≡ Menu
Pabelog

Cara Download Torrent Mudah & Cepat, Dengan atau Tanpa Software

in Software

Cara download torrent sebenarnya sangat mudah, yang kita butuhkan hanyalah torrent clinet seperti uTorrent atau BitTorrent.

Kelebihan download menggunakan torrent ada pada jaringannya, yaitu Peer to Peer. Dengan memakai jaringan P2P, kita tidak akan membutuhkan server lagi. Karena cara kerja download torrent adalah seed and leach. Gampangnya, setelah kita selesai download kita akan menguploadnya kembali untuk user lain.

Untuk yang belum tahu, torrent adalah sebuah file yang berektensi .torrent yang digunakan oleh torrent client untuk mendownload atau menyebarkan berbagai jenis file, seperti video, musik, gambar, dll.

Sedangkan menurut wikipedia id, BitTorrent adalah

sejenis program komputer yang mengurus proses mengunduh dan mengunggah data menggunakan protokol BitTorrent.

Cara download torrent yang pertama harus kita lakukan adalah mencari file berektansi .torrent, lalu download file tersebut seperti biasa. Selanjutnya, kita memakai torrent client untuk mendownload file yang ada pada .torrent tersebut.

Cara download file torrent tidak sampai disitu saja, biasanya user sering mengeluhkan kecepatan download torrent yang sangat lambat. Lalu bagaimana caranya supaya download menggunakan torrent cepat?

Cara download torrent dengan BitTorrent

Cara download torrent dengan BitTorrent

Cara Download Torrent Cepat

Agar kita mendapatkan kecepatan maksimal saat mendownload file torrent, ada beberapa prasyarat yang harus kita penuhi. Pastikan jika kamu memenuhi syarat berikut:

  1. Koneksi Internet yang cepat, hidari memakai dial up. Secepat apapun torrent, jika koneksi lamabt, download torrent tetap akan lambat
  2. Torrent Client, ex. Vuze, BitComet, uTorrent, BitTorrent, dll.  Saya sarankan BitTorrent.
  3. File Torrentnya. biasanya dalam bentuk .torrent untuk downloadnya.
  4. Seeder yang aktif dan cukup banyak.
  5. Ratio yang tidak terlalu kecil.

Cara Download Torrent

Oke, untuk mendownload melaui jaringan P2P, pastikan kamu memiliki file yang berektensi .torrent dan torrent client. kamu bisa mencarinya di beberapa situs torrent berikut:

  • Bit Torrent Monster
    Untuk mengunjunginya, http://www.btmon.com. Perlu diperhatikan bahwa protokol yang satu ini agak vulgar, jadi hati-hati untuk orang tua yang membiarkan anaknya berselancar ke bTmon ini. Cara download file torrent di bTmon cukup ribet. Protokol yang satu ini menawarkan berbagai objek seperti video, software, dan majalah yang sanat berlimpah.
  • BTJunkie
    Tampilan yang sederhana membuat beberapa leecher menjadikan protokol ini sebagai protokol favorit. Tidak hanya itu selain sederhana protokol ini pin terbilang lengkap, http://btjunkie.org.
  • Demonoid
    Protokol torrent yang satu ini cukup terkenal di kalangan leecher dan banyak pemakainya, artinya kemungkinan mendapatkan kecepatan maksumum download torrent dari situs ini cukup besar. Untuk mengunjunginya dapat melalui http://www.demonoid.com
  • IsoHunt
    Iso Hunt merupakan protokol torrent favorit saya, protokol ini merupakan salah satu protokol torrent terbesar dan terlengkap. IsoHunt banyak menawarkan objek dalam bentuk .iso seperti yang sedang saya download (Office 2010). Untuk mengunjungi alamat IsoHunt gunakan alamat http://isohunt.com.
  • SumoTorrent
    SumoTorrent merupakan protokol favorit saya dalam mendownload film dan anime terbaru. Hampir semua anima yang saya download saya cari di SumoTorrent, protokol ini menampilkandaftar objek per kategori-nya sehingga memudahkan dalam pencarian. Gunakan alamat http://www.sumotorrent.com untuk mengaksesnya.
  • nyaaTorrents
    Protokol ini merupakan protokol torrent terlengkap jika anda mau mencari musik, film, animasi, dan anime. Tampilannya cukup menarik, tidak terlalu banyak iklan. Untuk mengunjunginya cukup ketikan http://www.nyaatorrents.org/.

