≡ Menu
Pabelog

Google Adsense vs Innity vs IdBlogNetwork, PPC Mana yang Terbaik

in Adsense, Pay Per Click

Antara Adsense, Innity, dan IdBlogNetwork, mana yang akan saya pilih? Jujur, ketiga iklan tersebut adalah iklan premium. Sangat sulit untuk memilih satu diantara ketiga itu.

Tujuan saya adalah mencari iklan mana yang terbaik untuk blog ini. Jika saya memasang ketiga iklan tersebut, blog ini akan ramai dengan iklan dan akan loading berat. Untuk itu saya akan mengkomparasi Adsense vs Innity vs IdBlogNetwork.

Saya tidak akan membahas secara detail, tetapi saya akan mengulas mana saja yang memberikan hasil efektif. Saya juga akan meberikan sedikit tips untuk memilih mana yang cocok untuk kalian.

Google AdSense dengan Innity dengan IdBlogNetwork

Google AdSense dengan Innity dengan IdBlogNetwork

Google Adsense

Google Adsense adalah yang paling saya suka, bukan masalah berapa besar, tetapi iklannya yang selalu ada.

Google Adsense termasuk media iklan pertama yang saya tahu, setelah itu Adbrite dan kumpulblogger. Kumpulblogger masih eksis sekarang, tetapi sayangnya adbrite sudah ditutup.

Untuk menjadi publisher adsense, kita harus mendaftar dengan syarat yang diajukan google. Tidak mudah memang, tetapi begitu kita diterima kita akan dibayar dengan hal yang pantas.

Karena iklannya yang selalu muncul, CTR adsense di blog ini adalah yang paling tinggi, disusul innity dan IdBlogNetwork.

Harga perklik adsense untuk blog berbahasa Indonesia berkisar antara 0,06 sampai 1 dollas US.

Innity

Yang kedua yang adalah Innity, PPC premium yang berasal dari Malaysia. Innity sendiri meskipun berasal dari Malaysia mereka sudah memiliki kantor cabang di Jakarta.

Iklan Innity memang slalu tersedia, tetapi jika iklan tersedia harga klik nya pun selalu memberikan harga terbaik, pengalaman saya Rp 1.800,- sampai Rp 4.000,- per klik.

Selain memberikan model perklik (CPC) di Innity juga ada yang namanya CPE, Inline, CPA, dan CPM. Saya sudah mencoba semua model iklan dari Innity dan hasilnya benar-benar luar biasa. Harga CPA yang saya terima sangat besar Rp 5.000,- per SignUp dan CPM Rp 6.000,- sampai Rp 10.000,-.

Mungkin ada yang masih belum tau apa itu CPE?

CPE atau “Cost per Engagment” adalah model iklan yang berdasarkan aktifitas kursor kita pada iklan, kita tidak perlu mendapatkan klik untuk mendapatkan hasil, cukup dengan pergerakan kursor kita sudah bisa mencicipi hasilnya.

Model iklan CPE adalah model iklan yang paling saya sukai. Dan rata-rata harga yang kita terima di atas Rp 2.000,-.

Utuk bergabung persyaratan yang dimiliki cukup berat. Saya juga pertamanya hanya iseng-iseng mendaftar sebagai publisher Innity, tetapi diluar dugaan saya saya bisa diterima sebagai publishernya.

Meskipun demikian, bukan berarti Innity tidak ada kekurangannya. Yang tidak saya suka dari Innity adalah pembayarannya yang selalu telat.

IdBlogNetwork

Model iklan yang ditawarkan IdBlogNetwork adalah CPC, CPA, dan CPT. Untuk CPC akhir-akhir ini saya sulit mendapatkan iklan dari IBN, entah kenapa alasannya saya tidak tahu.

Yang paling saya suka adalah Job Review, tidak semua blogger mendapat Job Review. Mereka yang sudah mencoba produk review dan trafik yang tinggu yang akan mendapatkan Job Review. Reward yang ditawarkan berkisar Rp 800.000,- sampai Rp 1.500.000,- per Review.

Yang tidak saya suka dari IdBlogNetwork adalah iklannya yang sangat jarang muncul.

