≡ Menu
Pabelog

Alasan Kenapa Seorang Blogger Gagal

in Blogging

Akhir-akhir ini saya merasakan bahwa setiap hari angka statistik pengunjung blog ini menurun. Saya kemudian bertanya, apa yang salah?

Alasannya mungkin ada dikonten yang kurang menarik, kurang update, atau bahkan SEO. Oke, saya abaikan masalah SEO, kemudian saya bangun kembali konten dengan update secara perlahan.

Hasilnya?

Perlahan tapi pasti, angka statistik blog ini mulai naik kembali. Saya kemudian sadar, kenapa banyak blogger yang gagal? Mereka biasanya bertanya seperti ini:

  • Gimana sih caranya ningkatin trafik blog?
  • Saya gak ngerti SEO, caranya gimana suapaya blog saya disukai google?

Oke, post saya kali ini akan membahas masalah tersebut.

Trafik?

Seringkali blogger menganggap bahwa trafik pada sebuah blog hanyalah angka-angka yang random. Mereka biasanya tidak sadar bahwa trafik tersebut adalah manusia. Karena tidak sadar, biasanya blogger memaksakan blog mereka dengan hal-hal yang tidak disukai manusia.

Seperti apa?

Mereka biasanya terlalu over dalam SEO, bahkan menulis bukan untuk manusia, tetapi untuk robot. Banyak kata yang dipaksakan dan tidak perlu, selanjutnya bold dan tanda miring di mana-mana.

*robot yang saya maksud adalah mesin pencari seperti google.

Selanjutnya desain dan iklan, saya sendiri tidak suka dengan blog yang desainnya tidak rapih dan iklan dimana-mana. Tetapi seorang blogger kadang tidak sadar terhadap hal tersebut.

Jika mungkin, saya ingin mereka membaca tulisan saya yang di bawah:

Returning traffic

Setelah saya sadar bawa angka statistik tersebut adalah manusia, saya merubah gaya penulisan saya agar lebih enak dibaca. Hasilnya? Returning traffik perlahan mulai naik.

Statistik Sebelumnya

Statistik Sebelumnya

Statistik Sesudahnya

Statistik Sesudahnya

Returning traffik adalah trafik yang mengunjungi blog kita untuk kedua kalinya atau lebih.

Dari sini saya mendapatkan kesimpulan bahwa, jika visitor kita puas dan nyaman dengan blog kita, bukan tidak mungkin dia akan kembali lagi dan bahkan memerikan referensi kepada temannya.

Untuk itu, saran saya jika kamu memiliki visitor loyal, walaupun itu satu, usahakan jangan membuat dia kecewa. Karena dengan visitor loyal itu, dia bisa membawa temannya, setelah itu teman dari teman dia membawa temannya, dan seterusnya.

Kesimpulan

Trafik akan bertambah dari apa yang kita lakukan sekarang, dari angka yang kecil menuju angka yang besar.

Google juga sudah banyak melakukan update, jadi jangan sia-siakan waktu dengan SEO yang tidak berguna.

Mulailah menulis apa yang kamu suka/minati sebagai manusia dan untuk manusia, bukan sebagai robot untuk manusia atau manusia untuk robot.

Jika kamu belum memakai google analytics, daftarlah sekarang, karena tool tersebut akan sangat berguna nantinya. Untuk mengelola meta tag dan script analytics saya memakai ALl in One Webmaster.

Saya akan sangat senang jika kamu mau berbagi cerita tentang SEO atau cara mendapatkan trafik untuk blog kamu, saya tunggu komentarnya.

