≡ Menu
Pabelog

Cara Beriklan di Internet: IdBlogNetwork vs Facebook vs Google Adwods

in Bisnis Afiliasi, Media Sosial, Pay Per Click

Lupakan sejenak menjadi publisher. Jika saya seorang advertiser, apa yang akan saya pilih? Iklan IdBlogNetwork? lewat Facebook? atau Google Adwords? Mereka menawarkan konsep cara beriklan di internet yang berbeda.

Di Indonesia, beriklan di internet melalui IdBlogNetwork, facebook, dan Google Adwords memang cukup populer. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Iklan IdBlogNetwork contohnya, mereka memiliki jaringan yang kuat dalam konteks blogger Indonesia. Dengan jaringan tersebut, advertiser bisa memilih metode periklanan, apakah dibayar per klik atau membayar satu kali untuk sebuah review.

Sering dengan banyaknya pengguna internet, pasar ini terus tumbuh. Tetapi masih banyak yang memakai metode menawarkan suatu produk melalui media cetak, elektronik, sampai secara langsung seperti papan reklame, baliho, dan poster.

Pertanyaannya, apakah semua efektif? tentu saja efektif jika kita memasang itu dengan tepat dan siapa target kita sebenarnya.

Cara Beriklan di Internet

Sekarang kita berbicara cara beriklan di internet, kenapa internet? karena potensi internet sangatlah besar.

Katakanlah kita memasang iklan di internet. Nah, karena begitu banyak pengguna internet, bagaimana kita bisa tahu bahwa iklan kita dilihat oleh orang yang tepat?

Jawabannya adalah database dan statistik.

Jika kita memiliki database dan statistik pengguna internet, kita bisa memilih ingin oleh siapa iklan kita dilihat. Ada beberapa layanan penyedia iklan yang bisa kita pilih, iklan idBlogNetwork, Google adwords, atau mungkin pasang iklan di facebook?

Pasang Iklan di Facebook

pasang iklan di facebook

Contoh Iklan Facebook

Kita tahu, facebook sangat populer di Indonesia. Pada sidebar kanan terdapat sederet iklan. Iklan itu ditampilkan tidak sembarangan, tetapi bedasarkan statistik pemakai. Karena statistik itu, facebook memiliki keakuratan yang cukup tinggi.

Contoh, misal kita mempunyai produk kecantikan. Tentu iklan kita ingin dilihat oleh seorang wanita dengan rentang umur sekian yang memiliki hobi tertentu.

Facebook memiliki data itu! Begitu kita pasang iklan di facebook, kita bisa memilih ingin oleh siapa iklan kita dilihat, berapa umur yang diinginkan, dari negara mana, ingin yang memiliki hobi apa, dll.

Karena itu, mengapa pasang iklan di facebook sangat efektif.

Jangan berpikir bahwa apa yang kita lakukan di facebook itu tidak dipedulikan facebook. Facebook peduli itu, karena pengguna facebook itu adalah database mereka. Setiap gerak gerik kita di facebook, mereka ‘merekamnya’.

Jika kamu tertarik dengan iklan facebook, pasang iklan di facebook.

Beriklan Melalui Google Adwords

Cara beriklan di Internet

Contoh iklan Google Adwords

Google AdWords merupakan media periklanan terbesar saat ini, banyak brand-brand besar yang beriklan melalui AdWords. Cara kerja AdWords, Brand > AdWords > AdSense > Publisher.

Dahulu ketika adsense belum support bahasa Indonesia, beriklan di adwords bisa saja tidak efektif. Tetapi, sekarang adsense sudah mendukung bahasa Indonesia, iklan kita akan lebih efektif dilihat oleh orang Indonesia.

AdWords Brand, > AdWords > AdSense > Publisher/Google

Dari siklus di atas, terlihat bahwa yang memasarkan iklan kita adalah publisher dan google. Publisher adalah mereka yang menaruh iklan adsense di website atau blog mereka.