Setelah kamu mendapatkan file yang diinginkan, buka .torrent memakai torrent client, selanjutnya file akan di download secara otomatis. Jika kita memiliki ke lima syarat itu, kita akan mendapatkan kecepatan download maksimal.

Cara Download Torrent Cepat

Cara Download Torrent Cepat

Menggunakan Pihak Situs Torrent Downloader

Cara download torrent ini tidak membutuhkan client software. Idenya sederhana, sebuah website akan mendownloadkan .torrent yang telah kita upload/minta, lalu mereka menyimpannya file di server mereka. Selanjutnya, kita bisa mendownload file torrent seperti biasa.

  1. Zbigz: cara download torrent cepat
    Cara Download Torrent

    Cara Download Torrent: Zibgz

  2. Torrent2exe: cara download torrent cepat
  3. Cara Download Torrent Cepat: Torrent2Exe

    Cara Download Torrent Cepat: Torrent2Exe

Bagaimana? mudah bukan cara download file torrent? Jika kamu msaih bingung atau memiliki cara download torrent tidak standar, kasih tau kita yah.

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • Yoga November 21, 2014, 5:57 am

    Gan, ane kan download pake utorrent. Nah pas 1 menit awal kecepatannya tuh full bisa sampai 6MBps. Nah, setelah itu kecepatannya jadi anjlok hingga tidak bisa download sama sekali. Solusinya cuma di restart kompute.. Tapi lama lagi nanti checking nya. Dah selesai lagi sama aja 1 menit pertama full speed dan selanjutnya kagak jalan sama sekali. Ada saran?

  • Malik Al Syahar November 17, 2014, 9:38 am

    Pagi bro, mau tanya nih berhubung torrent. Beberapa hari yang lalu saya mendownload .torrent hingga 1,1TB, Yang ingin saya konfirmasi ketika proses DL itu selesai maka selanjutnya adalah proses Seeder, Saya mencoba cut/pindah hasil folder tersebut ke External Hardisk yang lain maka timbul pada saat proses pemindahan warning bahwa file tersebut sedang aktif sehingga file tidak dapat dipindah dengan sempurna, Bagaimanakah caranya agar saya bisa tetap menjadi Seeder yang baik namun file bisa saya pindahkan ke External Hardisk, Karena keterbatasan kapasitas di PC sehingga mengharuskan saya memindahkan data hasil torrent ke External Hardisk.

    Yang baik & benar stepnya seperti apa ya bro ??

    Kalau proses DL sudah berubah menjadi Seeder, terus saya pindahkan file tersebut ke External Hardsik dengan langkah seperti ini :

    Objek DL -> Click Kanan -> Advanced -> Set Download Location. File “Moving” apa sudah benar stepnya ?

    In Case :

    PC saya restart langsung saya coba cut data tersebut, BISA , namun di BitTorrent khususnya pada list yang data nya saya pindah berubah menjadi warna merah sehingga pergerakan seeder dll terhenti, Kalau kasus seperti itu apa data yang saya pindah ke External Hardsik corrupt ? atau masih 100% Complete mas ? Karena dari beberapa data yang saya buka menimbulkan beberapa kejanggalan Ex : WS7 -> Installasi -> Not Completed

    NB : Kebanyakan nanya nih bro, efek kehilangan data pribadi 2TB jadi TorrentGeek dulu sementara ini untuk “Recovery Data”

    • Nadiar AS November 17, 2014, 9:20 pm

      Saya kira torrent clinet (bittorrent)-nya belum mendeteksi file tersebut. Jika sudah 100% downloaded, pengalaman saya tidak pernah datanya corrupt.

  • bhuces October 8, 2014, 10:50 pm

    gan saya kan udah download video tapi yang terdownload hanya setengah terus downloadnya gak jalan lagi cuman uploadnya yang jalan tinggih lagi kecepatannya

    • Nadiar AS October 9, 2014, 9:09 am

      Download dari torrent memang seperti itu, tergantung dari kualitas torrentnya.