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • heri February 6, 2015, 11:17 pm

    ya sih emang bener gan , klo kita ngurusin ceo trus pusing jadinya akhir-ahirnya malah pake system manipulasi trafix atau bisa di sebut instan dan itu semua tidak akan bertahan lama

    ingin sukses atau menikmati hasil manisnya baik itu ngebangun blog , atau ngebangun toko online atau di nyata juga sama saja butuh namanya konsisten , mental , semangat dan tujuan yang jelas dan relistis dan tertarget jangan cuma ikut-ikutan orang tapi tanya pada diri sendiri ingin sukses bidang apa ?? apa blog , apa jual beli barang sperti toko online atau bisnis kompensasi didunia nyata

    butuh proses dan pejuangan juga mental yang kuat jika ingin menikmati hasil , sama kaya petani jika ingin panen maka dia harus kasih pupuk , siram setiap hari , dan mengurusnya degan hasil panen yang lama sekali :)

    yah begitu lah gan kira-kira cuma sekedar menambahkan saja , sukses trus deh ..

  • Ilham yahya December 17, 2014, 1:55 pm

    ya gan ane dulu pas visitor banyak jarang bales komentar orang , sekarang visitor lagi tidak ada baru kerasa tidak ada yang komentar lagi

  • faradillah October 17, 2014, 5:44 pm

    All in one webmaster itu plugin wordpress kah?

  • agung kharisma July 5, 2014, 5:42 am

    kalau membicarakan apa sih yang membuat blog mengalami sudden death atau blogger yang berhenti jalan lalu blognya mati mendadak, tidak ada posting baru, ya itu nggak jauh-jauh penyebabnya pasti trafik, trafik, dan trafik. hehe

    Dari awal blogger ngeblog, dia pasti pengen banget blognya dapet banyak kunjungan dari pembaca. Hal itu perlu kerja keras, persisten dan konsisten karena tidak ada hal instan kecuali mie instan. maju atau tidaknya blog tergantung seberapa banyak apa yang sudah kita upayakan untuk kemajuan blog kita. Kalau hanya berharap dapat banyak pembaca tapi tidak take action, it is nothing, lupakan saja, tidur dan bermimpilah. hehe nggak ada jalan pintas buat jadi blogger sukses apalagi berpenghasilan banyak semisal Darren Rowse pemilik problogger.net atau blogger sukses asal Indonesia, Medhy Aginta, admin blogguebo.com.

    saya setuju dengan admin Daniar, menulislah untuk manusia, karena pembaca kita bukan robot web spider google, mereka memiliki hati untuk merasa, bila kita bisa menggaet hati mereka dengan kualitas tulisan kita, desain blog kita, keramahtamahan kita, mereka pasti akan nyaman dan bukan tidak mungkin trafik akan naik. :)

    • Nadiar AS July 8, 2014, 1:12 pm

      :) Saya selalu mengatakan ini berkali-kali. Faktanya memang masih banyak blogger yang belum sadar. Oke, salam sukses bloggingnya.

  • Mochamad Nursalim June 14, 2014, 3:17 pm

    waduh blog saya menulisnya memang untuk robot gan, jadi susah dunk untuk mendapatkan trafik ?

    cara melihat returning visitor itu bagamana?

    • Nadiar AS June 14, 2014, 5:33 pm

      Bisa dilihat di google analytic, di bagian visitors.

  • wayan adi June 7, 2014, 7:53 pm

    blogging memang sebuah perjuangan sob , saya pun pernah hampir berhenti mengurus blog karena visitor yang sedikit , tampi untunglah masih ada yang mau mampir walaupun tidak ada yang berkomentar ,

    kalau berkenan , mampir ya sob ke blog saya , saya tunggu komentarnya sob :)

  • keyoy April 23, 2013, 11:47 pm

    kalau saya tidak pernah memikirkan masalah SEO :D
    saat ini saya lagi menikmati belajar menulis, meskipun tulisannya kadang gak jelas :D

  • irvan February 21, 2013, 2:41 pm

    Infonya menarik sekaligus mengharukan … krn apa yg di bicarakan terjadi pada saya … hiks ….

    • Nadiar AS February 21, 2013, 3:49 pm

      Saya menulis itu karena pengalaman saya juga loh.