≡ Menu
Pabelog

Step by Step: Cara Membuat Blog di Google Blogger, Blogspot

in Internet

Hallo! selamat datang wahai calon blogger di arsip.pabelog.com, website panduan lengkap ngeblog, — halah gayanya udah kayak masuk kerajaan aja. Ok, Sekarang saya akan menunjukan bagaimana cara membuat blog baru, tidak di wordpress, tetapi di blogger.

Blogger.com adalah penyedia layanan blog dari Google. Blogger.com sepenuhnya gratis, nantinya kamu akan mendapat blog dengan alamat berakhiran .blogspot.com. Saya juga dahulu kala pertama membuat blog di blogger.com, tepatnya sekitar tahun 2008.

Mari kita mulai saja, berikut adalah step-by-step cara membuat blog di blogger.

Step by Step Membuat Blog Baru di Blogger

Pertama, masuk ke alamat http://www.blogger.com dengan email gmail kamu, jika belum membuat email gmail, berikut cara daftar gmail.

Cara membuat blog

Masuk dengan memakai id gmail kamu.
Klik gambar untuk memperbesar.

Kedua, kamu akan dibawa ke halaman blogger. Di sini kamu harus membaca persetujuan dari blogger, kamu bisa skip membacanya. Selanjutnya klik tombol “Lanjutkan ke Blogger”.

cara bikin blog

Klik tombol “lanjutkan ke blogger”.

Ketiga, pada beranda blogger ini, kamu akan dikenalkan dengan beranda blogger. Untuk memulai membuat blog, klik tombol “Blog Baru” yang ada pada bagian kiri atas layar.

buat blog baru blogger

Klik tombol blog baru

Keempat, kamu memilih judul, alamat blog, dan tampilan blog. Untuk alamat blog, pastikan bahwa menuliskan alamat yang tersedia, kamu bisa mencoba dengan mengkombinasikan huruf dan angka.

tutorial membuat blog

Isi judul blog, alamat blog, dan pilih tampilan yang kamu suka.
Klik gambar untuk memperbesar.

Kelima, sampai di sini kamu sudah berhasil membuat blog baru kamu. Coba pergi ke alamat blog kamu di tab baru, ada kan? Tetapi sayangnya belum terdapat konten sama sekali. Untuk mulai menulis konten, klik icon pensil.

Cara menulis blog

Klik icon pensil untuk mulai menulis.

Keenam, selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman untuk menulis konten. Sekarang tugas kamu adalah meng-explore semua tool yang ada di bagian ini. Untuk menerbitkan tulisan, klik tombol “Publikasikan” pada bagian kanan atas layar.

cara membuat blog menarik.

Mulai menulis konten blog di blogger.
Klik gambar untuk memperbesar.

Selamat, kamu sudah berhasil membuat blog baru! Untuk membuat blog lebih menarik lagi. Kamu bisa pergi ke beranda blogger, lalu edit tampilannya.

berhasil membuat blog baru.

Tampilan blog baru.
Klik gambar untuk memperbesar.

Untuk memperjelas langkah-langkah di atas, saya menuliskan lagi di bawah, tanpa ada ilustrasinya.

  1. Login memakai data gmail kamu, jika memakai komputer public (warnet) pastikan jangan chek “Stay signed in”.
  2. Klik tombol “Lanjutkan ke Blogger”.
  3. Klik tombil “Buat Baru” yang ada pada bagian kiri atas layar.
  4. Tulis judul blog dan alamat blog yang kamu inginkan. Untuk alamat blog, kamu harus menulis yang belum tersedia. Selanjutnya pilih tampilan blog yang kamu suka. Terakhir klik “Buat blog!”.
  5. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman baru. Sampai di sini kamu sudah berhasil membuat blog di blogger, cek alamat blog kamu. Untuk mulai menulis klik icon pensil.
  6. Mulai menulis blog dengan topik yang kamu suka. Untuk menerbitkan tulisan, selanjutnya kamu klik tombol “Publikasikan”, yang ada pada bagian kiri atas.
  7. Pergi ke alamat blog kamu untuk melihat tulisan kamu, atau klik tombol “lihat”.
  8. Selamat! kamu sudah berhasil membuat blog keren di blogger!

**

Sekarang kamu sudah memiliki blog pribadi sendiri, kamu berhasil membuat blog baru. Selanjutnya saya akan menulis bagaimana merubah alamat blog blogspot menjadi tanpa blogspot. Tentunya kamu harus memiliki domain terlebih dahulu.

Jika kamu masih bingung dengan tutorial cara bikin blog di atas, jangan sungkan untuk bertanya atau berkomentar di bawah. Saya pasti akan menjawabnya. Selamat blogging! :)

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • ins.ide January 24, 2015, 1:31 am

    mau nanya gan..ane daftar gogle adsense kok ga bisa terus yaa..saya mengalami masalah di kolom “Kirim Permohonan adsense anda”. setelah klik lanjutkan lansung terdapat warning dengan tulisan merah bahwa “Silakan mendaftar ke AdSense langsung dari blogger.com.” Itu kiranya kenapa ya gan? mohon bantuannya

  • wemry December 29, 2014, 8:16 am

    mohon maaf agak nyerong pertanyaannya mas ndiar. untuk privacy policy, gimana cara bikinnya? terus apa saja yang harus kita isi untuk kebijakannya? jadi banyak nanya nih mas, terimakasih sebelumnya………..

    • Nadiar AS January 19, 2015, 8:22 am

      Saya mencontoh privacy pollicy yang umum saja.

  • deni October 11, 2014, 4:16 am

    Maaf bg mau nanya nih. Saya udah bikin blog. Tapi pas saya cari dari blog saya sendiri dari laptop yg berbeda ga pernah ketemu. Kecuali masuk in alamat nya sampai ke gmail.com nya. Truskan kalo uda ketemu. Kok beda. Ga seperti blognya abang ni. Kecuali saya sendiri yang nyari ketika login dengan akun saya. Beda. Kenapa.?? Terimakasih sebelum nya bang.

  • ipey rafael October 8, 2014, 12:11 pm

    kalo untuk blog dummi kira2 bagus ga gan blogspot?