive, fast loading, dan enak buat adsense biar nggak kebanyakan plugin, tapi nggak dapet. Tema dari Jauhari yang gratis itu bisa dikasih link downloadnya mas? :D
    salam

    • Nadiar AS August 13, 2014, 6:50 pm

      Kamu bisa langsung pergi ke jauhari.net lalu pilih menu free premium theme, di sana kamu bisa mendownloadnya.

  • Daunan.net August 11, 2014, 10:43 am

    jadi baiknya kita make seo bawaan thema ( Thsesis/genesis ) atau make plugin seo gan ?

    • Nadiar AS August 13, 2014, 6:52 pm

      Saya suka dengan fungsionalitas SEO bawaan Thesis. Tetapi jika ditambah plugin SEO, juga tidak masalah.

      • Daunan.net August 14, 2014, 7:51 pm

        sip deh gan, soalnya saya juga make seo bawaan theme ( Genesis ).