Beriklan di internet melalui google adwords juga sangat efektif, karena google menerapkan sistem keyword. Contohnya, ketika pemakai internet mencari sesuatu dengan keyword “mobil murah”, maka iklan yang tampil akan berhubungan dengan mobil murah.

Tetapi berdasarkan pengalaman saya, jika pengguna memakai browser google chrome, iklan yang muncul mungkin tidak akan sesuai keyword. Kenapa? karena google bisa melihat history, cache, dan cookies di-browser. Lalu google memerhitungkan frekuensi yang paling sering. Dari situ relevansi iklan muncul untuk pemakai brwoser chrome.

Kamu bisa mencoba adwords, pasang iklan di Google Adwords.

Memasang Iklan idBlogNetwork

iklan idBlogNetwork

Halaman Depan idBlognetwork

iDBlogNetwork adalah media beriklan dengan cara melibatkan blogger-blogger indonesia untuk membantu penyebaran/spread marketing campaign dengan cara pemasangan banner dan penulisan review/testimonial.

IdblogNetwork.com didirikan oleh mereka yang berpengalaman dalam dunia IT dan digital online marketing di Indonesia, antara lain
1. Kukuh TW– founder kumpulblogger.com – layanan ppc lokal sejak january 2008
2. Mubarika Darmayanti – pernah bekerja pada AdMax, FeminaGroup dan Kelompok Kompas Gramedia
3. Moch Farid – IT Praktisi berpengalaman di bidang aplikasi programming dan infrastruktur

Dari data di atas, tentu idBlogNetwork tahu betul bagaimana pasar Indonesia. Karena pendiri mereka dari Indonesia.

Kekuatan idBlogNetwork ada pada jaringan blogger yang mereka miliki. Database blog dan blogger yang mereka miliki bukan sembarangan, mereka melakukan review yang ketat untuk sebuah blog diterima idBlogNetwork.

Iklan idBlogNetwork bersifat premium, artinya ketika kita memasang iklan di idBlognetwork, iklan kita akan lebih terlihat menjual.

Akan tetapi, keakuratan memasang iklan di idBlogNetwork tidak sehebat facebook dan Google Adwords. Karena iklan yang tampil di sebuah blog dihitung berdasarkan kesamaan niche blog dan umur. Kenyatannya, blog Indonesia sangat sedikit yang memiliki niche spesifik.

Yang menarik dari idBlogNetwork, mereka memiliki iklan review. Jadi produk kita akan direview dan dipromosikan oleh blogger di blog terbaik mereka.

IdBlogNetwork vs Facebook vs Google Adwods

Untuk sekarang, saya lebih memilih facebook sebagai media beriklan paling efektif di Internet. Indonesia sebagai salah satu negara paling banyak pengguna facebook dan tingkat keaktifan penggunanya menjadi alasan saya. Paling menarik, kita bisa memilih kriteria calon pelanggan kita.

Google Adwords sebenarnya sangat menarik, karena harga beriklan di Google Adwords bisa kita set semurah mungkin, tetapi tertarget. Jika tingkat persaingannya kecil, bukan tidak mungkin kita bisa membayar hanya 0,01 per klik.

Selain itu, Google Adwords juga memiliki fitur auto bidding. Kita tinggal set harga tertinggi kita, maka iklan kita akan dimaksimalkan. Mengenai targeting, google adwords tidak kalah dengan facebook.

IdBlogNetwork, jujur saja, semua fitur beriklan idBlogNetwork dimiliki baik Google atau Facebook. Yang menarik dari iklan idBlogNetwork, mereka memiliki iklan review, Cost per Sale, dan Cost per Tweet.

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • nurdian October 10, 2012, 8:05 pm

    Salam sukses pa, saya seorang marketing di bidang jasa, saya ingin sekali memasarkan produk saya agar dapat terlihat banyak org dan laku, saya kurang mengerti pemasaran online, mohon bantuan nya, inbox ya gan yg mau bantu / solusi.

    • Nadiar AS October 12, 2012, 2:44 pm

      sudah dibalas via emal :)