Saya Pilih…

Untuk saat ini, saya memilih adsense. Iklannya premium, selau muncul, dan memiliki CTR yang tinggi.

Adsense vs Innity vs IdBlognetwork ..?

Jika dibandingkan IdBlogNetwork dan Innity, rata-rata harga perklik adsense masih kalah. Tetapi jika kita bandingkan CTR dan iklan yang selalu muncul, Innity dan IdBlogNetwork kalah.

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • Yanet @ Momento Dulce March 10, 2015, 11:36 pm

    Makasih ya infonya… Saya mau tanya, kalau adsense dipasangkan dengan idblognetwork boleh nggak, Mas?
    Thanks :)

    • Nadiar AS April 7, 2015, 4:59 pm

      Boleh.

  • zigit June 4, 2014, 6:04 pm

    Kalo saya sekarang cuma make IBN
    adsense kandas gara2 daftarny lewat blogger, jadi nggk bisa pasang script di web yg lain.

  • Madjongke May 23, 2014, 2:15 pm

    Kalau Saya pribadi, menurut pengalaman lebih suka adsense. Kedua menyusul innity.Sayangnya untuk blog saya yang saat ini masih jalan tidak diperbolehkan lagi untuk dipasangi adsense. jadi mau tidak mau harus memilih innity.

  • yudi cahyadi April 12, 2014, 7:49 pm

    Bagaimanapun juga program ppc kalou dibandingkan ppc diindonesia dengan luar negeri,menurut saya dari segi kualitas bagus dari luar negeri seperti halnya google adsens,mungkin dari segi pelayanannya yang baik waloupun syaratnya agak berat.

  • Daniss March 10, 2014, 3:57 pm

    kok aku gak bisa pasang adsense kenapa yah ? katanya belum memenuhi syarat.. tapi nggak di kasih tau syarat yang mana yang di blog aku belum ada . saat ini sih baru bisa pasang IBN doang..#masih pemula..hhe

  • Geram February 20, 2014, 10:46 pm

    Kenapa perlu tulis tidak suka sama Malaysia? Sikit2 cakap tidak suka Malaysia. Sangat tidak matang. Di mana semangat sesama rumpun Melayu?

    • Nadiar AS February 21, 2014, 1:22 am

      Perlu saya tekankan bahwa saya tidak menyebutkan tidak suka. Saya menulis ‘kurang suka’ dalam bahasa Indonesia ‘tidak suka’ memiliki makna yang tidak sama dengan ‘kurang suka’. Tidak suka di sini maksudnya berbarti keseluruhan, sedangkan kurang suka di tulisan ini bermakna tidak secara keseluruhan.

      Meskipun demikian, perlu saya akui jika saya seharusnya tidak menuliskan kata tersebut. Oleh karena itu saya minta maaf, dan akan menghapus kata tersebut.

  • dava adelia August 20, 2013, 1:12 am

    gimana web saya bisa ngeblog 1 web biar bisa tampil tiap hari seperti iklan benner .

    • Nadiar AS August 20, 2013, 5:42 am

      Agar muncul terus iklan, blog harus memiliki banyak page views.

  • Hotel di Bandung November 14, 2012, 11:37 pm

    tulisan yang membuat aku iri ingin segera meniru pengalaman mas diar..
    moga kedepannya aku bisa mendapatkan hasil dari jerih – payahku sendiri

  • Faizal Indra kusuma May 13, 2012, 3:05 pm

    mas mau tanya kalau di innity itu trafik kita harus berapa?

    • Nadiar AS May 14, 2012, 6:50 pm

      bukan traffik sih kalo di innity, tapi PV, minimal per bulan 100k.

  • kutulis February 28, 2012, 2:58 am

    wah, kalo saya baru ikut adsense dan IBN, namun untuk penghasilan mungkin bulan depan bisa dapat dari IBN, yang lainnya kandas ditengah jalan.. hehehehe

  • ponsel promo November 3, 2011, 3:11 pm

    mantap gan review iklannya,kalo saya baru ngikutin adsense, Innity, IBN dan Kumpulblogger, dan yg saya sudah cicipi hasilnya adalah adsense, IBN dan kumpulblogger, khusus untuk innity bulan depan baru giliran saya PO :-)