  • dinda June 23, 2014, 9:12 am

    mas tanya boleh? kalau setelah selesai download kan nanti di utorrent tulisannya seeding tuh, trus nanti file yang udah selesai di downloadnya di pindahin ke folder lain nah trus di utorrentnya file yang tadi jadi error trus gabisa seeding lg. gimana caranya supaya file yang selesai di download bisa di pindah ke folder baru tapi kita tetep bisa seeding? terima kasih.

    • Nadiar AS June 29, 2014, 1:06 am

      Di klik kanan, nanti ada pilihan pindah folder.

  • dor2dor May 17, 2014, 7:41 am

    gan kecepatan download ane di idm itu sampe 300kb an sedangkan di torrent kok anjlok jadi 6kb – 25kb. ada solusinya ga biar bisa cepet download torrent?

    • Nadiar AS May 20, 2014, 5:56 am

      IDM mengambil file langsung dari server, sedangkan torrent P2P, coba wikipedia apa itu P2P. Cari seeder yang banyak, tetapi leechernya sedikit.

  • Venantius May 5, 2014, 11:42 pm

    Zbig bukanlah cara mendownload torrent dengan cepat, terutama yang free. Karena limitasinya banyak (namanya juga layanan free pasti ada limitasinya).

    Kalau zbigz premium mungkin lebih cepat, walaupun tetap ada limitasinya (nggak bisa seeding dari private tracker) hal ini tentu percuma, udah keluar duit koq masih ada limitasinya.

    Oleh karena itu biasanya saya menggunakan vps untuk mendownload torrent, dan saya lebih sering mendownload dari private tracker karena di private tracker, kondisi file lebih terjaga.

    Memang sih, mungkin agak sulit mencari vps yang mengijinkan untuk torrent, sebab torrenting cukup banyak menggunakan resource, terutama apabila kita tidak bisa mensetting dengan baik aplikasi torrent yang terinstall di vps.

  • bung February 3, 2014, 6:10 am

    gan, kalau mau dilanjutin downloadnya ,karna terputus, file torentnya otomatis dilanjutkan gak ???

    • Nadiar AS February 3, 2014, 12:33 pm

      Tergantung seeder, tetapi kebanyakan jika seeder sebelumnya ada, download masih bisa dilanjut.

  • Fahrizal December 22, 2013, 2:58 pm

    Gan sya mau tanya ..
    Misalnya file torren baru aja di upload dan belum ada ada yg download dan gk ada seeder . berarti orang yang download pertama kali itu gk akan dapat file nya dong ??? Terimakasih..

  • Putra October 22, 2013, 3:08 pm

    mo tanya aja nih. .
    misal di file yg pgn gw dl itu blom ada seeder nya cuma ada leecher. . cara nya biar bisa download cepet sampe kelar gimana tuh?

    • Nadiar AS October 22, 2013, 5:59 pm

      Jika tidak ada seeder, mustahil kita bisa download. Seeder itu ibarat server file. Jika server file nya gak ada, kita tidak bisa download.

  • dean August 21, 2013, 1:00 pm

    mas, Mohon penjelasannya. saya menggunakan aplikasi uTorrent. di daftar aplikasi uTorrent saya ada folder MENDOWNLOAD, AKTIF, NON-AKTIF, SELESAI, DAN MENYEMAI. Kira-kira isi folder MENYEMAI dan NON-AKTIF boleh diapus gak terutama setelah kita selesai download? apa risikonya kalau isi folder dihapus? atas bantuan penjelasannya diucapkan terimakasih

    • Nadiar AS August 21, 2013, 1:39 pm

      Tidk, tidak akan berpengaruh apa-apa.

      Semoga membantu.

  • Adrey August 14, 2013, 11:45 pm

    mau tanya nih saya.
    kalo misalnya kita udah beres download, kan kita seeding tapi dihapus filenya dari torrent.
    kita masih bisa jadi seeder gak? (filenya masih utuh) apa harus download ulang baru bisa jadi seeder?

    • Nadiar AS August 15, 2013, 3:49 am

      Masih, selama tidak menghapus yang ada di dalam torrent client.