≡ Menu
Pabelog

5 Plugin Floating Social Share Bookmarks Cantik dan Menarik

in Wordpress

Flating Social Bookmarks memrupakan sebuah tool yang memungkinkan visitor untuk meng-share konten kita secara lebih mudah dan banyak. Karena bentuknya yang float, kesempatan konten kita di-share lebih besar.

Keuntungan dari floating social bookmark tentunya adalah dari efek viral social media yang lebih besar.

Konten kita memiliki kesempatan mendapatkan pembaca lebih banyak juga semakin besar. Selain bookmark, efek viral social media juga bisa didapatkan dari facebook fanpage atau follower twitter kita.

Ada banyak cara mendapatkan follower di fans page dan twitter. Secara tidak langsung kita bisa memaksa mereka untuk mem-follow twitter atau fans page, jika kamu tertarik kamu bisa membacanya di-link di bawah.

Sekarang ini untuk membuat floating social share sudah sangat mudah. Ada dua cara yaitu manual dan otomatis, untuk sekarang saya hanya akan menulis cara otomatis. Cara manual atau tanpa plugin akan saya ulas di kesempatan berikut.

Selain floating, cara klasik yang cukup populer adalah dengan memasang social bookmark di bawah post. Jika kamu tertarik kamu bisa mencobanya:

Lalu bagaimana cara membuat floating social share bookmarks?

Kamu hanya perlu menginstall satu dari tujuh plugin yang saya tulis dibawah. Berikut tujuh plugin dan sedikit ulasannya.

Top 5 Social Floating Plugin untuk WordPress

1. Digg Digg Social Share

Digg Digg Social Share

Digg Digg Social Share

Menurut data statistik wordpress, Digg Digg social share merupakan plugin yang paling banyak dipakai untuk kategori social share pada tahun 2012 kemarin.

Ada banyak fitur yang diberikan digg digg, seperti lazy load dan pilihan social bookmark mana saja yang akan ditampilkan. Digg digg sendiri tidak hanya memiliki floating share saja, tetapi dia memiliki bookmark klasik, seperti penambahan bookmark diakhir post.

2. TF Social Share

TF Social Share

TF Social Share

TF Social Share adalah kependekan dari Add Twitter, Facebook Like, Google plus one Social share. FUngsinya dan fiturnya hampir sama dengan Digg Digg, hanya saja TF Social Share dibungkus secara lebih simpel, tidak ada lazy load. Nilai plusnya, plugin ini memakan sedikit memori.

Plugin ini juga memiliki pengaturan style yang cukup mudah.

3. WP Socializer

WP Socializer

WP Socializer

WP Socializer salah satu plugin yang memungkinkan kita untuk menambahkan social bookmark yang kita ingin, artinya jika social bookmark tidak ada di plugin, kamu bisa menambahkannya. Untuk social bookmark populer seperti facebook like, tweet, dan plus one dipastikan sudah ada.

4. Sharebar

Sharebar

Sharebar

Sharebar termasuk dynamic, kita bisa kostumisasi sesuai keinginan kita. Sayangnya plugin ini sudah lama tidak update. Saya sendiri secara pribadi tidak merekomendasikan sharebar.

5. ShareThis

ShareThis

ShareThis

ShareThis hampir mempunyai fitur yang sama dengan keempat plugin sebelumnya, kecuali lazy load. Yang membedakan, ShareThis memiliki database social bookmark terbanyak.

Mana yang Saya Pilih?

Jika merasa bingung dengan plugin mana yang mau kamu pilih, saya merekomendasikan antara Digg Digg atau TFSocial Share.

Kondisinya, jika kamu suka dengan yang simple pilih TF Social Share. TF social share merupakan plugin yang ringan untuk wordpress.

Sedangkan Digg Digg termasuk plugin yang agak berat, karena digg digg membuat query di database. Akan tetapi, digg digg memiliki fitur Lazy Load.

Nah, sekarang pilihan ada ditangan kamu. Jika kamu mendapatkan kesulitan atau ada masalah, saya dengan senang hati akan membantu. :)

About the author: Halo, saya pengelola sekaligus pemilik blog ini. Saya suka blogging, programing, makan, dan tidur. Kontak saya di twitter saya, Google+ saya. Yakin gak komentar? blog ini do-follow loh!

Comments on this entry are closed.

  • Gigih kurniawan November 22, 2013, 5:40 am

    terima kasih mas infonya, sangat membantu saya :)

  • Caesar Maharsa September 20, 2013, 2:05 pm

    Makasih gan infonya bermanfaat. BTW kan ada tulisan di atas “Top 7 Social Floating Plugin untuk WordPress” tapi kok adanya 5 doang? Monggo dicek :)

    • Nadiar AS September 21, 2013, 5:17 pm

      Iyah, maaf. Tadinya memang 7, namun dua plugin yang lain sudah tidak didukung wordpress versi baru. Jadi saya hapus, cuman saya lupa edit bagian sub header.

  • Dian June 1, 2013, 7:19 pm

    makasih infonya mas,,, btw, klw blog ini untuk social sharenya pake apa mas?

    • Nadiar AS June 2, 2013, 11:30 am

      Hi, Dia. Saya dulu memakai digdig, lalu jetpack, kemudian saya memakai Addthis sampai sekarang. Alasannya ringan, cepat, dan terdapat statistiknya pula.

  • Ranto January 22, 2013, 3:36 pm

    Wah makasih gan infonya , saya pilih2 dlu ya. Newbie soalnya. Jika berkenan mampir ke gubuk saya.